Ilustasi hp lemot

MANAberita.com — BANYAKNYA aplikasi di hp ternyata dapat membuat ponselmu lemot hingga lambat beroperasi. Daripada ganti hp baru, mending check 5 aplikasi yang ‘tidak berguna’ ini yuk!

Aplikasi Bloatware

Ketika kita baru pertama kali membeli smartphone pastinya sudah terinstal aplikasi yang kadang tidak kita butuhkan alias Bloatware. Aplikasi itu terinstal biasanya untuk memenuhi persyaratan TKDN.

Sebenarnya, ada beberapa cara untuk mencopot pemasangan dari aplikasi bloatware. Salah satunya adalah dengan mencopot pemasangan atau menonaktifkannya secara manual. Tapi, dewasa ini, aplikasi bloatware semakin sulit untuk dihapus. Namun, biasanya di luar sana terdapat berbagai tutorial untuk menonaktifkan atau mencopot pemasangan dari aplikasi tersebut.

Aplikasi Pembersih Smartphone

Pembersih aplikasi sering kali mengklaim dapat meningkatkan kinerja smartphone dengan membersihkan aplikasi yang sedang berjalan. Namun sekali lagi, aplikasi ini berjalan di belakang layar, yang dapat membuat perangkat Anda menjadi lambat dan boros baterai.

Padahal, Anda dapat melakukan pembersihan aplikasi berjalan secara manual. Caranya, masuk ke Setting > Storage lalu ketuk Data Chace. So, jika Anda memiliki aplikasi tersebut, silakan copot pemasangan dari aplikasi tersebut.

Aplikasi Penghemat RAM

Aplikasi yang berjalan di background meski tidak bekerja biasanya akan tetap menggunakan RAM Anda. Hal inilah yang terjadi terhadap aplikasi yang mengklaim dapat menghemat RAM, yang ternyata tidak bekerja sesuai dengan namanya.

Dengan begitu, bukannya bertambah cepat, melainkan pada saat Anda memasang aplikasi ini akan membuat perangkat Anda jadi lebih lambat. So, jika Anda memiliki aplikasi dengan tujuan tersebut, sebaiknya segera Anda singkirkan.

Aplikasi Antivirus

Aplikasi ketiga yang bisa Anda hapus adalah aplikasi antivirus. Aplikasi ini biasanya memakan banyak daya dan memperlambat kinerja prosesor. Sebaiknya, Anda hapus aplikasi antivirus yang ada di perangkat Anda.

Sebenarnya, para pengguna Android tidak perlu terlalu khawatir jika perangkat mereka terkena virus, asal pengguna mengunduhnya dari Play Store. Hal ini dikarenakan Google punya pelindung virus milik mereka yang bernama Play Protect.

Aplikasi Penghemat Baterai

Baca Juga
Oops! Ternyata Inilah Kesalahan Memakai Lipstik yang Mungkin Sering Kamu Lakukan
Kenali Gejala Kanker Kulit Yang Gak Bisa Dianggap Remeh
Pakai Anti Gores? Inilah Alasan Kamu Harus Mencopotnya

Sama seperti beberapa aplikasi lainnya, aplikasi penghemat baterai sebenarnya akan membuat perangkat Anda lebih lambat dan lebih boros. Hal ini dikarenakan aplikasi penghemat baterai akan berjalan di belakang layar dengan memakan RAM serta menyedot daya dari perangkat Anda.

Sebenarnya, untuk melihat penggunaan baterai dan membuat perangkat Anda sedikit hemat baterai, Anda bisa melakukannya di pengaturan. Yang perlu dilakukan adalah dengan masuk ke Setting > Battery. Di sinilah Anda bisa melihat penggunaan dari baterai Anda. (Dil)

(Sumber: Kenali.co)