Nyeri payudara

MANAberita.com — GIRLS, kamu pasti pernah dong mengalami nyeri cenat cenut pada payudaramu? Bikin khawatir ya? Jangan panik dulu, mungkin ini penyebabnya:

1. Anda PMS!

Penyebab paling umum kenapa payudara sering kali merasa nyeri adalah karena perubahan hormon selama menjelang datangnya waktu menstruasi (pre menstrual syndrome). Nyeri payudara menjelang menstruasi adalah nyeri yang normal dan hampir dialami oleh semua wanita. Saat PMS payudara terasa lebih keras dan sensitif daripada biasanya.

2. Ukuran Bra Salah

Ketika Anda mengenakan bra yang memiliki ukuran tidak sesuai dengan besar kecil payudara, hal ini akan mendorong rasa nyeri pada payudara. Tidak jarang, seseorang akan mengenakan bra yang ketat agar ia terlihat seksi dan menarik. Padahal, ukuran bra yang terlalu kecil dan ketat bisa saja memicu rasa nyeri dan sakit pada payudara.

3. Olahraga Terlalu Berat

Apakah Anda merupakan seseorang yang suka melakukan olahraga berat seperti angkat beban atau sejenisnya? Jika iya, cobalah untuk mengurangi kesukaan terhadap olahraga ini secara bertahap. Olahraga berat adalah salah penyebab utama kenapa payudara sering kali terasa nyeri dan tidak nyaman.

Baca Juga
Daripada Jadi Makanan Ular, Berikut Cara Menghindarinya
Selain Aman dan Gak Ribet, 5 Merek Obat Pemutih ini Bisa Kamu Dapatkan di Apotik
Badan Terasa Sakit Saat Pertama Kali Fitness? Ternyata Ini Penyebabnya!

4. Terlalu Banyak Konsumsi Kafein

Kopi dan teh merupakan dua minuman yang mengandung kafein di dalamnya. Tahukah Anda? Penelitian terbaru mengungkap jika kafein yang terkandung di dalam kopi maupun teh bisa memicu rasa nyeri pada payudara. Meski efek kafein pada payudara tidak secara langsung bisa dirasakan, konsumsi kafein berlebih bisa memicu nyeri dan adanya benjolan pada payudara yang sering kali menimbulkan rasa sakit.

Meskipun begitu, lakukan pemeriksaan jika mengalami nyeri yang berlebihan ataupun keluhan lainnya. (Dil)