Hilangkan karang gigi dengan cara alami

MANAberita.com — KARANG gigi adalah plak gigi yang mengeras dan tumbuh sedikit demi sedikit. Awalnya, plak gigi terbentuk ketika bakteri dalam mulut bercampur dengan protein dan sisa-sisa makanan. Jika tidak dibersihkan, maka plak tersebut dapat menyebabkan karang gigi.

Selain menjadi sarang bakteri, karang gigi juga dapat menyebabkan radang gusi, meningkatkan gigi patah hingga penyakit jantung dan stroke. Gak banget kan?

Ada beberapa yang memilih buat menghilangkan karang gigi di dokter, namun biaya pembersihannya pun tidaklah murah. Nah, kali ini @MANAberita akan membahas cara menghilangkan karang gigi dengan cara alami yang dilansir dari Alodokter.com.
1. Baking Soda (Soda Kue)

Menghilangkan karang gigi yang ampuh dan alami yang pertama menggunakan baking soda atau soda kue. Baking soda tidak hanya bisa membuat karang gigi lepas sendiri dengan mudah, baking soda juga berguna untuk membersihkan gigi kuning menjadi semakin putih, kuat dan sehat. Berikut ini cara menghilangkan karang gigi dengan baking soda, yaitu:

Siapkan baking soda (soda kue), pasta gigi, sikat gigi dan air untuk berkumur

Gosok gigi Anda menggunakan sikat gigi dan pasta gigi tersebut kemudian berkumur untuk membersihkannya.

Taruh baking soda diatas sikat gigi dengan tambahan sedikit air. Atau Anda bisa menambahkan cuka pada baking soda tersebut.

Gosok secara berlahan dan hati hati dan jangan sampai tertelan karena bisa berbahaya bagi kesehatan.

Setelah itu berkumur hingga bersih.
Ulangi menggosok gigi dengan pasta gigi biasa.

Hal ini berguna untuk membersihkan sisa baking soda yang menempel pada gigi.
Cara menghilangkan karang gigi yang sudah lama, mengeras dan membandel dengan baking soda tentu membutuhkan waktu. Maka Perlu ketelatenan dan rutin membersihkannya. Cara tersebut juga bermanfaat untuk membersihkan gigi kuning menjadi putih bersih dan sehat.

2. Garam

Menghilangkan karang gigi secara alami berikutnya adalah dengan menggunakan garam. Selain menggunakan baking soda Anda bisa mencoba dengan cara lain yaitu dengan garam.

Garam berguna untuk mengatasi karang gigi yang sudah lama yang mengeras dan membandel untuk dibersihkan. Selain karang gigi, menggunakan bahan garam untuk gigi ini bermanfaat juga menghilangkan bau mulut dan memutihkan gigi. Berikut ini cara menghilangkan karang gigi dengan garam, yaitu:

Sediakan 1 sendok makan garam dan 1 buah jeruk nipis

Campurkan perasan jeruk nipis pada garam kemudian aduk hingga tercampur rata

Gunakan campuran jeruk nipis dan garam untuk menggosok gigi

Lakukan secara rutin menggosok gigi dengan garam lakukan 2 sampai 3 kali seminggu maka karang gigi yang membandel dan sudah lama akan terlepas dengan sendirinya.

3. Biji wijen

Cara menghilangkan karang gigi yang sudah lama bisa dilakukan dengan biji wijen.

Caranya cukup mudah agar karang gigi lepas sendiri dengan biji tersebut, yaitu cukup dengan Anda mengunyah segenggam biji wijen tanpa ditelan, lalu gosok gigi menggunakan sikat gigi kering.

Biji wijen ini berguna sebagai scrub yang akan membuat karang gigi lepas sendiri.

4. Lidah Buaya

cara menghilangkan plak dan karang pada gigi bisa dilakukan dengan cara mudah yaitu menggunakan lidah buaya.

Ternyata lidah buaya tidak hanya membantu menghaluskan kulit dan mengatasi luka luar agar cepat kering saja. Namun dengan menggunakan tanaman ini karang gigi bisa dihilangkan dengan mudah.

Berikut ini cara menghilangkan karang gigi yang sudah mengeras dengan lidah buaya, yaitu:

Sediakan air 1 gelas, setengah gelas baking soda, satu sendok teh gel lidah buaya, sepuluh tetes minyak lemon dan empat sendok teh gliserin sayuran.

Aduk semua bahan menjadi tercampur rata pada satu wadah dan gunakan campuran tersebut sebagai pasta gigi untuk menghilangkan karang gigi yang membandel

5. Kulit Jeruk

Cara menghilangkan karang gigi yang membandel bisa Anda lakukan dengan mudah menggunakan kulit jeruk.

Caranya, gosok karang gigi dengan kulit jeruk pada malam hari. Biarkan semalaman tanpa membilasnya. Pada keesokan harinya berkumur dengan bersih dan lakukan gosok gigi dengan pasta gigi seperti biasa.

Dengan menggunakannya secara rutin 2 sampai 3 kali seminggu karang gigi akan hilang dan gigi menjadi putih dan sehat.

Kulit jeruk juga bisa membantu membersihkan dan memutihkan gigi kuning.

Selain menggunakan cara di atas, Anda juga bisa melakukan tips berikut ini sebagai cara menghilangkan karang gigi secara alami dan ampuh, yaitu:

Menyikat gigi secara teratur dan rutin setiap hari lakukan 2 kali sehabis makan dan sebelum tidur.

Hindari makan-makanan manis pada malam hari sebelum tidur

Berkumur dengan obat penghilang karang gigi alami yaitu campuran 3 sendok teh baking soda atau soda kue dengan 2 sendok teh garam dan air.

Baca Juga
Jangan Pernah Gunakan Telur Mentah Sebagai Masker Wajah Jika Tak Ingin Hal Buruk ini Terjadi Padamu!
Jangan Pernah Memakan Makanan yang Dihinggapi Lalat! Ternyata ini Penyebabnya
Daripada Beli, Yuk Buat Sendiri Pasir Ajaib Untuk Mainan Anak

Aduk hingga tercampur kemudian berkumur 3 kali. Setelah itu bilas dengan menggosok gigi seperti biasa.

Hindari kebiasaan tidak menggosok gigi atau membiarkan sisa makanan terlalu lama menempel pada gigi. Hindari juga merokok, minum kopi atau teh secara berlebihan, hal ini akan membuat karang gigi mengeras dan menguning. Tidak hanya pada karang gigi saja. Kopi, teh dan merokok adalah penyebab gigi kuning.

Demikianlah cara menghilangkan karang gigi secara alami tanpa ke dokter. Semoga informasi ini bermanfaat bagi pembaca semua, selamat mencoba dan salam sehat!! (Dil)