Air beras

MANAberita.com – BUKAN hanya untuk dimasak menjadi nasi, namun air beras dapat kita manfaatkan untuk kecantikan dan kesehatan. Manfaat air beras ternyata cukup ampuh untuk masalah kulit, wajah, rambut, dan untuk kesehatan tubuh manusia.

Air beras sendiri mengandung banyak mineral dan zat yang memang bermanfaat untuk menyehatkan dalam dan luar tubuh. Seperti kandungan asam amino, vitamin, minetral, dan antioksidan. Beras mengandung gula menjadikan air beras yang telah dimasak mengandung karbohidrat dan biasa disebut air tajin.

Berikut manfaat lain yang dapat diperoleh dari air beras seperti dilansir manfaat.co.id.

  1. Air Beras Sebagai pengganjal lapar

Manfaat air beras yang paling utama adalah untuk menganjal lapar. Air beras yang dimasak atau air tajin akan membuat perut kenyang karena mengandung karbohidrat. Air tajin ini cocok dikonsumsi oleh balita atau anak-anak yang masih belum dapat memakan nasi. Orang dewasa juga dapat mengkonsumsinya karena rasanya manis dan nikmat.

  1. Air Beras Dapat Mencegah dan mengurangi kerontokan rambut

Memiliki rambut panjang khususnya wanita pasti mendatangkan beberapa masalah salah satunya rambut mudah rontok. Tentu masalah ini mengganggu rasa percaya diri karena rambut menjadi lebih tipis. Penyebab rontoknya rambut biasanya dikarenakan kulit kepala yaang kering dan akar rambut yang lemah. Air beras dapat membantu mencegah dan mengurangi rambut rontok dengan membuat akar rambut menjadi kuat.

  1. Air Beras Mengobati rambut kering dan rusak

Kandungan mineral dan pitera yang terdapat dalam air beras dapat mengobati rambut yang kering dan rusak. Rambut kering dan rusak disebabkan oleh pemakaian berbagai zat kimia ataupun penataan rambut yang terlalu ekstrim. Air beras akan membantu meregenerasi rambut yang rusak dengan mengembalikan kelembapan rambut.

  1. Air Beras Membuat kulit wajah dan tubuh menjadi lembut

Seperti yang sudah dijelaskan, para wanita Asia telah membuktikan bahwa air beras berguna untuk membuat kulit wajah menjadi lebih sehat di antaranya menjadi lembut dan lebih cerah. Kandungan berbagai vitamin seperti Vitamin E membuat kulit menjadi lebih cerah bahkan dapat lebih putih. Jangan khawatir, air beras tidak akan membuat kulit kering dan malah sebaliknya.

  1. Air Beras Mengontrol minyak berlebih

Air beras yang mengandung asam amino akan membuat pH di kulit menjadi stabil. Hal ini akan berdampak pada stabilnya kandungan minyak di kulit khususnya kulit wajah. Seperti yang kita ketahui, minyak di wajah memang sering menimbulkan masalah baru seperti jerawat yang membandal. Air beras akan menjadi oil control.

  1. Air Beras Sebagai antioksidan

Air beras yang akan melindungi dari polusi juga cahaya matahari berperan sebagai antioksidan sesua dengan kandungan antioksidan di dalamnya. Baik kulit maupun tubuh, air beras akan menolong tubuh kita melawan zat berbahaya yang dapat muncul kapan saja.

  1. Air Beras dapat Mengurangi dan mencegah kerutan

Kerutan di wajah bukan masalah yang langka. Memasuki usia dewasa kerutan di wajah akan timbul dengan sendirinya dan sebagian besar menganggu penampilan dan rasa percaya diri.  Ada banyak cara untuk mengurangi dan mencegah kerutan dan salah satunya adalah dengan menggunakan air beras.

  1. Air Beras Menjadi penghangat tubuh

Di berbagai negara yang memproduksi minuman beralkohol, air beras juga dapat dijadikan minuman beralkohol dan cocok menjadi penghangat tubuh di kala musim dingin. Sama seperti air tajin, rasanya tidak begitu aneh dan menjadi kegemaran banyak para pecinta minuman beralkohol.

  1. Air Beras Untuk Panas Dalam

Manfaat air beras yang satu ini telah saya rasakan semenjak masih kecil dan terus dilakukan sampai sekarang. Berawal dari mama yang selalu memberikannya ketika masih panas dalam. Ternyata pengobatan ini telah dilakukan sebagai alternatif pengobatan nasional cina kuno. Efek yang diberikan ternyata cukup ampuh.

Cara Penggunaan :

  1. Cuci beras sebelum di masak
  2. Buang air cucian pertama
  3. Ambil 1 gelas air cucian kedua / ketiga
  4. Minum pada pagi hari.

Note: Anda harus waspada, kalau dulu beras itu sangat banyak “sagunya” tangan kita dicempungin di beras bisa seperti sagu melekat. Namun saat ini sangat sulit sekali mencari beras yang bertepung seperti ini.

  1. Air Beras Sakit Tengorokan

Nah masih terkait dengan  panas dalam, anda yang mengalami sakit tengorokan juga dapat memanfaatkan air beras. Air beras yang anda minum sangat ampuh untuk mengobati sakit tengorokan, meredakannya dan mengurangi rasa sakit. Cara penggunaannya juga hampir sama, yaitu meminum air cucian berasnya.

Baca Juga
Tak Disangka, Fungsi Lubang Hidung Kiri dan Kanan Ternyata Berbeda
Tersedak Duri Ikan? Atasi Dengan 6 Cara ini!
Kenali Gejala Kanker Kulit Yang Gak Bisa Dianggap Remeh
  1. Air Beras Untuk Jerawat

Nah, ini adalah terobosan tebaru dari penelitian yang dilakukan oleh dunia kecantikan, ternyata air beras juga ampuh untuk mengatasi masalah jerawat membandel.

Caranya : Cukup cuci muka setiap pagi hari dengan cucian air beras (cucian ke 2/3), lakukan secara rutin dan rasakan bedanya.

Ampuh banget ya gengs? Jangan ragu-ragu untuk mencobanya ya! (Int)