Menggunakan hand sanitizer

MANAberita.com – BANYAK sekali hal-hal atau tips yang dianjurkan orang lain kepada kita. Tips itu terkadang terlihat mudah dan masuk akal, sehingga tanpa banyak mencari info lagi kita langsung mempercayainya.

Tapi ternyata, tips-tips tersebut tak selamanya manjur. Bahkan setelah diuji secara ilmiah, tips itu ternyata hanya mitos. Penasaran apa saja?

Inilah tips kesehatan yang ternyata hanya mitos belaka:

  1. Percaya pada Hand Sanitizer

Kebanyakan orang ingin cara praktis membersihkan tangan, kemudian mereka mengandalkan hand sanitizer untuk membersihkan tangan. Padahal, tidak semua kuman dapat mati hanya dengan hand sanitizer, melainkan dengan air dan sabun. Jadi, sebaiknya gunakanlah air dan sabun untuk mencuci tangan.

 

  1. Melakukan Diet Detoks

Tidak usah memaksakan diri untuk melakukan diet detoks karena sebenarnya tubuh manusia tidak membutuhkan detoks kecuali baru saja mengalami keracunan. Tubuh manusia sudah dilengkapi dengan sistem yang sangat efisien untuk memfilter zat berbahaya dalam makanan.

Dua organ yang berperan penting, yaitu hati dan ginjal, yang berperan penting dalam membersihkan racun dalam tubuh. Ginjal akan membersihkan darah dan hati akan memproses lalu membuang berbagai zat kimia yang kita makan.

 

  1. Melakukan Terapi Ear Candle

Terapi ear candle yang dipercaya menghilangkan kotoran telinga dan mengobati sejumlah infeksi justru tidak terbukti benar. Nyatanya, penggunaan terapi ear candle malah akan membuat kotoran telinga masuk lebih dalam lagi dan berpotensi membakar wajah serta rambut.

 

  1. Memakai Pelapis Toilet

Tenanglah bagi kamu yang sering menggunakan toilet umum. Karena, virus dan mikroba yang ada di toilet umum dapat diperangi dengan kekebalan tubuh yang cukup. Virus HIV atau herpes tidak dapat bertahan di suhu ruangan, melainkan hanya bisa hidup di tubuh manusia.

 

Baca Juga
Hati-Hati, Inilah Penyebab Wanita Sulit Hamil
8 Warna Kotoran Telinga Ini Dapat Tunjukkan Kondisi Kesehatanmu
Sering Diabaikan, Inilah Tanda-Tanda Kanker Mulut
  1. Menahan Nafas setelah Orang Lain Bersin atau Batuk

Ketika seseorang bersin atau batuk dan tidak menutup mulut, bakteri akan meluncur di udara dengan kecepatan 50 sampai 200 meter per jam. Jika berada di dekat orang tersebut, sebenarnya kamu tak perlu menyelamatkan diri dengan menutup hidung dan mulut atau menahan nafas, karena kamu sudah terlambat dan tidak perlu repot-repot melakukannya.

Itulah mitos yang berkembang di masyarakat dan ternyata tidak terbukti secara ilmiah. Jadi, jika ada kabar yang belum pasti benarnya, tanyakan dulu kepada ahlinya dan carilah informasi sebanyak-banyaknya. (Int)