Mandi sebelum subuh

MANAberita.com — DALAM agama Islam, sebelum waktu subuh (sekitar pukul 4 pagi) ternyata hukumnya sunnah. Selain sunnah, ada pula beberapa manfaat dari mandi tersebut yang sangat berguna bagi tubuh. Apa saja? Yuk, simak ulasan yang dikutip @manaberita dari Teknikhidup.com:

1. Menghindarkan kita dari resiko tekanan darah tinggi

manfaat mandi sebelum subuh

Jika kamu khawatir dengan tekanan darah tinggi karena ada keluargamu yang memilikinya, mungkin kamu bisa mengantisipasinya dengan rutin mandi pagi.

Karena menurut beberapa penelitian seperti yang disampaikan oleh Frederic Premji, seorang ahli hypnotherapy dari American Board of Hypnotherapy, ia mengatakan bahwa, mandi air dingin terutama di pagi hari akan membantu mengurangi resiko tekanan darah tinggi. Selain itu, kita juga akan mendapatkan manfaat yang lain berupa resiko varises dan pengerasan pembuluh darah akan berkurang. Kondisi ini akan membuat peredaran darah di dalam tubuh kita akan menjadi lebih lancar. Dengan darah yang lancar, organ-organ dalam tubuh yang akan berfungsi dengan maksimal karena mendapatkan pasokan oksigen serta nutrisi yang dibutuhkan.

2. Meningkatkan mood

Pada saat pagi, biasanya kita merasa malas untuk menyentuh air yang akan kita hadapi. Padahal, jika kita langsung mandi di pagi hari setelah tidur nyenyak di malam harinya, kita akan merasakan perubahan yang luar biasa, terutama karena mandi pagi atau mandi subuh dapat meningkatkan mood.

Jadi, jangan heran apabila seseorang yang rutin mandi pagi terlihat lebih cerah, lebih bersemangat dan selalu tersungging senyum dibibirnya.

3. Dapat meningkatkan jumlah sel darah putih

Studi di Inggris membuktikan bahwa mandi subuh memiliki manfaat yang luar biasa terutama untuk meningkatkan sel darah putih. Sel darah putih adalah salah satu yang sangat dibutuhkan oleh tubuh untuk melawan berbagai benda asing yang akan memasuki tubuh kita seperti bakteri, virus atau yang lainnya, selain untuk membatu membekukan darah. Dengan kata lain, manfaat mandi subuh salah satunya adalah untuk meningkatkan imunitas.

4. Memperlancar peredaran darah

Suhu tubuh kita satu jam sebelum bangun biasanya akan meningkat. Setelah itu, apabila terkena air, terutama apabila kamu mandi dengan air dingin pada saat subuh, tubuh akan mencoba meningkatkan metabolisme untuk memberikan kehangatan.

Meningkatnya metabolisme membuat seluruh tubuh kita menjadi lebih aktif. Dan secara otomatis, sirkulasi darah akan menjadi lebih lancar sehingga tubuh akan menajdi bugar, segar, dan bersemangat.

5. Dapat menjaga kesehatan reproduksi

Bagi kamu yang selama ini masih males mandi pagi, cobalah untuk membiasakan diri bangun pagi kemudian mandi karena efeknya bagi kesehatan sangat luar biasa. Salah satunya adalah dapat meningkatkan kesuburan atau meningkatkan sistem reproduksi baik pada pria maupun wanita.

Dengan mandi subuh, seorang pria akan mengalami peningkatan hormon testosteron, pada wanita mereka akan mengalami peningkatan hormon estrogen.

Dengan peningkatan hormon tersebut, baik pria maupun wanita akan menjadi lebih sehat secara seksual dan memiliki gairah yang meningkat. Itulah sebabnya mengapa kita dianjurkan untuk mandi setelah berhubungan seksual jika ingin melanjutkan ke ronde berikutnya.

6. Menyuburkan rambut

Salah satu rahasia untuk memiliki rambut yang subur dan sehat adalah dengan rutin mandi pada pagi hari. Namun secara spesifik, para ahli kesehatan dan ahli kecantikan mengatakan bahwa untuk menyuburkan rambut dan menyehatkannya, kita harus rutin menyiramnya dengan air dingin.

7. Mengecilkan pori-pori

Para ahli kecantikan mengatakan bahwa untuk mengecilkan pori-pori, kita membutuhkan sesuatu yang dingin. Selain dengan tidur pada malam hari, mandi di pagi hari dengan air dingin juga akan membuat pori-pori di wajah kita menjadi lebih kecil dan lebih rapat sehingga kulit akan terlihat lebih cerah dan bersinar.

8. Menguatkan memori

Jika kamu tidak ingin menjadi seorang pelupa, atau jika kamu tidak ingin menjadi orang pikun pada saat berusia lanjut nanti, cobalah untuk rutin mandi pagi.

Baca Juga
Bukan Sembarangan, Ini Manfaat Mendengarkan Musik Sebelum Tidur
Siapkan Tissu! Inilah Deretan Film India Tentang Keluarga yang Berhasil Membuat Banyak Orang Menangis, Sedih Banget!
Terlalu Lama di Toilet, Dubur Pria ini Keluar Dari Tempatnya

Mengguyur air ke kepala dapat membantu meringankan beban, meredakan depresi atau stress sehingga secara keseluruhan akan mempengaruhi jiwa dan pikiran.

Secara rutin mandi subuh akan membuat otak lebih dingin sehingga bisa bekerja lebih keras dan mengingat lebih baik. Hal tersebut tidak lepas dari meningkatnya kelancaran peredaran darah di tubuh kita yang membawa oksigen dan nutrisi menuju otak.

Namun ada satu hal yang harus kamu ingat sebelum mandi subuh adalah, kamu tidak boleh mandi apabila belum tidur sebelumnya, alias apabila kamu begadang pada malam harinya. Karena pada saat kita begadang dan tidak tidur dari pagi ke pagi lagi, tubuh kita bekerja sangat keras sehingga kondisinya sebenarnya sangat panas, ditambah dengan rasa lelah yang membuat imun menurun. (Dil)