Yuk Intip 5 Bahan Alami ini Ampuh Usir Ketombe

MANAberita.com – KETOMBE memang salah satu masalah rambut yang klasik, hampir semua orang kerap mengalami masalah rambut ini, dan penyebabnya pun beragam. Yang paling umum karena kondisi kulit kepala yang berminyak sehingga mudah terpapar kotoran penyebab ketombe.

Ketombe juga bisa menyebabkan berbagai masalah kesehatan rambut lainnya seperti rambut rontok, rapuh dan kusam. Rasa gatalnya pun sangat mengganggu sehingga sangat perlu cara cepat dalam mengatasinya.

Mengatasi ketombe bisa menggunakan bahan-bahan alami seperti jeruk nipis, lidah buaya, dan lain-lain.

Anda memerlukan bahan alami yang bisa bekerja menyerap minyak berlebih dan mengikis kotoran secara cepat.

Khasiat bahan-bahan ini sudah teruji bahkan produsen shampoo khusus ketombe pun kerap menggunakannya sebagai bahan alami untuk pembuatan shampoo.

Di bawah ini adalah paparan selengkapnya untuk berbagai cara alami dan ampuh dalam membasmi ketombe, seperti yang dilansir @manaberita dari laman rancahpost.id, Sabtu (10/02)

1. Baking soda

Bahan pembuat kue ini ternyata efektif juga untuk mengatasi ketombe secara alami. baking soda bekerja memengaruhi produksi kelenjar minyak pada kulit kepala dan menekan bakteri serta jamur pada bagian tersebut.

Aplikasikan satu sendok makan baking soda denga segelas air putih ke seluruh permukaan rambut dan pijat kulit kepala secara perlahan. Setelah didiamkan beberapa saat barulah bilas dengan air hingga bersih.

2. Lidah buaya

Tanaman herbal satu ini memang kaya manfaat untuk rambut termasuk untuk membasmi ketombe. Bersihkan lidah buaya dan gunakan gel-nya.

Kemudian aplikasikan ke seluruh permukaan rambut anda. tunggu hingga gel-nya mengering barulah bilas dengan air bersih. Lakukan perawatan tersebut secara teratur untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

3. Jeruk nipis

Jeruk nipis bekerja optimal untuk melunturkan minyak atau sebum pada kulit kepala. Jeruk nipis bermanfaat mengikis jamur penyebab ketombe pada rambut. Efek segar pada kulit kepala juga bisa anda dapatkan dengan menggunakan jeruk nipis.

Gunakan air perasan jeruk nipis ke permukaan rambut dan kulit kepala anda. setelah itu diamkan beberapa saat barulah bilas dengan air hingga bersih.

4. Garam

Garam pun bisa anda manfaatkan untuk membasmi ketombe secara ampuh. Garam efektif mengangkat sel kulit mati penyebab munculnya ketombe.

Campurkan sedikit garam dengan shampoo yang akan digunakan untuk keramas. Usapkan secara merata ke seluruh permukaan rambut anda dan bilas dengan air bersih.

Lakukan perawatan dengan garam secara teratur untuk hasil optimal.

5. Cuka sari apel

Gunakan cuka sari apel untuk membersihkan area kulit yang berketombe. Cuka sari apel berfungsi membersihkan sel kulit mati pada kulit kepala. Selain itu anti bakterinya juga bermanfaat membersihkan jamur penyebab ketombe.

Baca Juga
13 Manfaat Teh Basi Untuk Kulit Wajah dan Rambut
Ingin Memiliki Payudara Besar dan Kencang Secara Alami? Coba Masker ini Yuk!
Anda Ingin Tau Ciri Sepatu Hight Heels untuk Kesehatan?

Aplikasikan cuka sari apel sebanyak 1 cangkir yang sebelumnya telah ditambahkan air sebanyak ½ cangkir ke seluruh permukaan rambut. setelah itu bilas dengan air bersih.

Itu dia beberapa cara ampuh yang bisa Anda coba untuk membasmi ketombe.

Lakukan perawatan tersebut secara teratur untuk memperoleh hasil optimal. (Int)