Ilustrasi mengamankan diri dari bom

MANAberita.com – GUNCANGAN Bom pada beberapa daerah di Indonesia memang membuat geger. Korban yang berjatuhan sudah mencapai angka dua puluhan.

Lalu bagaimana cara kita agar bisa meminimalisir terjadi sesuatu yang tidak mengenakkan saat di dekat lokasi bom bunuh diri?

Berikut Tips dan Trik yang di share Instruktur Demolition/Peledak di grup-grup Whatsapp :

Kemanapun kita masuk gedung, mall, sekolah, kantor, rumah sakit bahkan kantor polisi, daerah parkiran dan apapun.

Dalam situasi saat saat ini, jangan lupa untuk memperhatikan dan mengingat pintu keluar darurat yang paling dekat dengan kita.

Dalam kondisi panik & chaos,  jangan sampai saling tabrakan dan jangan sampai tidak bisa keluar dari lokasi karena tidak tau jalan keluar.

Dan….

Jika tiba-tiba mendengar teriakan doa tidak lazim yang dalam situasi tidak wajar di tempat umum, maka terdapat  2 pilihan :

1. Kalau terdengar jauh, katakanlah 30 meteran lebih, boleh lari sekencangnya
2. Kalau terdengar dekat atau sangat dekat, jangan lari. Tapi segera merunduk/rebah menempel ke lantai dan lindungi kepala.

Karena terjangan pecahan metal/gotri bom akan menyasar dari area setinggi pinggang ke atas, sesuai tinggi rompi/ransel bom.
Kecil kemungkinan memantul ke arah bawah.

Selalu waspada dimanapun ya…

Saya  instruktur Demolition/Peledak termasuk ; Mortir, TP,  GLM, Granat Tangan, Ranjau ,TNT, C4 bahkan Bom Laut, kami bukan maksud menggurui, namun hanya mengingatkan kembali pelajaran yg dulu kita pernah dapat di Dasmil mengenai karakteristik ledakan, secara umum  berupa pecahan adalah :

1. 0 – 50 meter adalah mematikan.

2. 50 – 150 meter adalah melukai.

3. Kecepatan pecahan ledakan kurang lebih 850 Km/Jam.

4. Sudut pecahan adalah dari titik ledak mengarah ke atas kurang lebih membentuk sudut pecahan 90 Derajat.

5. Tekanan ledakan 90 % mengarah ke atas dengan membentuk penyebaran sudut elevasi 90 Derajat, sedangkan 10 % tekanan ledakan ke bawah.

Kesimpulan :

a. Bahwa apabila kita mendengar suara ledakan keras mustahil kita menghindar dengan cara berlari karena kecepatan ledakan sangat tinggi.

b. Mempertimbangkan sudut ledakan berkisar 90 Derajat.

Baca Juga
Remaja 14 Tahun Jadi Korban Pelecehan di Mall, Dari Dipegang Dadanya Hingga Disebut ini
Kejam!! Disandera Teroris Selama 40 Jam, Briptu Iwan Sarjana: “Saya Dipukul Dengan Rantai dan Disiram Air Mendidih”
Inilah Wajah-Wajah Teroris yang Ditembak Mati di Mapolda Riau

c. Satu satunya cara yang terbaik bila ada suara ledakan adalah dengan cara refleks segera secepatnya ambil sikap tiarap. Selain itu sulit kita menghindar (Ini adalah ilmu prosedur standard yg senantiasa diajarkan oleh TNI dalam melaksanakan latihan).

d. Setelah kita tiarap segera PKT/PKM (Perkiraan Keadaan Taktik/Perkiraan Keadaan Medan) utk mengambil langkah berikutnya.

Catatan : Hanya itulah satu satunya cara terbaik menolong jiwa kita jika pas berada disaat terjadinya kegiatan teror peledakan bom. Karena  tidak ada pilihan lain lagi selain melakukan trik diatas.