Jerawat

MANAberita.com — MUNGKIN tanpa disadari, jerawat pada wajah timbul akibat kebiasan-kebiasan buruk sebelum tidur. Kebiasan itu kadang dianggap sepele padahal berdampak pada wajah. Nah, dilansir dari vemale.com, berikut lima kebiasaan yang mulai sekarang harus dihindari agar wajah tak berjerawat.

1. Menggunakan Hand Cream Sebelum Tidur

Mungkin saat ini kamu sedang bertanya-tanya, apa hubungannya hand cream dengan jerawat? Ternyata, beberapa orang kerap menyenderkan wajahnya pada tangan saat tidur. Sedangkan, bahan kandungan yang terdapat di dalam hand cream tentu diformulasikan khusus hanya untuk tangan, bahkan kerap mengandung fragrance atau pewangi yang berpotensi menyebabkan iritasi dan masalah pada kulit. Oleh karena itu, jika kamu memiliki kebiasaan untuk menggunakan hand cream atau body lotion di area tangan sebelum tidur dan kerap menggunakan tangan sebagai ‘bantal’, jangan heran jika ada jerawat yang timbul setelah tidur.

2. Sarung Bantal yang Kotor

Alasan yang satu ini sepertinya sudah tidak perlu dijelaskan lagi, ya. Jika kamu sudah tidak mengganti seprai dan sarung bantal selama 1 bulan, tentu saja berbagai kotoran, bakteri, debu, dan minyak akan bersarang. Alhasil, saat kamu bersandar di atasnya, kotoran-kotoran tersebut pun akan turut menempel pada wajah dan menyebabkan jerawat. Oleh karena itu, pastikan kamu selalu mengganti seprai dan sarung bantal secara berkala, ya! Paling tidak 2 minggu sekali, sehingga kotoran dan debu pun tidak akan menumpuk pada kasur dan menyebabkan jerawat.

3. Makan di Kasur atau Makan Sebelum Tidur

Sedikit berkaitan dengan poin di atas, jika kamu memiliki kebiasaan makan di kasur, remah-remah makanan yang tertinggal dapat membuat kasur kamu cepat kotor. Ujung-ujungnya, wajah kamu akan rentan dengan kehadiran jerawat lagi, deh! Selain kebiasaan makan di kasur, kebiasaan makan sebelum tidur pun dapat menjadi penyebab jerawat yang tidak kamu sadari, lho. Jika kamu makan tepat sebelum tidur, bukan tidak mungkin akan ada sisa-sisa makanan yang menempel pada sekitar area mulut, kan? Sisa-sisa makanan ini dapat menempel pada sarung bantal, kemudian kembali menempel pada area wajah kamu. Duh! Untuk menghindari terjadinya jerawat, lebih baik kurangi kebiasaan ini, yuk!

4. Tidur dengan Rambut Kotor

Baca Juga
Tak Hanya Untuk Maskeran, Inilah Manfaat Tersembunyi Air Mawar Untuk Wajah
Sering Dianggap Menjijikan, Inilah Fakta Mengenai Ngiler Saat Tidur
Tanda-Tanda si Dia Tak Lagi Perhatian Terhadapmu

Jika sebelum pulang ke rumah kamu berkendara dengan sepeda motor tanpa menggunakan helm, lalu kamu langsung tidur tanpa keramas terlebih dahulu, tentu saja kotoran dan polusi yang menempel pada rambut dapat ikut menempel pada wajah. Hii! Terbayang kan bagaimana kotornya rambut kamu setelah berkutat dengan macetnya jalanan? Sedangkan, kamu sudah bersusah-payah membersihkan wajah dengan berbagai produk. Untuk menghindari menempelnya kotoran pada rambut ke wajah, usahakan untuk keramas secara rutin, atau ikat longgar rambut kamu agar tidak ‘ke mana-mana’ dan menempel pada wajah.

5. Penggunaan Deterjen yang Berlebihan

Untuk mencegah terjadinya jerawat, mencuci sprei dan sarung bantal secara berkala memang sudah menjadi kewajiban. Namun, jangan sampai kamu ‘terlalu bersemangat’ dan malah menggunakan deterjen banyak-banyak, ya! Penggunaan deterjen yang berlebihan dapat meninggalkan residu pada kain, yang bukan hanya dapat menyebabkan jerawat, namun dapat menyebabkan iritasi jika kamu memiliki kulit yang sensitif, lho! Hal yang sama juga berlaku pada pelembut kain maupun pemutih, ya. (Dil)