Masker hidung

MANAberita.com — MENGGUNAKAN penutup hidung merupakan hal yang wajar di Indonesia. Biasanya masker digunakan saat tengah berkendaraan, diluar ruangan hinggga saat cuaca berkabut dan berdebu.

Namun, siapa sangka jika masker hidung justru jadi tren fashion di Korea? Selain demi kesehatan, inilah 5 alasan warga negeri gingseng suka pakai masker yang dilansir dari Trivia.
1. Bagi para artis Korea, masker bisa dipakai untuk alasan penyamaran
Di Korea, para idol ini bisa di bilang tidak bisa sembarangan keluar rumah karena bisa saja akan ada banyak fans yang mengikuti mereka dan meminta foto. Dengan menggunakan masker, dan tentu saja ditambah dengan topi, wajah mereka cukup tersamarkan. Biasanya para idol akan menggunakan masker ketika mereka sedang ingin berangkat ke lokasi shooting, hang out dengan teman-teman, dan ketika sedang di bandara.
2. Orang Korea menggunakan masker karena mereka sedang tidak menggunakan makeup
Korea sangat identik dengan produk atau segala hal yang berbau kecantikan. Di Korea tidak hanya para perempuan saja yang menggunakan makeup, beberapa laki-laki di Korea pun menggunakan makeup untuk menunjang penampilan mereka, apalagi para idol Korea. Tidak heran jika banyak orang Korea yang merasa tidak percaya diri ketika keluar rumah tidak menggunakan makeup. Jadi, jika terpaksa tidak menggunakan makeup, paling tidak mereka menggunakan masker agar wajahnya tidak terlalu terlihat.
3. Alasan yang paling umum mengapa banyak orang Korea menggunakan masker karena mereka sedang sakit
Tampaknya tidak hanya di Korea saja orang-orang harus menggunakan masker ketika mereka sedang sakit. Masker memang berguna agar tidak semakin banyak virus yang masuk dalam tubuhmu. Selain itu, agar orang lain juga tidak tertular olehmu.
4. Masker ternyata bisa juga untuk kepentingan fashion
Semakin banyak orang yang menggunakan masker, tentu akan semakin banyak juga bentuk dan desain dari masker itu sendiri. Terbukti, di Korea bahkan ada salah satu produsen yang khusus memproduksi masker. Ada juga beberapa masker yang bentuknya justru menunjang wajahmu agar tampak lebih tirus. Maka, tidak heran banyak orang Korea yang foto-foto sambil menggunakan masker.
5. Karena debu halus di Korea sangat berbahaya bagi kesehatan warga Korea
Setelah keempat alasan di atas, ternyata ada alasan utama yang membuat orang Korea selalu menggunakan masker, yaitu karena banyaknya debu halus yang ada di Korea. Debu halus ini diketahui berasal dari hasil pembakaran fosil, batu bara, dan tentunya polusi yang dihasilkan dari kendaraan. Ukuran debu halus itu sendiri 1/7 dari tebalnya satu helai rambut manusia. Bahkan, ada juga ultrafine dust yang ukurannya malah 1/4 dari debu halus itu sendiri. Debu-debu ini tentu saja sudah tidak bisa disaring lagi oleh bulu-bulu hidungmu nih. Nah, terbayangkan seberapa kecilnya. Debu halus dan polusi udara ini juga dapat membuat kamu terserang dengan penyakit yang berbahaya. Mungkin awalnya kamu akna merasa matamu perih, pusik, sakit tenggorokan, dan lain sebagainya. Lambat laun tidak menutup kemungkinan kamu akan terserang penyakit yang jauh lebih parah lagi, seperti kanker, keguguran saat mengandung, bahkan sampai bisa melahirkan anak yang cacat. Di Jakarta sebenarnya polusi dan debu halusnya tidak kalah banyak dan berbahaya, namun sayang belum banyak dari kita yang sadar akan hal tersebut. Pemerintah pun tampaknya tidak banyak memberikan peringatan akan bahayanya debu halus dan polusi udara di Indonesia, khususnya Jakarta. (Dil)