Bukan Hanya Menghibur, Pelukan Bisa Jadi Obat Ajaib Untuk Kesehatan

Bukan Hanya Menghibur, Pelukan Bisa Jadi Obat Ajaib Untuk Kesehatan

MANAberita.com – PELUKAN mungkin menghibur namun sebenarnya melampaui hal ini. Penelitian sebelumnya menunjukkan bahwa pelukan sebenarnya memiliki banyak manfaat fisiologis yang dapat memberi dampak positif pada kesehatan dan suasana hati.

Seperti yang @manaberita kutip dari Standard, Selasa (23/01), Senior Teknisidi Klinik Smart TMS, Isabel mengungkapkan beberapa manfaat pelukan sederhana.

1. Kesehatan Mental

Pelukan dapat memberikan lonjakan instan hormon oksitosin. Hal ini memiliki manfaat untuk sejumlah kondisi kesehatan mental, termasuk depresi dan kecemasan.

Oksitosin adalah neurotransmiter yang bekerja pada pusat emosi otak, meningkatkan perasaan puas, percaya, akrab, dan terikat.

2. Menurunkan Penyakit Jantung

Oksitosin menyebabkan kita merasa lebih rileks, menurunkan ketegangan dan kadar hormon stres serta kortisol. Kortisol bertanggung jawab atas tekanan darah tinggi dan penyakit jantung. Pelukan secara teratur dapat melindungi diri dari penyakit jantung

3. Mengatur respon

Memeluk juga meningkatkan kadar dopamin yang bertanggung jawab untuk mengatur rangkaian respon emosional dan sirkuit penghargaan di dalam otak.

4. Mendorong suasana hati

Baca Juga
Si Kecil Demam? Jangan Lakukan 5 Hal ini, Bunda!
7 Manfaat Buah Salak Yang Selama Ini Tidak Disadari Banyak Orang
Jerawat! Inilah 4 Teh yang Bisa Mengusirnya Dari Kulitmu 

Serotonin, neurotransmiter yang bertanggungjawab atas mood, meningkat saat kita memeluk seseorang yang berarti mood anda dapat segera diperbaiki hanya dengan tindakan ini.

5. Menghilangkan stres

Dorongan hormon seperti oksitosin, kortisol,dan serotonin pada akhirnya membuat kita merasa lebih baik dan benar-benar dapat membantu menghilangkan stres. Dengan meluangkan waktu untuk memeluk seseorang, memungkinkan anda untuk tenang dan bahwa anda didukung oleh seseorang. (Int)