Sakit pinggang saat haid

MANAberita.com — SAKIT pinggang yang terjadi saat haid biasanya mulai akan dirasakan sesaat sebelum haid terjadi atau beberapa hari menjelang haid. Bahkan beberapa wanita juga merasakan sakit pinggang sampai masa haid sudah selesai.

Sakit pinggang saat haid bukan termasuk kondisi yang berbahaya. Maka, Anda tidak perlu merasa cemas. Karena umumnya, sakit pinggag saat haid bisa hilang setelah beberapa hari, sehingga tidak membutuhkan bantuan medis.

Walaupun demikian, sakit pada pinggang saat haid akan membuat seseorang merasa tak nyaman bahkan kadang-kadang hanya ingin berbaring dan bermalas-malasan sepanjang hari.

Penyebab sakit pinggang saat menstruasi
Nyeri pada pinggang yang dirasakan saat menstruasi mempunyai intensitas yang berbeda di tiap wanita, ada yang sifatnya ringan dan ada yang sangat menyakitkan.

Sakit pinggang yang Anda derita sebetulnya adalah dampak sakit perut saat menstruasi yang terjadi saat otot pada perut mengalami kontraksi akibat tegang. Ketegangan otot inilah yang picu munculnya rasa nyeri di perut termasuk otot dibagian pinggang.

Otot yang ada di dinding rahim setiap saat selalu berkontrasi secara halus, namun saat menstruasi akan mengalami peningkatan. Secara alami, tubuh wanita yang sedang menstruasi akan menghasilkan hormon prostaglandin yang memiliki fungsi sebagai pemicu kontraksi pada rahim untuk mengeluarkan darah.

Kontraksi ini sebabkan pembuluh darah yang mengelilingi rahim menyempit serta membuat suplai aliran darah dan oksigen yang menuju rahim terputus. Keadaan ini bisa memunculkan rasa nyeri yang bukan hanya dirasakan perut, melainkan juga bisa terasa sampai pada pinggang, panggul dan paha belakang.

Mengatasi sakit pinggang saat menstruasi
Sakit pinggang saat haid mampu diatasi dengan mengonsumsi obat pereda nyeri yang banyak dijual bebas di apotik. Namun, jangan pilih sembarang obat pereda nyeri karena justru ada beberapa obat yang mempunyai efek buruk dalam jangka panjang.

Sakit pinggang saat menstruasi tersebut sebetulnya bukan disebabkan oleh hal serius, dan biasanya masih bisa diatasi dengan melalukan hal-hal di bawah ini :

– Beristirahat bisa membantu tubuh agar tetap tenang saat mengalami sakit pinggang. Tubuh akan lebih mudah untuk menyesuaikan diri melawan rasa sakit pada pinggang sampai mereda

– Olahraga ringan seperti berenang, berjalan, dan jogging bisa bantu tubuh Anda tingkatkan aliran darah serta ringankan rasa sakit pada pinggang.

– Konsumsi makanan dengan zat besi tinggi dan hindari makanan yang tinggi akan garam dan minyak.

– Mandi dengan air hangat

– Konsumsi air putih agar terhindar dari dehidrasi selama menstruasi.

– Hindari pengonsumsian minuman dingin dan kafein.

Baca Juga
Campurkan Garam Pada Shampo, Kamu Tidak Akan Percaya Dengan Manfaatnya
Stop Mandi di Jam ini! Kamu Bisa Mati Mendadak
Kenali Penyakit PCOS, Gangguan Hormon yang Menyebabkan Wanita Sulit Hamil

Pinggang terasa sangat sakit saat menstruasi bisa dipicu oleh stres. Saat mengalami stres bisa membuat kekakuan pada otot-otot, termasuk otot di pinggang sampai sebabkan rasa sakit. Dengan Anda mengontrol tingkat stres akan membantu tubuh meringankan rasa nyeri di pinggang.

Walaupun sakit pinggang saat menstruasi adalah hal yang wajar, namun perlu untuk diwaspadai bila sakit yang dirasakan makin parah dan tak tertahankan. Untuk mengantisipasi hal tersebut ada baiknya periksakan pada dokter. Mungkin saja sakit pinggang yang terjadi saat menstruasi menandakan adanya gangguan kesehatan lain seperti endometriois, infeksi, tumor dan sebagainya. (Dil)

(Sumber: Beritaharianku)