Ilustrasi

MANAberita.com – SEBAGAIAN besar orang usai berolahraga akan segera mandi dengan alasan untuk membersihkan keringat serta kotoran yang menempel di kulit. Rasa gerah dan lelah pun jadi hilang jika sudah menyentuh segarnya air.

Namun, ternyata hal itu tak disarankan oleh pakar olahraga lho. Langsung mandi usai olahraga malah akan memberikan efek buruk pada tubuh dan kesehatan Anda. Benarkah? Berikut ini alasannya seperti dilansir berbagai sumber:

Mudah sakit flu

Jika Anda memakai air dingin untuk mandi usai olahraga, maka tubuh akan mudah mengalami flu. Ini karena suhu tubuh yang mengalami penurunan drastis, padahal saat olahraga panas tubuh sedang naik. Jika ingin mandi maka tunggu sekira 30 menit – 1 jam dan gunakan air hangat.

Risiko sakit jantung

Olahraga membuat jantung memompa dengan kencang. Bila Anda langsung mandi air dingin usai olahraga maka organ tubuh itu bisa mengalami shock. Tekanan darah turun drastis, dan ini meningkatkan risiko penyakit jantung. Tunggulah hingga detak jantung normal kembali, baru mandi.

Kelenjar keringat tak berfungsi baik

Saat olahraga maka pori kulit akan terbuka lebar untuk mengeluarkan keringat. Usai itu, jangan segera mandi sebab fungsi kelenjar keringat akan tidak maksimal. Biarkan suhu tubuh menurun dengan normal dan alami hingga pori kulit menutup sendiri.

Pusing

Baca Juga
Kenali Penyakit PCOS, Gangguan Hormon yang Menyebabkan Wanita Sulit Hamil
Jangan Dihindari, Inilah 6 Manfaat Terkena Sinar Matahari Pagi
Hati-Hati, Bedak Bayi Bisa Sebabkan Kanker!

Langsung mandi usai olahraga juga bisa memicu sakit kepala atau pusing karena tekanan darah yang turun tiba-tiba.

Nyeri sendi

Langsung mandi juga bisa memicu nyeri sendi akibat reumatik, karena hawa dingin dari air terkena suhu tubuh yang masih belum turun. Bahkan jika Anda memiliki penyakit osteoporosis ini akan terasa sangat sakit. (Int)