Jangan minum susu setelah makan daging ayam

MANAberita.com – ADA beberapa kombinasi makanan yang pantang dilanggar sebab bisa berbahaya bagi kesehatan tubuh dan pencernaan. Salah satunya adalah tidak minum susu sapi setelah makan daging ayam.

Dalam prinsip Ayurveda dinyatakan, makanan yang membutuhkan lingkungan pencernaan yang berbeda perlu dikonsumsi secara terpisah.

 

Oleh karena itu, wajib hukumnya untuk makan dengan kombinasi tepat pada waktu atau jeda tepat untuk menghindari rusaknya kesehatan.

Padahal tak dipungkiri, banyak orang yang usai makan ayam akan langsung menikmati sajian milkshake atau es krim yang mengandung susu. Menurut pakar ayurveda ini berbahaya. Apa bahayanya?

 

Dalam proses pencernaannya, susu butuh waktu lama sebab mengandung protein kasein. Demikian juga daging ayam yang kaya protein, membutuhkan waktu beberapa jam hingga melewati pencernaan dan diserap tubuh.

 

Kombinasi kedua makanan ini dapat meningkatkan produksi asam lambung sampai melewati batas normal, dan memicu konstipasi atau sembelit.

 

“Sering mengonsumsi kombinasi makanan ini bisa menimbulkan efek buruk, khusus pada pencernaan. Sehingga harus dibatasi,” kata peneliti seperti dilansir @manaberita dari laman boldsky.com.

 

Baca Juga
Kecanduan Rokok dan Sulit Untuk Berhenti? Cobain 7 Tips ini Yuk!
Memutuskan Tidur Saat Sedang Marah Bukan Solusi yang Baik, Ini Bahayanya
Penyakit Mematikan Ini Menyerang Selena Gomez, Kenali Tandanya

Peneliti lebih menyarankan untuk mengonsumsi air jeruk lemon setelah makan daging atau ayam untuk melancarkan proses pencernaan, dari pada minum susu. Pencernaan juga akan lebih terjaga kesehatannya, serta produksi asam lambung tidak meningkat berlebihan.

 

Selain itu tentu air putih adalah pilihan menyehatkan lainnya yang bisa Anda terapkan. Jika ingin minum susu, bisa dilakukan setelah beberapa jam usai makan daging ayam, atau saat hendak tidur malam hari. (Int)