Ilustrasi

MANAberita.com — MERASA sakit saat pertama kali fitness atau setelah mencoba pola latihan baru? Beberapa orang mengatakan sakit otot setelah fitness itu akibat asam laktat.

Hal ini memang ada benarnya namun tidak sepenuhnya benar. sakit atau nyeri akibat penumpukan asam laktat di otot akan hilang dalam waktu yang singkat. Jika sakit yang kita alami terjadi sehari setelah workout atau latihan, hal ini bukan disebabkan oleh asam laktat yang menumpuk di otot tetapi akibat kerusakan mikroskopis otot dan rasa sakitnya tertunda beberapa saat setelah latihan. Ini disebut Delayed Onset Muscle Soreness (DOMS)

Apa itu DOMS?

Delayed Onset Muscle Soreness atau yang sering disingkat DOMS merupakan rasa sakit yang munculnya beberapa saat (tertunda) setelah melakukan latihan. Rasa sakit ini akan terasa ketika kita beraktivitas dan tidak akan sakit saat berisitirahat. Semua orang dapat mengalami DOMS, entah itu pemula atau bahkan atlet profesional dapat merasakan nyeri otot setelah latihan.

Apa penyebab DOMS?

DOMS disebabkan oleh kerusakan mikroskopis otot. Kerusakan ini dapat terjadi ketika pertama kali melakukan latihan atau merubah pola latihan menjadi lebih keras. Semua jenis latihan dapat menyebabkan DOMS, akan tetapi latihan yang mengakibatkan otot memanjang memendek seperti push up, jogging, dan mengangkat turunkan beban lebih sering mengakibatkan rasa sakit dan nyeri DOMS.

Apakah DOMS berbahaya?

Rasa sakit dan nyeri setelah latihan tidak berbahaya. Ini merupakan pertanda baik karena otot akan memulihkan diri serta menjadi lebih besar dan kuat. Namun tentu saja kita tetap harus waspada terutama jika rasa sakit tersebut disebabkan oleh otot yang cedera.

Berapa lama otot sakit akan berlangsung?

Nyeri otot akan terasa setelah 1-3 hari berlatih dan akan hilang setelah 3-5 hari.
Apakah kita tetap boleh latihan saat otot sakit?

Kita tetap boleh latihan ketika terjadi DOMS. Namun jika rasa sakit itu mengganggu, kalian dapat melatih otot lainnya yang sedang tidak merasa  sakit
Bagaimana mencegahnya?

Baca Juga
Inilah 5 Rahasia Kesehatan Prima Mahathir Mohamad, Perdana Menteri Tertua di Dunia
Terungkap! Inilah Alasan Kenapa Pria Selalu Terlihat Kaku Ketika di Foto
Tak Hanya Untuk Memasak, Inilah Manfaat Garam Bagi Wajah

Untuk mencegah rasasakit otot setelah latihan, berlatihlah secara bertahap sehingga otot beradaptasi. Ini akan meminimalisasi rasa sakit yang muncul. Lakukan pemanasan dan pendinginan untuk mengurangi resiko DOMS.
Apakah bisa diobati?

Tidak ada obat yang bisa mengobati rasa sakit otot setelah latihan 100%. Namun kita dapat mengurangi rasa sakitnya dengan melakukan pemijatan, kompres es, dan minum anti inflamasi. Selain itu mengkonsumsi vitamin E, Glutamin, Teh, dan BCAA (Branched Chain Amino Acid) dapat mengurangi rasa nyeri otot setelah latihan fitness. Latihan kardio dengan intensitas rendah seperti jalan kaki juga dapat mengurangi rasa sakit. (Dil)

(Sumber: Tidakganteng.web.id)