Agus Yudhoyono dan Annisa Pohan, Gibran Rakabuming Raka dan Selvi Ananda

MANAberita.com – PERNIKAHAN anak Presiden dan mantan Presiden RI selalu menarik perhatian publik. Dan tidak heran jika pernikahan anak dari orang nomer satu di Indonesia ini disiarkan di televisi dan selalu menjadi sorotan media.

Berikut Ini deretan anak Presiden dan mantan Presiden RI yang pernikahannya menarik perhatian publik, Ada yang mewah dan juga yang sederhana.

  1. Tommy Soeharto dan Tata

Tommy Soeharto menikah dan Ardhia Pramesti Regina Cahyani

Anak mantan Presiden Soeharto yaitu Tommy Soeharto menikah dengan Ardhia Pramesti Regina Cahyani alias Tata pada tanggal 30 April 1997. Dilansir dari Akurat.com (31/10/2017), pernikahan mereka dilangsungkan di Pendopo Agung Sasono Utomo, Taman Mini Indonesia Indah Jakarta Timur. Tommy memberikan maskawin berupa seperangkat alat sholat serta 99 gram emas. Pernikahan mereka saat itu disiarkan di televisi dan menjadi pemberitaan media asing. Sayangnya pernikahan tersebut harus berakhir dengan perceraian pada September 2006.

 

  1. Agus Harimurti Yudhoyono dan Annisa Lasarati Pohan

Agus Harimurti Yudhoyono dan Annisa Pohan

Pernikahan anak mantan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono, yaitu Agus Harimurti Yudhoyono dan Annisa Pohan juga cukup menarik perhatian. Mereka melangsungkan ijab kabul di kediaman Annisa Pohan pada 8 Juli 2005 dengan maskawin sebesar Rp 872.005 sesuai dengan tanggal pernikahan mereka. Acara resepsi pernikahan dilangsungkan di Istana Negara Bogor. Sehari setelahnya diadakan acara resepsi pernikahan ala militer karena saat itu Agus masih seorang TNI.

 

  1. Yenny Wahid dan Dhohir Farisi

Yenny Wahid dan Dhohir Farisi

Pernikahan anak mantan Presiden Abdurrahman Wahid yaitu Zannuba Arifah Chafsoh Rahman Wahid atau Yenny Wahid dan Dhohir Farisi dilangsungkan pada 15 Oktober 2009. Dilansir dari Kompas.com (15/10/2009), akad nikah mereka dilangsungkan di Masjid Al Munawaroh yang berada di depan kediaman orang tua Yenny Wahid. Maskawin dari Faris berupa sapi 40 ekor dan perhiasan. Tiga hari setelah akad yaitu pada tanggal 18, mereka melangsungkan resepsi pernikahan di Gedung Sampoerna Strategic Square yang akan dihadiri sekitar 1.500 undangan.

 

  1. Edhie Baskoro Yudhoyono dan Aliya Radjasa

Edhie Baskoro Yudhoyono dan Aliya Radjasa

Edhie Baskoro Yudhoyono melangsungkan pernikahan dengan putri mantan Menko Perekonomian, Hatta Radjasa, yaitu Aliya Radjasa pada 24 November 2011. Acara akad nikah digelar di Istana Cipanas Bogor sedangkan acara resepsi digelar di Jakarta Convention Center(JCC), Senayan pada 26 November 2011. Ada dua adat yang dipakai dalam pernikahan mereka yaitu adat Palembang dan adat Jawa (Yogyakarta). Dilansir dari Okezone.com (11/06/2011), undangan resepsi berjumlah sekitar 3.500 undangan sedangkan akad nikah sebanyak 1.000 undangan. Prosesi pernikahan yang megah tersebut juga disiarkan beberapa stasiun televisi.

 

  1. Gibran Rakabuming Raka dan Selvi Ananda

Gibran Rakabuming Raka dan Selvi Ananda

Anak pertama Presiden Joko Widodo yaitu Gibran Rakabuming Raka menikah dengan Selvi Ananda pada tanggal 11 Juni 2015 di Solo. Akad nikah dilangsungkan di Gedung Graha Saba Buwana Solo. Maskawin dari pernikahan mereka cukup sederhana yaitu seperangkat alat sholat. Setelah akad nikah, acara dilanjutkan dengan resepsi. Tamu yang diundang cukup banyak sehingga acara resepsi harus dibagi menjadi beberapa sesi, ada sesi untuk masyarakat umum dan juga tamu khusus.

Baca Juga
Hidung Bocah Ini Seperti Bersiul, Saat Diperiksa Dokter Temukan Benda Ini
Waspada! Pahami Dampak Bullying Terhadap Psikologi Anak Sebagai Pelaku Ataupun Korban
Selamat! Kahiyang Ayu Positif Hamil Anak Pertama

 

  1. Kahiyang Ayu dan Bobby Nasution

Kahiyang Ayu dan Bobby Nasution

Kahiyang Ayu merupakan putri dari Presiden Joko Widodo. Ia akan segera menikah dengan Bobby Nasution pada tanggal 8 November 2017. Jauh sebelum acara pernikahan mereka digelar, persiapan pernikahannya sudah menarik perhatian masyarakat. Prosesi menuju ke upacara pernikahan digelar berdasarkan adat Jawa. Dimulai dari tanggal 6 yaitu prosesi wilujeng kenduri; tanggal 7 yaitu pemasangan bleketepe, siraman, dan sadeyan dawet; malam tanggal 7 digelar prosesi ada serah terima paningset dan midodareni; dan baru pada pagi hari tanggal 8 akan digelar ijab kabul dan resepsi pernikahan. Beberapa stasiun televisi akan menyiarkan acara-acara dari prosesi pernikahan putri Presiden Joko Widodo ini.

Itulah deretan pernikahan anak presiden dan mantan presiden Indonesia, menurut kalian pernikahan nomor berapa yang paling menarik dan menginspirasi. (Int)