Ilustrasi cowok menangis

MANAberita.com – JANGAN malu untuk menangis, walau Anda adalah seorang pria. Dalam kondisi emosional yang memuncak dan harus dikeluarkan menjadi sebuah tangis, maka lakukan saja hal alami itu. Setiap hal yang diciptakan oleh Yang Maha Pencipta untuk hambanya pasti memiliki sisi positif dan manfaat, termasuk tangisan.

Berikut ini beberapa manfaat dari menangis untuk mengeluarkan emosi yang menyesakkan dada, seperti dilansir @manaberita dari berbagai sumber:

1. Detox

Menangis adalah salah satu cara alami membuang racun dari dalam tubuh. Air mata yang dikeluarkan tersebut dalam sebuah studi dipercaya membantu proses detoxifikasi. Apalagi jika Anda sedang stres, hormon stres yang merusak bisa dikeluarkan lewat tangisan.

2. Kesehatan mata

Air mata yang keluar dalam jumlah banyak ternyata membantu menjaga kesehatan mata dari iritasi serta mata kering. Kandungan antimikroba pada air mata juga baik untuk menghilangkan kotoran di organ penglihatan tersebut.

3. Redakan stres

Baca Juga
Teruji Klinis, Inilah Manfaat Air Beras yang Tak Banyak Diketahui
Kini Evelyn Sangat Terpukul Bersedih Atas ke Putusan Aming
Tak Kunjung Berhenti Menangis di Penjara, Jennifer Dunn Sesali Perbuatannya

Yang Anda rasakan setelah menangis adalah lega, benar kan? Jadi menangis memang membantu untuk meredakan stres dan sesak di dalam dada. Mekanisme alami tubuh membuat produksi hormon endorphin atau hormon bahagia muncul usai menangis.

4. Tingkatkan mood

Usai menangis maka mood seseorang bisa bangkit dan kembali membaik. Ini karena air mata akan membantu menguatkan diri Anda. Jadi jangan tahan air mata yang hendak keluar ya, karena itu ada manfaatnya bagi kesehatan. (Int)