Ustadz Abdul Somad

MANAberita.com – NAMA Ustadz Abdul Somad belakangan ini terkenal bahkan mendunia karena tausiyahnya yang disampaikan dengan ulasan cerdas dan lugas, ditambah lagi dengan keahlian dalam merangkai kata yang menjadi sebuah retorika dakwah, membuat ceramahnya begitu mudah dicerna dan mudah dipahami oleh berbagai kalangan masyarakat.

Namun banyak lagi fakta mengejutkan yang dimiliki oleh Ustadz fenomenal ini. Berikut MANAberita.com rangkum dari berbagai sumber, 6 fakta mengagumkan Ustadz Abdul Somad yang tak banyak diketahui, Jum’at (29/12).

  1. Dikenal publik karena Ilmu dan kelugasannya dalam menyampaikan dakwah

Ustadz yang lahir di Silo Lama, Asahan, Sumatera Utara, 18 Mei 1977 ini adalah seorang pendakwah dan ulama Indonesia yang sering mengulas berbagai macam persoalan agama, khususnya kajian ilmu hadis dan Ilmu fikih. Selain itu, ia juga banyak membahas mengenai nasionalisme dan berbagai masalah terkini yang sedang menjadi pembahasan hangat di kalangan masyarakat. Namanya dikenal publik karena Ilmu dan kelugasannya dalam memberikan penjelasan dalam menyampaikan dakwahnya.

 

  1. Bukan hanya seorang ustadz tapi juga seorang dosen

Selain sebagai ustadz, Abdul Somat juga berprofesi sebagai dosen di beberapa Universitas yaitu dosen Bahasa Arab di Pusat Bahasa Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau, dosen Tafsir dan Hadis di Kelas Internasional Fakultas Ushuluddin UIN Suska Riau, serta dosen Agama Islam di Sekolah Tinggi Agama Islam Al-Azhar Yayasan Masmur Pekanbaru.

Bukan hanya itu, Ustadz Abdul Somad juga mengabdikan diri di berbagai lembaga seperti sebagai anggota MUI Provinsi Riau, Komisi Pengkajian dan Keorganisasian, sebagai anggota Badan Amil Zakat Provinsi Riau, Komisi Pengembangan, dan sebagai sekretaris Lembaga Bahtsul Masa’il Nahdlatul Ulama Provinsi Riau.

 

  1. Diajarkan ilmu agama sejak kecil

Sejak dari bangku sekolah dasar dirinya dididik melalui sekolah yang berbasis pada Tahfiz Alquran. Tamat dari SD Al-Washliyah Medan tahun 1990, ia melanjutkan pendidikannya ke MTS Mu’allimin al-Washliyah Medan. Setelah tamat tahun 1993, ia melanjutkan pendidikan ke Pesantren Darularafah Deliserdang Sumatera Utara selama satu tahun. Lalu tahun 1994, ia pindah ke Riau untuk melanjutkan pendidikan di Madrasah Aliyah Nurul Falah, Air Molek, Indragiri Hulu dan menyelesaikannya di tahun 1996. Tahun 1996–1998 ia kuliah di UIN SUSKA Riau.

 

  1. Mendapat Beasiswa S1 di Universitas Al-Azhar Mesir dan S2 Daar al-Hadits Al-Hassania Institute, Kerajaan Maroko

Tahun 1998, ia merupakan salah satu dari 100 orang yang menerima beasiswa yang dibuka oleh Pemerintah Mesir untuk orang indonesia belajar di Universitas Al-Azhar mengalahkan 900-an orang lainnya yang mengikuti tes untuk mendapatkan beasiswa tersebut. Abdul Somad mendapatkan gelar Lc-nya dalam waktu tiga tahun 10 bulan.

Kemudian pada tahun 2004, kerajaan Maroko menyediakan 15 beasiswa bagi pendidikan S2 di Institut Dar Al-Hadis Al-Hassania yang setiap tahunnya hanya menerima 20 orang murid dengan rincian 15 orang Maroko dan lima orang untuk asing. Abdul Somad pun terpilih untuk masuk dalam kuota penerimaan 5 orang asing tersebut melalui jalur beasiswa S2 yang diselesaikannya dalam waktu satu tahun 11 bulan.

 

  1. Menulis beberapa buku best seller

Ustadz Abdul Somad telah menuliskan beberapa buku yang menjadi best seller di kalangan ummat islam, di antaranya: 37 Masalah Populer, 99 Pertanyaan Seputar Sholat dan 33 Tanya Jawab Seputar Qurban.

 

  1. Keturunan ulama besar

Ternyata Ustadz Abdul Somad seorang keturunan ulama besar, terlahir dan tumbuh dibawah asuhan keluarga yang taat dan sholeh. Kakek beliau seorang ulama yang sangat disegani, ulama sufi yang beraliran tareqat Syattariyah, beliau adalah Syekh Abdurrahman Urrahim bin Nakhoda Alang Batubara atau yang dikenal dengan Tuan Syekh Silau Laut.

Menurut cerita Syekh Silau sangatlah berjasa dalam mmenyebarkan Islam di bumi Asahan maupun di beberapa negara di Asia. Kisah sejarah dan perjuangan beliau dalam berdakwah sangat banyak.

Baca Juga
Masya Allah! Ditolak dan Dicekal Hongkong, Ustadz Abdul Somad Justru Diundang Ceramah di AS
Ustadz Ini Cabuli Santrinya di Musholah Ponpes Usai Sholat Subuh
10 Fakta Mengejutkan Dari Sosok Legendaris Bondan Winarno

Tak tangguung-tanggung negara tetangga yaitu Thailand, Malaysia, dan negara lainnya sampai datang berziarah ke makam Syekh Silau Laut. Ini bertanda bahwa Syekh Silau Laut berpindah tempat dalam menebarkan dan mengajarkan Agama Islam.

Pantas saja Ustadz abdul somad begitu garang sekaligus santun dan berisi dalam setiap penyampaian dan tausiyahnya, hal ini mungkin dikarenakan darah kakeknya Tuan Syeikh Silau laut yang mengalir dalam dirinya.

Itulah tadi beberapa fakta tentang kehidupan Ustadz Abdul Somad, semoga bermanfaat dan dapat menginspirasi kita semua. Amin (Int)