Ilustrasi warna kotoran telinga

MANAberita.com – TELINGA merupakan alat indera yang boleh disebut “barometer” masalah. Banyak hal dapat terjadi pada telinga. Belum tentu menyangkut pendengaran, memang, tetapi dapat mengganggu pendengaran, mengganggu keseimbangan, atau bahkan menimbulkan nyeri hebat. Karenanya, telinga perlu dibersihkan secara teratur agar selalu dalam kondisi baik.

Membersihkan telinga biasa dilakukan oleh banyak orang. Ketika bagian telinga terasa gatal dan tidak nyaman, cara bersihkan telinga yang kerap dilakukan ialah dengan menggunakan cotton bud atau korek telinga.

Dengan menggunakan cotton bud, kotoran dalam telinga bisa terambil. Terlebih dari itu, ternyata warna kotoran telinga bisa menunjukan tingkat kesehatan telinga kita.

Melansir Birghtside, Selasa (21/11/2017) berikut ini merupakan sejumlah warna dan jenis kotoran telinga yang bisa mengindikasikan kesehatan telingamu.

  1. Kotoran telinga kering

Kotoran telinga yang kering merupakan tanda bahwa tubuhmu mengalami kurang lemak. Bisa juga dikaitkan dengan penyakit kulit yang membuat kulitmu cenderung menjadi kering.

Biasanya orang-orang di wilayah Asia seperti Tiongkok, Jepang, dan Korea mempunyai kecenderungan untuk punya jenis kotoran telinga kering.

 

  1. Kotoran telinga basah

Orang-orang yang mengalami jenis kotoran telinga seperti ini, cenderung tinggal di wilayah yang lebih hangat dibandingkan dengan orang yang memiliki kotoran telinga kering.

Jika kotoran telinga yang berubah dari kering menjadi basah. Hal tersebut bisa disebabkan karena terjadinya inflamasi. Segeralah konsultasikan kepada dokter spesialis.

 

3. Kotoran telinga yang mempunyai bau tak sedap

Selain dibagi menjadi kotoran basah dan kering, Kotoran telinga yang bau juga ada dan bisa menganggu. Namun, tanda tersebut bisa menjadi simbol bahwa telingamu mengalami infeksi sehingga tidak boleh diabaikan.

 

  1. Kotoran telinga berwarna putih

Kotoran yang berwarna putih bisa menandakan bahwa kamu kekurangan vitamin dan kandungan besi dalam tubuh. Kamu bisa memakan buah-buahan dan mengonsumsi vitamin untuk menghindari warna kotoran putih pada telinga.

 

  1. Kotoran telinga berwarna hitam

Walaupun jarang terjadi, jika kotoran telingamu berwarna hitam maka kamu perlu waspada. Kotoran hitam bisa jadi tanda bahwa telingamu mengalami infeksi jamur di dalamnya.

 

  1. Kotoran telinga berwarna coklat tua

Kotoran telinga yang berlebihan dan berwarna coklat tua merupakan tanda bahwa tubuhmu mengalami stres. Luangkanlah sedikit waktu untuk bersantai agar tubuhmu kembali dalam keadaan normal.

 

Baca Juga
Bahaya Besar Mie Instan yang Jarang Kita Ketahui, Salah Satunya Kanker!
Mandi di Waktu Sebelum Subuh Ternyata Memiliki Manfaat yang Tidak Terduga!
Berhenti Gunakan Celana Dalam yang Usia Pakainya Sudah Lebih 1 Tahun, Ini Bahayanya
  1. Kotoran telinga dengan noda darah

Ketika noda darah telihat pada cotton bud, hal ini bisa jadi tanda bahwa gendang telingamu berlubang. Jika dibiarkan dapat menyebabkan infeksi dan menimbulkan penyakit otitis. Jangan biarkan hal ini karena bisa memperparah kemampuan pendengaranmu.

 

  1. Kotoran berwarna abu-abu

Kotoran telinga yang berwarna abu-abu tidak perlu ditakutkan. Biasanya orang-orang yang cenderung mempunyai kotoran telinga kering kerap mendapatkan warna abu-abu. Warna abu-abu juga bisa muncul karena disebabkan oleh debu dan polusi. (Int)