Foto: Ilustrasi

MANAberita.com – CUACA di bulan Ramadhan tahun ini memang tidak menentu. Kadang begitu terik kemudian hujan tiba-tiba. Dan ini bisa mempengaruhi kesehatan umat Muslim yang sedang menjalankan ibadah puasa.

Selain itu, aktivitas yang banyak juga akan menguras energi saat berpuasa. Terlebih jika orang tersebut memiliki pekerjaan di lapangan.

Bagaimana menjaga kondisi tubuh agar tetap bugar dan sehat selama menjalani ibadah puasa?

Simak tipsnya berikut ini:

  1. Perbanyak Konsumsi Makanan Berprotein dan Berserat

Saat sahur, sebaiknya mengonsumsi makanan yang mengandung serat dan protein. Serat akan melancarkan pencernaan kita setiap sehingga tidak ada sisa makanan yang menumpuk di dalam saluran pencernaan. Makanan yang kaya serat yaitu seperti sayuran, buah dan biji-bijian. Sedangkan protein dapat ditemukan dalam telur, kacang-kacangan, yogurt dan juga keju.

  1. Perbanyak Minum Air Putih

Tips selanjutnya yaitu perbanyak minum air putih karena air putih merupakan salah satu minuman yang wajib dikonsumsi. Setidaknya kita dapat minum 2 liter atau 8 gelas perhari untuk mencukupi kebutuhan cairan tubuh. Saat puasa kita bisa mengaturnya dengan sistem 2-4-2. Dua gelas saat berbuka, 4 gelas selesai berbuka dan 2 gelas saat sahur.

Manfaat air putih sangat banyak untuk tubuh, seperti mengatasi dehidrasi dan mencegah bau mulut pada saat berpuasa.

  1. Hindari Camilan dan Kue Berkalori Tinggi

Saat berbuka puasa, kita biasanya menghidangkan camilan dan makanan manis. Namun sebaiknya kita mengurangi mengkonsumsi makanan tersebut karena dapat membuat berat badan semakin naik. Selain itu, mengkonsumsi makanan terlalu manis tanpa diselingi dengan berolahraga juga akan meningkatkan kadar gula dalam darah.

Baca Juga
Bau Mulut Saat Puasa Bikin Gak PD? Ini Solusinya
5 Tips Memutihkan Wajah Dalam Pandangan Islam
Puasa Ramadhan dan Sholat di Luar Angkasa? Wow! Ini Penjelasan Astronot Muslim
  1. Olahraga Ringan Setelah Berbuka Puasa

Berolahraga setelah berbuka merupakan hal sangat dianjurkan. Selain untuk menjaga berat badan, hal ini juga bermanfaat untuk menjaga kebugaran tubuh serta melancarkan peredaran darah. Olahraga yang cocok dilakukan setelah berbuka adalah olahraga ringan seperti peregangan otot dan berjalan kaki ketika pergi ke masjid untuk menunaikan ibadah sholat tarawih.

  1. Hindari Minuman yang Tidak Sehat

Jangan minum-minuman seperti teh, kopi, atau soda saat malam hari karena bisa menyebbkan  dehidrasi saat berpuasa.

Demikiankah tips tetap sehat dan bugar selama berpuasa di bulan ramadhan. Jika ingin sehat maka kita harus bisa membatasi dan menjaga diri dari hal-hal yang merugikan bagi tubuh kita. Selamat mencoba! (nad)