Inilah Buah Dan Sayur Untuk Anak Anda, Terhindar Dari Penyakit Kangker

MANAberita.com – BUAH dan Sayur adalah salah satu komponen penting dalam menu makanan sehat dan bergizi yang bermanfaat dalam mendukung pertumbuhan optimal anak. Namun, jarang mengonsumsi buah dan sayur sejak dini bakal memunculkan beberapa penyakit.  Senin (13/3).

Konsultan Gastrohepatologi Anak Frieda Handayani Kawanto, Sp.A(K)  mengatakan, bahwa membiasakan makan sayur dan buah sejak kecil akan terhindar dari beberapa penyakit berbahaya. Diantaranya adalah kanker dan obesitas.

“Serat membuat anak merasa kenyang dan membuat saluran cerna bergerak aktif. Diet tinggi serat mencegah anak mengalami sembelit (konstipasi). Serat juga mengandung vitamin dan mineral yang dapat mengurangi risiko terjadinya penyakit tidak menular (non-communicable disease) seperti penyakit jantung, beberapa jenis kanker, dan obesitas,” ujar Frieda dalam keterangan resmi yang diterima MANAberita.com

Baca Juga
Mengagumkan! Dua Buah ini Bisa Kembalikan Kesehatan Paru Paru Mantan Perokok
Gak Selamanya Nikmat! Inilah Deretan Penyakit yang Menular Lewat Ciuman
Tips Mudah Pilih Durian yang Matang dan Tebal Dagingnya

Tidak hanya itu, pentingnya mengonsumsi sayur dan buah baik untuk melancarkan pencernaan. Pasalnya, buah dan sayur memiliki serat yang tinggi.

“Buah dan sayur mengandung vitamin dan mineral yang tidak diproduksi oleh tubuh, oleh sebab itu penting bagi kita mengonsumsi buah dan sayur dalam jumlah cukup sesuai Angka Kecukupan Gizi (AKG) yang telah ditentukan berdasarkan kelompok umur. Dalam buah dan sayur terdapat serat yang merupakan nutrisi penting,” katanya.

MANAberita.com