Berdoa

MANAberita.com — BULAN Ramadhan adalah sebaik-baiknya bulan. Saking istimewanya, bulan ramadhan sendiri disebut juga seribu bulan.

Keistimewaan bulan Ramadhan ini juga salah satunya doa yang selalu dikabulkan. Berikut adalah waktu-waktunya doa selalu diijabah Allah saat bulan Ramadhan.

1. Di Waktu Sahur atau di Sepertiga Malam Terakhir

Dari Abu Hurairah ra, rasulullah bersabda, “Rabb kita tabaraka wa ta’ala turun ke langit dunia ketika tersisa sepertiga malam terakhir.”

Ibnu Hajar juga menjelaskan hadist tersebut dengan berkata, “ Doa dan istigfar di waktu sahurb mudah dikabulkan” (Fath Al-Bari, 3:32). Dengan demikian jangan lupa memanjatkan doa ketika kamu menunaikan shalat tahajud atau saat kamu sedang bersantap sahur ya. Sebab, di waktu tersebut, doa-doamu akan terkabul.

2. Saat Berpuasa

Masih dari Abu Hurairah ra, Rasulullah bersabda, “ada tiga orang yang doanya tidak bertolak; orang yang berpuasa sampai ia berbuka, pemimpin yang adil, dan doa orang yang dizalimi,” (HR. Ahmad 2:305).

Syaikh Syu’aib AL Arnauth menyatakan bahwa hadist ini shahih dengan berbagai jalan dan penguatnya. Tuh, daripada kamu nggak ngapa-ngapaain saat berpuasa, mending berdoa kan sebanyak-banyaknya. Siapa tahu rezekimu yang selama ini seret menjadi lancar, jodohmu yang selama ini masih jauh di dekatkan.

3. Saat Berbuka

Baca Juga
5 Kebiasaan Kecil ini Bisa Menimbulkan Perselingkuhan, Lho!
5 Tips Mudah Atasi Perut Buncit
Oops! Standar Kecantikan di Indonesia ini Ternyata Dianggap Norak Oleh Orang Barat

Dalam Tuhfah Al-Ahwazi (7:278) disebutkan bahwa kenapa doa mudah dikabulkan saat berbuka puasa, yaitu; karena pada saat itu orang yang berpuasa telah menyelesaikan ibadahnya dalam keadaan tunduk dan merendahkan diri. Jadi, saat kamu berbuka jangan sibuk menyantap makanan untuk mengenyangkan perut saja ya. Namun juga, berdoa dan berdoa.

Itulah ketiga waktu mustajab terkabulnya doa di bulan ramadan. Allah tahu kok keinginanmu itu banyak dan mungkin tak terhingga. Jadi jadikan Ramadan tahun ini sebagai momentum yang tepat untuk mendekatkan diri kepada-Nya. Jika kamu berserah diri dan berkenan berdoa kepada Allah, niscaya Allah juga berkenan mendengar dan mengabulkan segala doa dan pintamu tanpa terkecuali. (Dil)

(Sumber: Malang Today)