Durian dan minuman bersoda

MANAberita.com – BUAH durian memang menjadi salah satu makanan favorite kebanyakan orang, meskipun ada beberapa orang yang tidak suka dengan aromanya.

Di Indonesia tidak sulit menemukan buah beraroma tajam itu apalagi harganyapun sangat terjangkau.

Namun yang perlu diketahui, sebaiknya Anda tidak makan buah durian bersamaan dengan minum minuman soda. Ada bahaya tersendiri yang mempengaruhi kesehatan jika hal itu Anda lakukan. Bahkan mitos yang beredar menyebutkan bahwa tindakan tersebut bisa memicu kematian.

Menanggapi hal itu, Prof. Nuri Andarwulan, Direktur SEAFAST menjelaskan tentang mitos larangan makan durian dan minuman bersoda.

Menurut dia, hingga kini memang belum ada penelitian khusus terkait hal itu. Akan tetapi fakta bahwa durian mengandung alkohol dalam jumlah yang cukup tinggi itu benar. Bahkan jika seseorang mengonsumsi buah itu dalam jumlah yang banyak maka dapat mnimbulkan reaksi pusing dan mual.

“Durian itu sudah mengandung alkohol tinggi. Secara alami buah-buah yang sudah matang itu mengandung alkohol. Contohnya kelengkeng. Kalau dia sudah matang dan kita makannya terlalu banyak, terkadang menimbulkan rasa pusing, itu karena mabuk alkohol,” jelas Nuri Andarwulan seperti MANAberita dilansir dari laman okezone.com, Sabtu (23/12/17).

Baca Juga
Hati-Hati, Bedak Bayi Bisa Sebabkan Kanker!
Hindari Menggelitik Anak Jika Tidak Ingin Hal ini Terjadi Padanya
Wow! Ternyata Banyak Tertawa Bisa Turunkan Berat Badan, ini Alasannya

Adanya kandungan alkohol pada buah-buahan itu diproduksi saat buah menuju matang atau menuju proses pembusukan.

Namun jika Anda minum minuman soda bersamaan dengan makan durian, efeknya tak semengerikan mitos yang beredar. Asal jumlah durian yang dikonsumsi tidak berlebihan, hal itu masih aman.

Tapi kalau makan duriannya 1 buah, kemudian minum tuak, itu memang kombinasi yang  buruk,” tandasnya. (Int)