Ilustrasi kanker payu dara pada pria

MANAberita.com – KANKER payudara sering dikira hanya bisa menyerang kaum wanita, namun pada nyatanya pria pun bisa terjangkit kanker jenis ini meski angka kasusnya lebih langka, yakni 1 dari tiap 100 kasus kanker payudara.

Dikutip @manaberita dari Health Talk, Selasa (13/02), ini dia ciri-ciri kanker payudara yang telah menyerang pria. Kenali dan bagikan kepada orang-orang terkasih untuk deteksi dini.

  1. Perubahan pada puting

Ciri pertama yang harus diwaspadai untuk kanker payudara pria adalah perubahan puting. Perubahan ini bisa berupa puting yang masuk ke dalam atau menjadi rata. Puting juga terasa gatal atau mengeluarkan cairan (bisa juga darah). Ciri lainnya, puting menjadi keras dan ditemukan ciri iritasi (ruam merah).

Dikutip Telegraph, Dr Carolien van Deurzen seorang peneliti di Erasmus Medical Centre di Rotterdam menjelaskan banyak sekali pasien kanker payudara pria yang ketika stadium kanker mereka sudah lanjut. Secara tidak langsung, fakta ini menunjukkan rendahnya kesadaran pria, termasuk para dokter juga, tentang risiko kanker payudara pria.

  1. Perubahan bentuk payudara

Selanjutnya, jika kamu merasa adanya perubahan pada bentuk payudara yang mencurigakan. Seperti misalnya, perubahan ukuran atau bentuknya menjadi berbeda dari biasanya.

Baca Juga
Karena Inilah Kanker Ovarium Disebut Dengan ‘Silent Killer’, Wanita Wajib Tahu!
Menghisap Payudara Dapat Mencegah Kanker : Hoax
Heboh!!! Viral Video Bra Berisi “Sel Kanker”, Inilah Fakta Sebenarnya….

Perhatikan apakah ada pembengkakan payudara atau benjolan di ketiak atau payudara. Terkadang gejala pertama yang diketahui adalah adanya kelenjar getah bening yang bengkak di bawah lengan.

  1. Gejala lain

Gejala lainnya terjadi jika kanker sudah menyebar dari satu payudara ke bagian lain pada tubuh, seperti tulang, hati, atau paru-paru. Hal ini dikenal dengan istilah kanker payudara metastasis.

Cirinya antara lain seperti tulang yang terasa sakit, napas yang pendek, merasa lelah sepanjang waktu dan tidak bersemangat dalam menjalani hari. Dalam kasus tertentu, ditemukan pula kulit yang terasa gatal dan mata yang menguning. (Int)