Ilustrasi

MANAberita.com – JERAWAT memang sering kali membuat tidak nyaman dan tidak percaya diri. Berbagai cara dilakukan untuk menghilangkan bintang di wajah ini. Berbagai obat atau salep digunakan untuk mengusirnya namun tak kunjung hilang. 

Anda perlu asupan dari dalam untuk membantu kulit kembali bersih. Asupan untuk menghilangkan jerawat bukan hanya bergantung pada makanan, tapi juga minuman. Terutama teh.

Melansir The Health Site, Rabu (20/12/17), empat jenis teh berikut ini bisa membantu menjaga kemulusan dan kebersihan kulit:

 

1. Teh Spearmint

Teh spearmint termasuk dalam keluarga teh mint, namun ia tidak sama dengan teh peppermint. Teh spearmint disukai karena rasanya, baunya, dan kandungannya yang sehat. Salah satunya adalah efek antiandrogenik.

Kelebihan androgen di dalam tubuh, seperti testosteron, adalah salah satu penyebab jerawat. Dengan menyisip teh spearmint secara rutin, jerawat yang disebabkan oleh hormon akan berkurang.

 

2. Teh hijau

Teh hijau memang teh super. Kandungannya yang kaya antioksidan membuat teh hijau memiliki kualitas antimikroba. Menyisip teh hijau 2-3 kali sehari akan membantu mengusir jerawat yang muncul di saat-saat tak terduga.

Jika Anda tidak suka rasanya, Anda bisa juga langsung mengusapkan teh hijau ini ke kulit. Hal ini bisa membendung produksi sebum dan memerangi bakteri penyebab jerawat.

 

3. Teh chamomile

Chamomile dikenal memiliki kandungan yang menenangkan. Mereka yang menderita stres karena munculnya jerawat akan mendapatkan efek tenang dan melelapkan tidur dari teh ini.

Selain itu, teh chamomile juga memiliki sifat anti-inflamasi, yang akan membantu mengobati jerawat yang meradang.

 

Baca Juga
Catat! Ternyata Bra Punya Waktu Kadaluwarsa Yang Harus Kamu Ingat
Bukan Sembarangan, Ini Manfaat Mendengarkan Musik Sebelum Tidur
Komedoan? Yuk Lakukan Hal ini Supaya Komedo Keluar Sendiri Tanpa Dipencet

4. Teh kayu sappan

Teh kayu sappan atau pathimugham bisa didapat dari toko khusus Ayuverdic. Parutan dari pohon kayu sappan ini akan menghasilkan teh berwarna pink yang menyenangkan.

Minum teh ini tak hanya akan mengurangi jerawat tapi juga bisa mendinginkan tubuh saat musim kemarau. Brazilein, pigmen merah yang ada dalam teh ini adalah zat antijerawat yang kuat. (Int)