Ilustrasi

MANAberita.com – BAGI kalangan remaja dan kawula muda istilah jomblo kerap dikaitkan dengan kesengsaraan dan bahan ejekan. Padahal sesungguhnya apabila dilihat dari sudut pandang lain, jomblo memberikan berbagai manfaat untuk kehidupan terutama dari segi kesehatan. Istilah jomblo adalah julukan yang diberikan pada seseorang yang tidak memiliki pasangan ataupun kekasih.

Bagi anda yang sedang menyandang status jomblo, tidak perlu khawatir. Mungkin beberapa manfaat jomblo bagi kesehatan berikut ini dapat menjadi alasan mengapa anda lebih memilih untuk menjomblo. Adapun manfaatnya adalah sebagai berikut :

  1. Tidak Mudah Stress

Bagi anda yang menjomblo atau tidak memiliki kekasih, anda akan terhindar dari kemungkinan stress. Stress biasanya dipicu oleh adanya berbagai masalah dalam kehidupan, masalah tersebut bisa saja disebabkan karena adanya konflik diantara pasangan kekasih. Apabila dilanda stress atau terbiasa berfikir terlalu keras juga dapat memberikan efek negatif terhadap kesehatan tubuh. Stress dapat memicu berkurangnya nafsu makan dan akhirnya membuat sistem metabolisme menjadi terganggu dan berimbas pula pada menurunnya kualitas sistem kekebalan tubuh. Sistem kekebalan atau sistem imun tubuh yang tidak baik dapat membuat penyakit yang dibawa bakteri dan kuman mudah menyerang dan menembus tubuh.

  1. Memakan Makanan Lebih Bergizi

Pada saat anda menjomblo, anda akan lebih memiliki waktu yang jauh lebih banyak untuk memikirkan kondisi kesehatan diri sendiri. Secara tidak langsung, anda akan jauh lebih selektif dalam memanjakan diri sendiri, seperti dari pemilihan makanan untuk keseharian anda. Anda tidak merasa keberatan apabila anda harus mengeluarkan uang yang lebih banyak untuk mendapatkan makanan yang enak, sehat, dan tentunya bergizi. Makanan bergizi sangatlah penting untuk menjaga kesehatan tubuh. Kandungan gizi berupa mineral, protein, vitamin, dan lain lain dapat menjaga stabilitas metabolisme dan kekebalan tubuh. Sehingga memastikan seluruh organ didalam tubuh dapat berfungsi secara optimal dan maksimal.

  1. Mengurangi Potensi Bergadang

Bagi sebagian orang yang memiliki kekasih, tidur begadang adalah sesuatu yang lumrah bahkan kerap menjadi kebiasaan. Biasanya waktu tidur bagi yang memiliki pasangan cukup tersita dengan aktivitas untuk bertelpon di malam hari, chatting, video call, dan lain-lain. Padahal apabila aktivitas begadang ini dijadikan kebiasaan dan dilakukan dalam waktu terus menerus maka dapat membuat tubuh menjadi tidak sehat. Manfaat tidur yang tadinya bagus untuk kesehatan, tidak bisa Anda dapatkan bila sudah kebiasaan begadang.

Begadang membuat tubuh menjadi lebih lemas, karena waktu yang diperlukan seluruh organ tubuh untuk beristirahat tersita oleh aktivitas aktivitas lainnya. Selain itu, begadang juga dapat menurunkan konsentrasi karena mengganggu peredaran darah yang mengalir ke otak. Terganggunya peredaran darah didalam tubuh biasanya disebabkan karena kurangnya cairan dan oksigen didalam tubuh. Apabila hal ini sudah terjadi dan anda rasakan, sebaiknya perbanyaklah meminum air putih dan istirahatkanlah tubuh sejenak untuk mendapatkan stamina yang optimal kembali.

  1. Lebih Bugar

Seseorang yang jomblo dan tidak memiliki kekasih umumnya akan jauh terlihat lebih bugar. Hal ini disebabkan pula karena terbiasanya untuk berpikiran positif dan juga karena memiliki waktu istirahat yang lebih dari cukup. Jika badan lebih bugar, maka secara tidak langsung pikiran akan memberikan semangat dan stamina yang jauh lebih baik dari biasanya. Hal inilah yang akan membuat hari hari anda akan jauh lebih produktif, baik dalam segi kesehatan, pekerjaan, dan lain lain.

  1. Rajin Berolahraga

Karena memiliki waktu yang jauh lebih luang, para jomblo biasanya mengisi waktu luangnya dengan berbagai hal positif lainnya, bisa diisi dengan hobi ataupun dengan kegiatan berolahraga. Olahraga adalah salah satu aktivitas yang sangat ampuh untuk menjaga kesehatan dan kebugaran diri. Manfaat olahraga dipercaya mampu membuang dan menangkal kuman dan bakteri jahat yang membawa bibit bibit penyakit didalam tubuh. Olahraga juga melancarkan peredaran darah, menjaga kesehatan organ tubuh, dan membuat tubuh jauh lebih fresh.

  1. Mempunyai Pola Makan Teratur

Hidup mandiri dan tidak tergantung kepada orang lain adalah salah satu kelebihan yang dimiliki oleh para jomblo. Oleh karena itulah, para jomblo justru akan jauh lebih siap dan peduli mengenai perihal kesehatan mereka, salah satu contohnya adalah dalam menjaga jam pola makan. Bagi anda yang memiliki riwayat penyakit maag atau gangguan dibagian saluran atau organ pencernaan, hal ini adalah hal yang sangat penting. Pola makan yang teratur dapat mengurangi kemungkinan terjadi iritasi lambung dan menjaga stamina tubuh agar selalu optimal agar tidak mudah lemah, lesu, dan lunglai.

  1. Terbiasa Positive Thinking

Siapa yang kira bahwa positive thinking atau berpikir positif dapat memberi pengaruh besar pada kesehatan tubuh anda? Positive thinking adalah salah satu kebiasaan yang dapat membuat anda terhindar dari sugesti jelek yang membuat otak menjadi stress, sehingga membuat diri menjadi jauh lebih mudah cemas, khawatir, tidak tenang, dan sebagainya. Apabila hal itu terjadi, maka dapat berpengaruh besar dalam kehidupan sehari-hari terutama dari segi kesehatan. Seperti berkurangnya nafsu makan, mudahnya terjaring penyakit, tidak bertenaga, tidak bersemangat, dan lain lain.

Para jomblo dikatakan terbiasa untuk positive thinking, karena mereka sudah terbiasa untuk melihat jauh ke depan dan terfokus untuk mensupport diri sendiri untuk terbiasa tidak mudah menyerah ataupun berprasangka buruk. Selain itu, mereka juga dilatih untuk tidak mudah menyerah dan tidak bergantung pada orang lain / mandiri. Manfaat berpikiran positif sangat baik bagi fisik dan mental anda. Jadi sesulit apapun keadaan anda, biasakan untuk berpikir positif. Dengan positive thinking, anda akan lebih mudah mendapatkan solusi dari masalah anda.

  1. Melancarkan Peredaran Darah

Manfaat single atau jomblo juga berpengaruh pada peredaran darah anda. Karena memiliki siklus tidur yang cukup, pola makan yang teratur, dan jam olahraga yang bagus, para jomblo dapat membuat peredaran darah didalam tubuh lebih lancar. Peredaran darah yang lancar mampu membantu asupan mineral dan zat zat lainnya agar lebih mudah dan cepat masuk kedalam tubuh. Aliran darah yang baik juga berfungsi untuk menunjang organ tubuh agar lebih optimal dalam melakukan fungsinya.

  1. Menjaga Kesehatan Jantung

Para jomblo yang memiliki pola hidup yang sehat akan bermanfaat dan memberi pengaruh positif terhadap kesehatan jantung. Dimulai dari kebiasaan tidak hobi begadang, terbiasa olahraga, makan dengan jam teratur dan memakan makanan bergizi adalah poin poin penting yang menentukan bagus atau tidaknya pola hidup. Jantung sendiri berfungsi sebagai pemompa oksigen yang digunakan tubuh untuk menjalankan seluruh organ di dalamnya. Kesehatan jantung juga dapat dijaga dengan menghindari kemungkinan timbulnya masalah atau konflik yang bisa memicu stress tingkat tinggi.

  1. Meningkatkan Nafsu Makan

Nafsu makan yang baik bukan berarti adalah pola makan yang berlebihan. Nafsu makan dikatakan bagus apabila masih tergolong normal dan tidak melewati batas. Dengan menjaga nafsu makan, asupan gizi, karbohidrat, protein, dan mineral lainnya dapat terjaga pula untuk menunjang kesehatan serta kekebalan sistem imun tubuh dari berbagai macam penyakit yang ingin menyerang.

Baca Juga
Cara Mudah Tidur Bebas dari Gigitan Nyamuk
Yuk Intip 5 Bahan Alami ini Ampuh Usir Ketombe
Tak Disangka! Menghirup Bau Kentut Ternyata Baik Untuk Kesehatan
  1. Tidak Mudah Berjerawat

Tahukah kamu bahwa masalah utama yang paling berkemungkinan besar sebagai pemicu tumbuhnya jerawat adalah stress atau berfikir terlalu keras. Apabila membiasakan hidup dengan gaya yang santai, tidak beban, tidak mudah kecewa, tidak mudah khawatir maka akan membawa pengaruh baik kedalam tubuh, sehingga menekan pertumbuhan jerawat terutama dibagian wajah.

  1. Lebih Bahagia

Siapa yang berkata bahwa menjadi jomblo adalah sesuatu yang tidak membahagiakan? Bukankah memiliki waktu yang jauh lebih banyak untuk manfaat dan kebutuhan diri sendiri tergolong hal yang menyenangkan? Kebahagiaan adalah salah satu sugesti yang amat sangat ampuh untuk menjaga kesehatan tubuh. Baik untuk mencegah stress dan menjaga stamina pada tubuh.

Dan berikut adalah beberapa manfaat jomblo bagi kesehatan yang bisa anda rasakan. Dengan tubuh yang sehat, tentu anda dapat melakukan berbagai aktivitas dan lebih produktif. Jangan minder karena tidak punya pacar, fokus saja untuk jadi lebih baik agar kelak bisa mendapatkan jodoh yang terbaik juga. Semoga artikel ini bermanfaat. (Int)