ciri sepatu high heels untuk kesehatan

MANAberita.com – HIGH heels atau sepatu hak tinggi dipercaya ini bisa meningkatkan kepercayaan diri penggunanya. Meski harus menahan rasa sakit selama menggunakannya, high heels masih menjadi item fashion favorit banyak wanita. Namun, demi kesehatan para pakar menganjurkan untuk membatasi penggunaan high heels.

Dilansir dari Zeenews, American Osteopathy Association mengungkapkan, bahwa satu dari 10 wanita yang kerap menggunakan high heels menderita sakit dan bengkak pada bagian depan dan belakang kaki, tumit, lutut, pinggang serta tulang belakang. Selain itu, sepatu jenis ini membuat berat badan menjadi tidak seimbang pada bagian metatarsal (tulang kaki).

“High heels menyebabkan osteoarthritis dini. Penggunaan high heels juga dikaitkan dengan plantar fasciitis atau penyebab sakit pada tumit dan radang,” papar konsultan bedah tulang belakang Wockhardt Hospital Mumbai, Abhay Nene.

Baca Juga
Waspada, Sering Menahan Kencing Bisa Mengakibatkan Kematian!
Pengaruh Nonton Film Horor Untuk Kesehatan
Tips Makeup Flawless Setiap Hari

Lantas berapa batasan tinggi heels yang baik untuk kesehatan? Nene menjelaskan, penggunaan heels paling tinggi satu inchi atau sekitar 2.5 cm dengan durasi yang tidak lama. Pasalnya, semakin lama menggunakan high heels, maka kaki akan semakin sakit.

“Heels sebaiknya hanya dipakai saat akan berjalan sebentar seperti dari mobil ke tempat pesta dan dari tempat pesta kembali ke mobil. Semakin lama memakai heels, semakin besar pula kemungkinan cedera pada kaki,” jelasnya.

Nene menyarankan, menggunakan sepatu dengan bentuk yang fleksibel, ringan dan terbuat dari material yang lembut. Sementara untuk heels dengan tinggi 2.5 cm. Hal ini dipercaya membuat kaki tetap sehat dan terhindar dari berbagai macam masalah kesehatan. “Sebaiknya seringlah berjalan telanjang kaki sesering mungkin,” pungkasnya.