pameran Alutsista yang diselenggarakan oleh Kodam II Sriwijaya

MANAberita.com – DALAM rangka memperingati ulang tahun Tentara Nasional Indonesia (TNI), Kodam II Sriwijaya menyelenggarakan pameran Alutsista (Alat Utama Sistem Senjata) dengan tema Bersama Rakyat TNI Kuat, di Pelataran Benteng Kuto Besak (BKB), Palembang, Sumatera Selatan, Kamis (05/10).

Selain pameran, Kodam II Sriwijaya juga melaksanakan Upacara yang dipimpin langsung oleh Kasdam II/Swj Brigjen TNI Marga taufiq SH, MH, di Stadion Garuda Sriwijaya, Jasdam II/Swj Km 9 Palembang pukul 08.00 pagi tadi dan dihadiri oleh masyarakat serta satuan lainnya.

Letnan Satu (Lettu) A. Bharrata Yasser mengungkapkan jika pameran ini bertujuan untuk memberi edukasi kepada masyarakat yang belum banyak mengenal kekuatan TNI serta apa saja yang dimiliki oleh jajaran TNI dari Angkatan udara, Angkatan Darat dan Angkatan Laut.

“Masyarakat kan banyak yang belum mengenal TNI itu apa dan seperti apa, nah melalui event ini kita jadikan juga sebagai ajang perkenalkan dan pendekatan diri pada masyarakat umum agar mereka tahu jika TNI ditugaskan untuk menjaga masyarakat,” ujarnya.

“Acara ini rutin dilaksanakan setiap tahun untuk memperingati HUT TNI, selain itu pada tahun 2015 dan 2016 juga pernah menggelar acara serupa tapi untuk memperingati ulang tahun TNI Angkatan Darat,” tutup Bharrata.

Salah satu senjata yang dipamerkan di Benteng Kuto Besak (BKB)

Dalam pameran tersebut, banyak dipamerkan senjata dari satuan jajaran Kodam II/Swj, Pangkalan Tentara Nasional Indonesia Angkatan Laut (Lanal) dan Pangkalan Udara Militer (Lanud) Palembang. Seperti Senjata Jenis Berat (SMB), Senapan Mesin Ringan (SMR) FN Minimi, dan Senapan Serbu.

Baca Juga
Bikin Malu! Anggota TNI Marah dan Pukul Polisi di Tengah Jalan, Warganet Jadi Geram
RS Mata Sriwijaya Eye Center Resmi Berubah Menjadi RS Umum Sriwijaya
HUT Pol PP PBK dan Linmas Meriah

Salah satu senjata yang dipamerkan di Benteng Kuto Besak (BKB)

Letda CBA Novrieansyah menjelaskan jika Senapan Serbu biasa digunakan oleh Sat-81/Gultor dan para sniper untuk menembak secara full-otomatis sebagai senjata pendukung, sementara untuk SMB sendiri berfungsi untuk menghancurkan tempat-tempat yang tidak bisa ditembus oleh senjata biasa.

Salah satu senjata yang dipamerkan di Benteng Kuto Besak (BKB)

Kegiatan ini tentu saja menuai antuasiasme warga, terutama pelajar. Seperti salah satu murid asal SMA Islam Terpadu (IT) Izzuddin Palembang. Siswa yang enggan menyebutkan namanya ini mengaku sangat senang dan bersemangat terkait pameran Alutsista.

Antusias para pelajar saat ikuti pameran Alutsista

“senang ya mbak, soalnya kan bisa lihat langsung senjata-senjata yang selama ini hanya diketahui dari buku dan internet saja. Saya juga berharap nanti jika sudah lulus sekolah bisa jadi TNI yang membantu negara,” tuturnya. (Dil)