Pertemuan Dinkominfo Muba dengan PT Jasnita Telekomindo, Jumat (16/03) di Ruang Rapat Serasan Sekate, Kantor Bupati Muba.

MANAberita.com – PEMERINTAH Kabupaten Musi Banyuasin (Muba) melalui Dinas Komunikasi dan Informatika (Dinkominfo) akan menerapkan Nomor Tunggal Panggilan Darurat (NTPD) dengan nomor 112. Hal ini terungkap pada acara pertemuan dengan PT. Jasnita Telekomindo, Jumat (16/03) di Ruang Rapat Serasan Sekate, Kantor Bupati Muba.


“Bupati Muba telah mengajukan surat permohonan kepada Dirjen Penyelenggaraan Pos dan Informatika Kemkominfo untuk membuka akses  layanan NTPD 112 kepada operator telekomunikasi untuk melayani panggilan apabila menghadapi kondisi kedaruratan,” ujar Plt. Kepala Dinkominfo Muba, Dicky Meiriando.

Dilanjutkan oleh Dicky, Pemkab Muba mengajukan permohonan ini dengan pertimbangan telah memiliki fasilitas command centre beserta perangkat pendukung lainnya.

“Saat ini command centre Pemkab Muba baru difungsikan untuk digital security. Tahun ini Bapak Bupati Muba menginginkan adanya penambahan fungsi salah satunya adanya layanan NTPD dengan nama Muba Siaga 112,” kata Dicky.

Baca Juga
Bekerjasama dengan Perancis, MUBA yang Pertama di Indonesia Kelola Sampah Sawit Jadi Energi Biomassa
Terobosan Pembangunan IT Muba Dahului Program IT Sumsel
Wow!! 3 Pelajar Asal Muba ini Borong Gelar Juara VLOG Internasional

Sementara itu, GM Business Development Jasnita, Erick Pribadi, mengatakan bahwa PT Jasnita Telekomindo yang merupakan perusahan penyedia hotline darurat Indonesia menyatakan siap bekerjasama dengan Pemkab Muba.

“Jasnita akan membantu mengoperasikan dan mendukung seluruh kebutuhan dalam mengelola layanan panggilan darurat 112 di Kabupaten Muba. NTPD 112 merupakan standar internasional yang penggunaannya bebas pulsa bahkan tanpa sinyal pun bisa melakukan panggilan,” jelas Erick.

Pertemuan ini juga sekaligus mendengarkan masukan dan saran dari perangkat daerah terkait seperti : Pemadam Lebakaran, Satpol Pamong Praja, RSUD Sekayu, Dinas Perhubungan, Bappeda dan BPKAD dan dilanjutkan peninjauan ke fasilitas Muba Command Centre. (WM/*)