Stop! Jangan Sentuh 5 Bagian Ini Pada Tubuhmu!

MANAberita.com — PERSEBARAN bakteri dan penyakit atau apapun, sering ditimbulkan lewat kontak langsung kulit dengan sumbernya.

Berikut beberapa anggota tubuh yang sebaiknya jangan disentuh:

1. Mata

Mengucek mata, segatal apapun rasanya, adalah larangan keras. Permukaan bola mata sangat mudah dihinggapi kuman, baik dari udara maupun dari jemari tangan yang menguceknya. Untuk mengatasi mata gatal, lebih dianjurkan untuk menggunakan tetes mata atau hubungi dokter jika butuh penanganan lebih lanjut.

2. Bokong

Selain mata, bokong juga sering dihinggapi rasa gatal yang tidak tertahankan. Memang, solusi paling praktis adalah dengan menggaruknya. Namun karena lokasinya berdekatan dengan saluran untuk buang air besar, maka area ini sangat rendah dihinggapi kuman penyebab diare. Tangan yang menggaruknya akan dengan mudah memindahkan kuman ke bagian tubuh yang lain, termasuk mulut.

3. Rongga hidung

Senang ngupil? Sensasinya kadang memang sangat menenangkan, bagus untuk meredakan stres. Namun jangan jadikan itu sebagai kebiasaan. Sebuah penelitian di jurnal Infection Control and Hospital Epidemiology menyebut bahwa orang-orang yang gemar ngupil punya risiko 51 persen lebih besar untuk terinfeksi kuman Staphylococcus aureus.

4. Telinga

Baca Juga
Tak Hanya Putri Diana, Inilah Deretan Skandal Keluarga Kerajaan yang Sempat Menghebohkan, Dari Pesta Seks Hingga Jual Aset Negara
Aneh, Wanita ini Justru Alergi Dengan WiFi
Sering Diremehkan, Ternyata ini Manfaat Berbuka Puasa Dengan Kurma

Rongga telinga punya mekanisme untuk membersihkan diri, sehingga tidak perlu dikorek. Apalagi dengan tangan yang tidak bersih. Jari tangan yang tidak dicuci terlebih dahulu bisa melukai kulit tipis di permukaannya, sehingga meningkatkan risiko infeksi.

5. Mulut

Mulut adalah pintu masuk paling depan menuju saluran pencernaan. Tangan yang tidak bersih sebaiknya dijauhkan dari bagian tubuh yang satu ini, karena ada ratusan jenis kuman yang bisa ditularkan olehnya. Telapak tangan adalah sarang kuman karena sering bersentuhan dengan benda-benda yang banyak disentuh orang lain. (Dil)