Ilustrasi

MANAberita.com— SIAPA yang tidak kesal bila sudah capek-capek mencuci pakaian tapi masih juga terciun bau ketiak? Malu? Sudah pasti! Tapi sekarang tidak perlu khawatir karena sudah ada cara menghilangkan bau ketiak pada baju dengan cara alami. yuk, simak!

1. Garam
Cara menghilangkan bau ketiak pada baju yang pertama adalah dengan menggunakan garam. Ya, selain berguna untuk menyedapkan masakan, garam juga dapat mengeliminasi bau tubuh dari pakaian. Garam bersifat alkali (dapat mengatur kadar pH), sehingga Anda dapat menggunakannya untuk meminimalisir bau di pakaian, terutama pada area ketiak.

Yang Anda butuhkan adalah garam yang kasar, jangan menggunakan garam meja yang teksturnya lembut. Lalu, siapkan air hangat. Larutkan garam dengan air hangat, lalu rendam pakaian menggunakan air tersebut. Diamkan selama 30 menit, bilas, lalu cuci pakaian seperti biasa.

2. Sampo
Sampo mengandung minyak yang bagus untuk mengangkat kotoran. Sampo juga cenderung punya wangi yang kuat, sehingga aroma tak sedap pada pakaian Anda akan tergantikan dengan aroma parfum sampo.

Jangan gunakan sampo untuk rambut hitam, sampo untuk rambut keriting, atau sampo untuk rambut lurus. Tapi, gunakanlah sampo untuk rambut berminyak, rusak, kering, atau masalah lainnya. Karena, sampo yang bekerja khusus untuk menyembuhkan masalah rambut cenderung lebih kuat dalam mengikis aroma tak sedap pada pakaian.

Cara melakukannya, basahi atau rendam area ketiak pada pakaian Anda menggunakan air hangat. Setelah itu, tuang sampo ke area ketiak, lalu diamkan selama beberapa menit. Gosok bagian ketiak menggunakan tangan atau pun sikat, lalu cuci pakaian seperti biasa.

3. Baking Soda
Baking soda bukan hal yang aneh lagi untuk orang yang suka membuat kue. Tapi, kini baking soda tidak akan digunakan untuk membuat aneka macam kue, melainkan untuk menghilangkan bau ketiak dari pakaian. Baking soda sebenarnya dapat menetralisir bau tak sedap di mana saja, baik itu di ruangan, kamar mandi, hingga pakaian.

Cara menggunakannya adalah, pertama-tama buat pasta dari baking soda dan air hangat. Setelah itu, oleskan pasta baking soda ke area baju yang diinginkan. Diamkan selama 15 menit jika Anda sedang terburu-buru. Tapi, kalau sedang senggang, Anda bisa membiarkan pasta itu semalaman. Terakhir, besok paginya, cuci pakaian Anda seperti biasa.

4. Obat Kumur
Cara menghilangkan bau ketiak pada baju yang ke-4 adalah dengan memanfaatkan mouthwash alias obat kumur. Produk ini mengandung anti-bakteri, sehingga sudah dapat dipastikan kuman dan bakteri yang jadi penyebab pakaian bau ketiak akan musnah.

Agar tidak merusak pakaian, pilihlah obat kumur yang tidak mengandung alkohol, walaupun sebenarnya obat kumur memang tidak membahayakan untuk pakaian. Tapi, untuk jaga-jaga, gunakan obat kumur yang tidak mengandung alkohol saja. Cara ini tidak dianjurkan untuk dilakukan sering-sering. Dan, jangan pula dilakukan untuk pakaian berbahan tipis.

5. Cuka
Selain baking soda, cuka juga dikenal sebagai barang dapur yang dapat berguna untuk menghilangkan aroma tak sedap di mana pun juga. Nah, Anda bisa memanfaatkan cuka untuk meminimalisir bau ketiak yang menempel pada pakaian.

Anda bisa langsung menuangkan secangkir kecil cuka pada mesin cuci ketika Anda akan mencuci. Atau, Anda bisa juga merendam area ketiak pakaian dengan larutan air dan cuka sebelum mencucinya.

6. Hidrogen Peroksida
Hydrogen Peroxide atau hidrogen peroksida merupakan sebuah cairan oksidator (pelepas elektron), sehingga sejak dulu zat ini memang sering digunakan untuk menghilangkan noda dan bau dari suatu benda. Dengan menggunakan zat hidrogen peroksida, bau ketiak dari baju dapat terangkat dengan cepat.

Langkahnya, pertama-tama, basahi baju Anda (bukan cuma area ketiak saja, tapi semuanya). Kedua, tuang larutan hidrogen peroksida pada bagian ketiak. Ketiga, diamkan selama 30 menit, setelah itu sikat menggunakan sikat pakaian atau sikat gigi. Anda bisa juga hanya menggosok area ketiak menggunakan tangan. Keempat, bilas hingga bersih, lalu cuci baju seperti biasa.

7. Pasta Gigi
Wah, ternyata bukan hanya untuk membersihkan gigi dan menyegarkan mulut, pasta gigi juga bisa digunakan untuk menghilangkan bau ketiak dari baju. Anda hanya perlu mengoleskan pasta gigi ke area yang diinginkan pada pakaian. Diamkan selama beberapa saat, lalu beri sedikit air.

Setelah itu, gosok lah pakaian dengan tangan atau menggunakan sikat gigi. Bilas, lalu ulangi langkah jika pakaian Anda masih tercium bau. Bilas lagi hingga bersih sebelum Anda mencuci pakaian dengan sabun.

8. Vodka
Cara menghilangkan bau ketiak pada baju yang selanjutnya agak mewah, nih, karena bahannya menggunakan vodka. Ternyata, vodka bisa mengatasi masalah bau yang menempel pada pakaian.

Caranya, tuang vodka secukupnya ke dalam botol spray kosong. Lalu, semprotkan vodka pada area yang tercium bau. Anda harus menyemprotkannya banyak-banyak sampai pakaian Anda basah kuyup, karena jika hanya sedikit vodka yang digunakan, maka aroma tak sedap masih akan tercium.

9. Aspirin dan Krim Tartar
Anda tahu apa itu aspirin? Jadi, aspirin adalah obat turunan yang biasanya digunakan sebagai obat anti nyeri (minor), penurun demam, dan untuk mengobati peradangan. Tapi, sekarang aspirinnya tidak digunakan sebagai obat, tapi sebagai penghilang bau ketiak dari pakaian.

Lalu, apakah Anda pernah mendengar yang namanya krim tartar? Mungkin Anda lebih familiar dengan saus tartar, karena tokoh kartun Spongebob sering mengucapkannya. Tapi, krim tartar sama sekali tidak ada hubungannya dengan saus tartar. Jadi, cream of tartar alias krim tartar ini merupakan bahan pelembut kue. Bentuknya bubuk halus dan berwarna putih.

Kalau Anda mau menghilangkan bau ketiak dari pakaian menggunakan kedua bahan ini, Anda harus mencampurnya terlebih dahulu. Hancurkan beberapa butir aspirin hingga halus, lalu tambahkan krim tartar. Setelah itu, tuang sedikit air, aduk hingga adonan berbentuk seperti pasta. Ambil pasta tersebut, lalu balurkan pada area pakaian yang diinginkan.

Anda bisa langsung menyikat pakaian atau pun mendiamkannya terlebih dahulu selama 30 menit. Bilas hingga pasta aspirin dan krim tartar menghilang sepenuhnya sebelum Anda mencuci pakaian.

10. Sinar Matahari

Baca Juga
Bukan Sembarangan, Ini Manfaat Mendengarkan Musik Sebelum Tidur
Beginilah Cara Menyambut Suami Pulang Kerja Agar Semakin Disayang
Jangan Khawatir Dibully, Inilah Manfaatnya menjadi jomblo

Cara menghilangkan bau ketiak pada baju yang terakhir adalah dengan tanpa dicuci. Anda bisa menghilangkan aroma tak sedap dari pakaian hanya dengan menjemurnya di udara terbuka yang kena sinar matahari. (Dil)

 

Sumber: Bacaterus.