Kurap

MANAberita.com — Kurap adalah penyakit yang menyerang kulit dan disebabkan oleh jamur.

Selain menyerang kuku, tubuh bagian atas dan kepala, penyakit ini juga dapat muncul di selangkangan dan kaki. Kurap yang juga dikenal dengan istilah ‘tinea’ ini termasuk penyakit yang umum dan dapat menyerang siapa saja, terutama anak-anak.

Kurap ini bisa diobati dengan salep atau krim yang biasa dijual di apotek, namun kamu perlu tahu bahwa ada bahan alami yang ampuh mengobati penyakit kulit ini. Yuk simak ulasan mengobati kurap dari bahan alami yang dirangkum oleh @MANAberita dari berbagai sumber.

Cuka dan garam

larutan cuka dan garam ternyata ampuh dalam mengatai kurap, memang rasanya sedikit perih di kulit namun cara ini dijamin aman untuk dipraktekan. Caranya mudah sekali, kamu cukup membuat pasta dari cuka dan garam lalu serap dengan kapas dan tempelkan pada bagian kulit yang mengalami kurap, damkan hingga sepuluh menit. Jika kamu rutin melakukan hal ini, bisa dipastikan dalam waktu atu minggu kurapmu akan sembuh.

Minyak kelapa

Obat kurap selanjutnya adalah minyak kelapa yang pastinya mudah didapat, minyak kelapa mampu mengobati kurap bahkan menghilangkan bekasnya secara alami dan lebih cepat. oleskan minyak kelapa langsung pada bagian kulit yang mengalami kurap beberapa kali sehari agar proses penyembuhan menjadi lebih cepat.

Pasta kunyit

Pasta kunyit dikenal ampuh dalam mengatasi kurap sejak zaman dahulu, karena kunyit mampu mencegah infeksi dan berkembangnya jamur. Kabar baiknya lagi kunyit juga bia dipakai untuk menghilangkan bekas kurap, jadi tak perlu khawatir lagi bekas kurap menjadi noda membandel di kulit. Caranya kamu cuma perlu melarutkan pasta bubuk kedalam air dengan ukuran secukupnya hingga menjadi pasta kunyit, tempelkan pada kulit yang mengalami kurap dan biarkan beberapa saat lalu bila dengan air bersih, lakukan rutin agar pengobatan lebih efektif.

Minyak zaitun

Kita tentu sudah paham betul jika minyak zaitun kaya akan manfaat termasuk kesehatan dan kecantikan, rutin mengoleskan minyak zaitun pada kulit yang mengalami kurap ternyata ampuh mengusir kurap dan mencegahnya datang kembali karena kandungan minyak zaitun yang berguna dalam memelihara sel kulit. Minyak zaitun juga ampuh dalam mengatasi penyakit kulit lainnya seperti jeraat, komedo, kulit kering dan masih banyak lagi manfaat dari minyak zaitun ini.

Bawang Putih

Baca Juga
Gatal-Gatal Pada Kulit? Waspadai 5 Penyakit Mematikan ini!
Si Kecil Demam? Jangan Lakukan 5 Hal ini, Bunda!
Terungkap! Inilah Beberapa Kebiasaan yang Dapat Menimbulkan Komedo Putih

Bawang putih menjadi salah satu bahan yang bisa mengobati banyak penyakit, termasuk kurap. Bawang putih akan membantu meningkatkan efek kulit terutama untuk melawan jamur dan sumber infeksi. Bawang putih bahkan bisa mengatasi masalah kulit sekitar kurap yang sering terkena efek perubahan warna. Langkah yang bisa dilakukan adalah dengan mengupas bawang putih menjadi lebih bersih. Kemudian iris sedikit bagian bawang putih hingga mengeluarkan getah putih dan aroma yang sangat kuat. Setelah itu usapkan pada bagian kurap secara langsung. Awalnya akan terasa perih namun efek ini tidak perlu dikhawatirkan. Anda juga bisa menempelkan irisan bawang putih ke bagian kurap selama beberapa jam.

Pasta Belerang

Bahan belerang menjadi salah satu jenis bahan yang dipercaya bisa mengatasi berbagai jenis gangguan kulit termasuk kurap. Belerang merupakan mineral alami yang keluar dari dataran tinggi seperti pegunungan. Air belerang juga bisa membantu menyembuhkan penyakit kulit seperti gatal-gatal. Cara ini bisa dilakukan dengan menggunakan jenis belerang alami dalam bentuk bongkahan. Kemudian buat pasta belerang dengan menambahkan air. Aduk hingga menjadi pasta yang kental kemudian tempelkan pada bagian kurap. Jangan diambil sebelum pasta ini mengering dan ikut mengangkat jamur penyebab kurap. (Dil)