Kesalahan Penggunaan Maskara yang Tanpa Sadar Telah Kita Lakukan Setiap Hari

MANAberita.com — BERBICARA soal makeup, rasanya nggak lengkap kalau nggak ngomongin soal riasan mata. Mulai dari eyeshadow, eyebrow product, hingga maskara pasti jadi produk yang wajib dipakai ketika mendandani bagian mata.

Tapi sayangnya, ketika mengaplikasikan maskara, masih banyak lho beberapa orang yang melakukan kesalahan. Apa saja sih kesalahan dalam menggunakan maskara? Coba simak penjelasannya di bawah ini yuk!

1. Tidak menggunakan penjepit bulu mata

Ini merupakan kesalahan yang paling sering dilakukan. Padahal, menjepit bulu mata sebelum mengaplikasikan maskara bisa memberi dampak yang luar biasa pada bulu mata lho. Cukup jepit bulu matamu sambil mengangkat jepit ke atas, dimulai dari akar hingga ujung agar bulu mata terangkat dengan sempurna.

2. Terlalu sering memompa maskara

Sering memompa aplikator maskara? Sebaiknya stop lakukan hal ini yah. Memompa maskara hanya membuat maskara menjadi lebih cepat kering dan isinya jadi menggumpal. Ini karena ada udara yang masuk ke dalam botol saat maskara dipompa. Sebaiknya, cukup putar aplikator saat masih dalam botol maskara untuk mendapatkan cairan maskara di dalamnya.

3. Mengaplikasikan maskara ke atas

Ini juga jadi kesalahan lain yang cukup sering dilakukan. Mengaplikasikan maskara dengan gerakan ke atas dari akar hingga ujung tidak akan membuat maskara mengenai seluruh bulu mata. Untuk itu, ketika mengaplikasikannya, sambil di tarik ke atas, gunakan juga gerakan zig zag, ke kiri dan ke kanan, agar seluruh bulu mata terlapisi maskara dan bisa terlihat lentik sempurna.

4. Menjepit bulu mata setelah mengaplikasikan maskara

Menjepit bulu mata setelah menggunakan maskara tidak akan membuatnya terlihat lentik tapi hanya akan membuat bulu mata menjadi rontok. Ini karena bulu mata yang sudah dilapisi maskara menjadi keras, lengket, tidak fleksibel, dan mudah rapuh.

5. Terlalu banyak menggunakan maskara

Menggunakan maskara berlapis-lapis tidak akan membuat bulu mata menjadi lentik, ini hanya akan membuat bulu mata terasa lengket dan berat. Cukup pulaskan dua hingga tiga lapisan maskara untuk mendapatkan bulu mata yang terlihat indah.

6. Tidak memisahkan bulu mata

Bulu matamu sering terlihat menggumpal setelah mengaplikasikan maskara? Mungkin ini karena kamu tidak memisahkan atau menyisir bulu matamu. Jadi, setiap menggunakan maskara, pastikan kamu menyisirnya menggunakan sisir khusus atau spoolie brush, agar bulu mata tidak menempel satu sama lain.

7. Tidak pernah mengganti maskara

Baca Juga
Agar Secantik Artis, Ikuti Ritual Kecantikan ini Setiap Harinya
Punya Kulit Sensitif? Hindari Bahan-Bahan ini
Jangan Sampai Kamarmu Jadi Sarangnya! Inilah Cara Membasmi Kecoa Untuk Selamanya

Idealnya, masa berlaku maskara hanya berlaku hingga tiga bulan. Lebih dari itu, walaupun maskaramu masih banyak, sebaiknya dibuang yah. Tidak mau kan menggunakan maskara yang sudah penuh dengan kuman dan bakteri? Jadi, pastikan kamu rutin mengganti maskaramu setiap tiga bulan.

Jadi, supaya bulu matamu terlihat indah dan lentik, yuk stop kesalahan-kesalahan di atas! (Dil)

(Sumber: Popbela)