Masinis kereta api

MANAberita.com — ADA yang penasaran berapa gaji masinis sekarang? Profesi yang punya tanggung jawab besar ini kini bisa membawa pulang gaji Rp 12 juta per bulan.

Informasi ini disampaikan Direktur Utama PT KAI Edi Sukmoro bulan April lalu. Demi kesejahteraan, ia mengungkapkan perlunya memberikan apresiasi yang pantas buat masinis.

Selain itu, masinis juga diberi fasilitas pendidikan selama enam bulan hingga satu tahun. Sebab siapa aja yang baru pertama kali melamar sebagai calon masinis, statusnya dianggap sebagai asisten masinis. Nah, biar benar-benar jadi masinis, mereka mesti menjalani pendidikan.

Terus nih kalau udah lulus, mereka masih melalui serangkaian cek. Dari cek surat jalan hingga cek kesehatan.

Wajar aja gitu, soalnya pekerjaan masinis itu menyangkut nyawa banyak orang. Kamu gak Pengin kan masinis yang mengangkut kamu belum berizin dan gak sehat mentalnya?

Tertarik pengin menjadi seorang masinis? Ada beberapa syarat yang mesti kamu penuhi nih. Langsung aja yuk dicek syarat-syaratnya.

Syarat-syarat menjadi masinis
Gaji masinis yang segitu besarnya emang bikin siapa aja tergiur. Namun, tentunya menjadi masinis gak bisa sembarangan. PT KAI mengajukan sejumlah syarat yang mesti dipenuhi.

– Berstatus sebagai Warga Negara Indonesia (WNI)

– Usia minimal 18 tahun dan maksimal 25 tahun buat SMA. Sementara buat Diploma, minimal 22 tahun dan maksimal 30 tahun

– Pria

– Sehat jasmani dan rohani

– Berkelakuan baik

– Bebas dari narkoba

– Bebas dari tindikan

– Bersedia ditempatkan di wilayah mana aja

– Gak punya hubungan pernikahan dengan karyawan PT KAI

Daftar jadi masinis udah bisa online

Kalau dulu mesti datang ke lokasi alias offline, kini daftar jadi masinis udah bisa dilakukan secara online. Caranya dijamin simpel dan mempermudah kamu.

– Buka halaman recruitment.kai.id

– Terus pilih menu Registrasi. Bikin username dan password biar bisa login

– Isi semua form registrasi

– Setelah selesai, buka email

– Kemudian ikuti instruksi yang diminta buat verifikasi

– Kalau verifikasi sukses, lanjut ke login akun
Di akun, kamu mesti melengkapi apa aja yang disyaratkan. Mulai dari biodata, pendidikan, hingga dokumen.

– Pada kolom dokumen, kamu harus udah menyiapkan dokumen-dokumen seperti KTP, ijazah, dan transkrip dalam bentuk digital. Upload semua dokumen tersebut. Jangan lupa buat siapkan foto terbaru berpakaian formal dengan ukuran digital maksimal 2 MB.

– Setelah itu, tentukan pilihan pekerjaan. Klik menu Lowongan, dan Apply di pekerjaan masinis.

– Nantinya kamu bakal mendapat konfirmasi apakah udah sesuai atau belum. Kalau udah, kamu tinggal klik pilihan Lamaran kamu pun telah selesai dikirim.

Masuk jadi masinis setelah lulus lima tahap
Gak berhenti di tahap isi formulir dan upload dokumen, kamu dinyatakan layak jadi masinis setelah lulus seleksi di lima tahap ini dulu.

1. Tahap administrasi

Pada tahap ini, formulir yang kamu isi beserta dokumen-dokumen yang di-upload bakal ditinjau. Kamu dinyatakan lanjut ke tahap berikut seandainya dianggap telah memenuhi kualifikasi yang ditetapkan PT KAI.

2. Tahap seleksi kesehatan awal

Buat mengikuti tahap ini, kamu diminta datang ke Unit Kesehatan PT KAI. Di sana kamu bakal menjalani pemeriksaan tinggi, berat, tensi, mata, telinga, dan gigi.

3. Tahap tes psikologi

Sama dengan seleksi kerja lainnya, kamu bakal menjalani psikotes. Umumnya nih soal-soal yang dimasukkan dalam psikotes beda-beda tipis dengan di tempat lain. Misalnya aja tes wartegg, tes koran, tes logika aritmatika, tes EPPS, dan tes analog verbal.

4. Tahap wawancara

Lulus tes psikologi, kamu bakal menghadapi tahap wawancara. Di tahap ini kamu mesti benar-benar tenang biar lancar jawabnya.

Biasanya kamu diminta buat bawa beberapa dokumen seperti ijazah asli, transkrip nilai, KTP, dan CV. Buat gambaran, kamu bisa cari-cari referensi wawancara di Internet atau buku.

5. Tahap seleksi kesehatan akhir

Seleksi kesehatan lagi? Iya, tapi yang ini beda. Kamu bakal menjalani seleksi kesehatan menyeluruh alias medical check up. Sebelum melakukan ini, kamu diharuskan puasa dulu dari malam hari.

Di tahap ini, pemeriksaan yang dilakukan meliputi darah, mata, rontgen, elektrokardiografi (EKG), cek urin, dan cek seluruh kondisi badan dengan melepas pakaian.

Kalau udah melalui seluruh tahap di atas, kamu tinggal menunggu pengumuman final. Biasanya diumumkan beberapa minggu seusai seleksi kesehatan.

Lumayan panjang juga ya rangkaian prosesnya. Tapi gimana lagi? Dengan gaji yang udah dua digit, pasti proses seleksi masuknya makin ketat.

Dan dari sekian banyak pelamar, cuma yang terbaiklah yang dinyatakan lulus.

Di balik gaji masinis yang besar, ada konsekuensi yang mesti ditanggung
Di balik gaji masinis yang besar, ternyata ada beberapa fakta menarik yang perlu kamu tahu. Fakta ini sekaligus menjadi konsekuensi ketika bekerja sebagai masinis nanti.

Seperti apa konsekuensinya?

1. Hari libur tetap kerja

Gini kurang enaknya jadi masinis. Saat orang-orang menikmati weekend dengan berlibur, masinis malah bekerja buat antar jemput mereka yang liburan.

Apalagi libur hari raya. Ini sih jangan ditanya. Masinis tetap bekerja seperti biasanya. Gimana, kamu siap mengorbankan hari liburmu demi gaji besar?

2. Jalani pendidikan ala militer

Jadi masinis itu pantang sakit. Kalau sakit, emangnya siapa yang mengemudikan kereta nanti? Karena itu, calon masinis diwajibkan mengikuti pendidikan ala militer. Tujuannya biar masinis kuat fisik dan juga mentalnya.

3. Jam kerja yang tinggi

Jangan salah paham dulu. Bukan berarti kerja sebagai masinis gak pulang-pulang ya kayak Bang Toyib. Tapi buat benar-benar jadi masinis, kamu harus punya total jam bawa kereta sampai 2.000 jam. Waktu selama itu mesti selesai dalam waktu tiga tahun.

4. Siap mental hadapi kemungkinan terburuk

Bukan maksudnya nakut-nakutin lho ya. Gak enaknya kerja sebagai masinis itu ya siap-siap aja seandainya kereta yang dibawa menabrak orang atau terlibat kecelakaan.

Siapa aja orangnya pasti mengalami yang namanya trauma ketika gak sengaja nabrak orang. Seorang masinis harus bisa mampu mengatasi itu. Bahaya nanti kalau gak sanggup.

Baca Juga
5 Tips Supaya Jemuranmu Cepat Kering, Catat Ya!
Tidak Sembarangan, Ternyata Warna Kotoran Telinga Bisa Menggambarkan Kesehatanmu
Yuk, Bikin Milo Cube Sendiri! Murah, Mudah dan Sama Enaknya

Setelah baca ulasan di atas, masih kepincut dengan gaji masinis? Seleksi yang berat, dan tantangan waktu udah diterima juga lebih berat lagi.

Itu juga kenapa gaji masinis sekarang dinaikkan hingga Rp 12 juta. Intinya, di mana ada tanggung jawa besar, di situ ada pendapatan yang sesuai. (Dil)

(Sumber: Moneysmart)