Stress berat

MANAberita.com — ADA fakta yang mengejutkan, apabila seseorang terlalu lama memendam stress rupanya dapat menyebabkan depresi. Bahaya? Banget!! Daripada terlambat, sebaiknya kenali gejala tubuhmu yang diam-diam sudah mengalami stress berat.

1. Gampang emosi

Meskipun bagi sebagian orang gampang emosi dikatakan sebagai watak dasar, kondisi itu juga bisa menjadi tanda bahwa kamu mungkin sedang stres berat. Terutama jika sebelumnya kamu tidak memiliki sifat seperti itu.

2. Mudah menghakimi diri sendiri

Orang yang terkena depresi cenderung lebih mudah menghakimi diri sendiri. Mereka dikatakan sering memandang diri dari sisi negatif. Jika kamu mulai mengalaminya, segera temui psikiater untuk memeriksakan kesehatan mentalmu.

3. Perubahan drastis pada berat badan

Saat stres, sebagian orang akan cenderung makan lebih banyak dan sulit mengendalikan nafsu makan. Sebaliknya, ada juga yang malah kehilangan nafsu makan. Hal itu tentu akan memengaruhi berat badan secara signifikan.

4. Sulit tidur

Stres yang sudah berubah menjadi depresi akan membuat seseorang mengalami perubahan pola tidur. Menurut penelitian, tiga perempat orang yang menderita depresi akan mengalami gangguan tidur, khususnya insomnia. Artinya, mereka akan sulit terlelap atau menjadi sering tidur larut malam.

Baca Juga
Tak Hanya Pada Anak-Anak, Tantrum Juga Bisa menyerang Pasanganmu! Atasi Dengan Cara ini
Fatal! Jangan Lakukan Ini Saat Mandi Jika Tak Ingin Menyesal di Kemudian Hari
Susah Hamil? Yuk, Perbanyak Makan Alpukat yang Ternyata Sangat Bagus Untuk Rahim!

5. Mudah lelah dan lemas

Karena stres berat bisa mengganggu pola makan dan tidur, hal itu secara langsung akan memengaruhi kebugaran fisik. Akibatnya, kamu akan jadi lebih mudah lelah dan lemas. Ditambah kualitas tidur yang buruk, kamu juga akan menjadi kurang berenergi. (Dil)

(Sumber: Blog Pribadi Dimas Andhika Pramayuga)