Manfaat mematikan lampu sebelum tidur

MANAberita.com — NABI Muhammad SAW memerintahkan kita untuk mematikan lampu-lampu kala malam hari (ketika hendak tidur). Setelah beberapa tahun dilakukan penelitian ilmiah modern tentang efek cahaya terhadap manusia dan lingkungannya, kajian itu menghasilkan fakta mengejutkan. Berikut adalah beberapa manfaat tidur dalam keadaan gelap.

1. Mengatur Kadar Melatonin
Melatonin adalah hormon alami yang mempengaruhi tidur sehat dan hidup sehat. Melatonin dikenal sebagai hormon antioksidan kuat yang mencegah sel pertumbuhan kanker, dan juga dapat membantu mengontrol masalah kesehatan lainnya, termasuk perauturan siklus haid, menopause, dan insomnia kronis.

Produksi melatonin dipicu oleh cahaya yang kabur atau tidak adanya cahaya. Hormon tersebut menyebabkan tubuh merasa ngantuk dan siap untuk tidur. Terkena cahaya lampu di malam hari dapat mengganggu dan menunda produksi melatonin. Jadi hal terbaik untuk membantu produksi melatonin dengan meredupkan lampu di malam hari dan kemudian pergi ke tempuat tidur di ruang yang benar-benar gelap.

Baca Juga
Mengenal Ciri-Ciri Anak Autis
Sering Pakai Lipcream? Awas, 5 Kesalahan ini Bisa Bikin Bibir kamu Menghitam!
Tidur dengan Rambut Basah, Gadis Ini Kaget Lihat Wajahnya Saat Bangun

2. Menurunkan Resiko Depresi
Penelitian telah menunjukkan bahwa siklus tidur yang sehat adalah pusat mempertahankan keseimbangan kesejahteraan emosional. Jika Anda menyalakan lampu di malam hari, Anda menunda timbulnya melatonin sehingga berisiko mengalami masalah tidur. Dan penyebab terkenal depresi berasal dari masalah tidur.

3. Menurunkan Risiko Disfungsi Metabolik
Sebuah studi yang diterbitkan pada tahun 2014 dalam The Journal of Clinical Endocrinology & Metabolism menyoroti bahwa ketidaksinkronan hidup akibat terbit dan tenggelamnya matahari dapat memengaruhi kesehatan. Jadi seseorang yang biasa melek dan terjaga di malam hari lebih rentan untuk mengalami diabetes, sindrom metabolik, dan sarcopenia (kehilangan otot) dibandingkan dengan mereka yang tidur dan terbangun pada waktu sesuai dengan siklus terang gelapnya hari. (Dil)

(sumber: Detik.com)