Janin keguguran

MANAberita.com — KEGUGURAN merupakan momok menakutkan bagi para wanita hamil. Biasanya banyak yang tak menyadari jika mereka baru saja keguguran. Daripada beresiko, sebaiknya kenali tanda-tanda keguguran yang bisa kamu rasakan namun tidak disadari.

1. Perdarahan

Setelah seseorang hamil, tentu saja ia tidak akan berpikir untuk pendarahan lagi alias untuk menstruasi lagi. Tetapi tarik napas dalam-dalam, bisa saja ini hal yang normal.

Untuk satu hal, perdarahan implantasi mungkin merupakan tanda awal bahwa seseorang itu hamil.

“Ketika telur yang dibuahi menggali atau menanamkan ke rahim, Anda mungkin melihat beberapa bercak,” kata Kecia Gaither, M.D., spesialis kedokteran janin obgyn dan maternal.

Gaither menambahkan, seseorang bisa mengalami perdarahan selama pembentukan plasenta.

“Bendera merah” pendarahan keguguran jika, darah berwarna merah terang, “seperti periode yang disertai kram uterus (seperti saat haid),” jelasnya.

Saat terjadi mungkin juga mengandung jaringan atau gumpalan. Meskipun, separuh wanita yang keguguran tidak mengalami pendarahan.

2. Nyeri dan kram

Ketika merasakan kram, kram seperti menstruasi dapat benar-benar normal ketika rahim sedang mulai mengembang.

Tapi, kram bisa menjadi tanda keguguran awal. “Kram ini berasal dari kontraksi uterus yang mencoba mengeluarkan kehamilan,” kata Gaither.

Jika merasakan nyeri, terutama dengan perdarahan hebat, segara temui dokter untuk penangan yang tepat.

3. Sakit punggung

Sama seperti kram, seseorang mungkin juga merasakan sakit punggung bagian bawah yang dapat berkisar dari ketidaknyamanan ringan sampai berat.

Padahal, sekali lagi, ini bisa menjadi normal dalam kehamilan yang sehat. Saran terbaik yaitu selalu bicarakan dengan dokter jika khawatir tentang gejala tersebut.

4. Bisa tidak ada gejala

Salah satu hal paling menakutkan untuk Moms yang baru hamil adalah kekhawatiran bahwa akan mengalami keguguran namun kita tidak tahu.

Ini sesuatu yang disebut “kehamilan yang tidak dapat bertahan,” kata Gaither.

Mungkin bisa disebut dengan keguguran yang tidak disadari.

“Ini dapat bertahan hingga berhari-hari sampai tubuh mengeluarkannya secara alami atau rumah sakit mengintervensi secara medis atau pembedahan untuk menghilangkan kehamilan,” katanya.

Seseorang mungkin merasakan tanda itu sebelumnya (misalnya mual) telah hilang, meskipun ini mungkin tidak hilang sampai kadar hormon menurun.

5. Tidak menyadari bila sedang hamil

Jika periode menstruasi datang terlambat (dan mungkin melakukan hubungan seks), mungkin mengalami kehamilan kimia, yang berarti telur dan sperma bertemu, ditanamkan, dan tubuh menghasilkan hormon HCG, tetapi segala sesuatunya gagal.

Baca Juga
Hentikan! Ternyata Pria Benci Dengan Wanita yang Memiliki Sifat ini
Pertengahan Puasa, Inilah Tanda-Tanda Malam Lailatul Qadar atau Malam Seribu Bulan
Tanda-Tanda Anda Mengalami Pola Diet yang Salah

Kehamilan kimia bisa mencapai 50 – 75 % dari semua keguguran, menurut American Pregnancy Association.

Bisa saja keguguran terjadi bahkan kita tidak mengetahui sudah membuahi di dalam rahim. (Dil)

(Sumber: Tribun Manado)