Zymal Umer (BBC)

MANAberita.com – SAMPAH merupakan salah satu masalah yang membutuhkan perhatian khusus dari pemerintah dan masyarakat. Karena sampah dapat mengganggu lingkungan yang berdampak pada kesehatan masyarakat. Bukan hanya Indonesia yang di bingungkan dengan penanggulangan sampah,di negara Pakistan juga terkenal dengan salah satu negara dengan sampah terbesar yakni hampir 20 juta ton setiap tahunnya. Jumlah itu diperkirakan bertambah sekitar 2,4 persen setiap tahun.

Namun siapa sangka, bocah perempuan asal Pakistan, Zymal Umer menjadi sorotan sekaligus inspirasi karena diusianya yang menginjak 10 tahun, Zymal mampu meraup untung hingga Rp 65 juta dalam aksi memerangi sampah di negaranya. Seperti apa kisahnya?

Dilansir BBC, Jumat (27/10/17), bocah asal Pakistan ini memiliki inisiatif untuk membuat sampah yang ada menjadi barang bernilai guna.

Baca Juga
Berperawakan Sangar, Siapa Sangka Driver Gojek ini Punya Pondok Pesantren Khusus Penghafal Alquran Sendiri
Inspiratif! Satpam di Parepare Mandikan Pria Keterbelakangan Mental
Pria ini Diputusin Karena Jual Ubi, Kehidupannya Sekarang Buat Mantan Menyesal

Zymal memerangi sampah yang ada di Pakistan dengan cara membuat bisnis tas yang dibuat dari bahan sederhana yaitu kertas dari koran bekas. ia mengolah kertas dengan kreatif hingga hingga menjadi tas yang dapat dijual.

Tak main-main untung yang didapat Zymal dari bisnisnya itu yakni mencapai Rp 65 juta. Bahkan ia punya label merek sendiri yakni Zeebags.

Keuntungan yang didapatnya tidak dikantongi sendiri. Zymal menggunakan sebagian uangnya untuk didonasikan kepada anak-anak yang kurang mampu. Atas usahanya itu, berbagai penghargaan telah ia raih. (Int)