Syamsuriah, Kepala SMPN 49 Palembang, beserta Dewan Guru

MANAberita.com – JIKA berbicara tentang lingkungan, berbicara tentang suatu hak dan kewajiban yang dimiliki oleh setiap makhluk hidup yang hidup di dunia ini. Karena tidak ada satupun makhluk hidup yang menginginkan hidup di lingkungan yang kotor dan tidak sehat.

Banyak sederet penghargaan tentang lingkungan yang diterima oleh kota Palembang dari tahun ke tahun diantaranya piala Adipura, Adiwiyata dan yang paling mengesankan adalah piala Adipura Kencana dan Adipura Kirana.

Harnojoyo, Walikota Palembang memborong 4 penghargaan di bidang lingkungan dari Menteri LHK 2017

Salah satu sekolah yang berpacu untuk menjadi sekolah berwawasan lingkungan adalah SMPN 49 Palembang. Hal ini dipaparkan oleh Bapak Syamsuriah, S.Pd., M.Pd Kepala Sekolah.

“Menanamkan perilaku masyarakat yang berwawasan lingkungan tidaklah semudah membalikan kedua tangan. Pemikiran cinta lingkungan dan peduli lingkungan salah satunya adalah diterapkan di dunia pendidikan.karena membangun karakter berwawasan lingkungan harus mulai dari dini, dari tingkat Sekolah Dasar sampai tingkat menengah atas, karena budaya hidup bersih dan sehat membutuhkan waktu dalam prosesnya,” ujar Syamsuriah.

Siswa/i SMPN 49 melaksanakan kerja bakti

Sekolah yang beralamat di Jalan Kartowinangun, Talang Betutu, Palembang ini terus berbenah diri menuju kategori sekolah peduli lingkungan sehat. Seperti pembenahan lingkungan sekolah dan melengkapi dokumen menuju Adiwiyata sekolah tingkat nasional  diantaranya membangun sarana prasarana pendukung seperti memperbanyak tanaman di taman green house yang ditanami berbagai macam tanaman hias, juga membuat warung hidup.

“Kami sangat mendukung PALEMBANG EMAS melalui penggalakan kebersihan  di lingkungan sekolah dengan senantiasa mengadakan kerja bakti dan operasi semut di setiap pagi sebelum jam pelajaran di mulai. Alhamdulillah semua elemen sekolah antusias membenahi sekolah agar menjadi hijau, nyaman, dan asri. Demikian juga orang tua dan komite sekolah mendukung kegiatan penghijauan di sekolah,” ujar Kepala Sekolah yang baru menjabat 3 bulan ini.

Siswa/i SMPN 49 memperbanyak  tanaman di taman Green House

Dari pantauan MANAberita.com, mulai dari Tim Adiwiyata, guru, siswa, orang tua dan komite ikut berperan mewujudkan sekolah berwawasan lingkungan, sehingga sekolah ini diharapkan memperoleh penghargaan Adiwiyata tingkat nasional di tahun 2018.

“Pihak sekolah senantiasa mengajak dan menanamkan kepada seluruh elemen sekolah agar terlihat dan lebih peduli terhadap lingkungan. Kepedulian elemen sekolah ini menjadi karakter yang dapat diterapkan pada diri sendiri, keluarga, dan lingkungan. Apalagi para siswa sudah menjadikan sampah sebagai objek pelajaran dengan memisahkan sampah organic dan non-organik,” tutur Syamsuriah.

Baca Juga
Greget, Tak Peduli Ada Polisi di Depan, Driver Ojol Ini Justru Selonjoran Pinggang di Atas Motor
Puluhan Ribu Umat Islam Palembang Tumplek Blek di BKB Mendengar Tausyiah Ustadz Abdul Somad
Diburu Ratusan Ojol, Redi Ogah Tampakkan Diri

Kepala SMPN 49 Palembang, Syamsuriah, S.Pd., MPd

“Jadi untuk mendukung semua itu kita telah menyiapkan sarana dan prasarananya dengan membuat berbagai taman yang bermanfaat bagi kesehatan, juga memberikan kesejukan bagi penghuni sekolah,” tambahnya.

Selain itu dalam  persiapan lomba Adiwiyata ini melibatkan para guru dan siswa dalam membuat atau membangun taman di sekolah yang mempunyai 516 siswa-siswa dengan 15 rumbel, 15 lokal dengan pengajar sebanyak 27 orang PNS serta guru honor sebanyak 13 orang.

Siswa/i SMPN 49 Palembang usai kerja bakti

“Alhamdulilah sekolah kami sudah terakreditasi B dan ke depan akan lebih baik lagi. Seluruh elemen SMPN 49 tak akan lelah untuk membantu program Pemkot menuju Palembang EMAS,” tutup Syamsuriah. (Gun)