Ular makan manusia

MANAberita.com — USAI viralnya kasus Wa Tiba (54) wanita asal Sulawesi yang dimakan ular piton membuat banyak orang menjadi waspada dengan ular tak berbisa itu.

Rupanya, Wa Tiba bukan satu-satunya korban. Pada tahun 2017 lalu, seorang petani yang juga asal Sulawesi bernama Akbar pun tewas dimakan piton.

Hal ini menjadi pertanyaan kenapa ular piton di Sulawesi kerap memangsa manusia. Pertanyaan ini akhirnya terjawab lewat artikel yang kami lansir dari Wowmenariknya.

1. Ularnya sangat kelaparan

Menurut para ahli, ketika seekor ular piton sedang dalam fase kelaparan dan mereka tak kunjung mendapatkan mangsa, mereka bisa jadi sangat agresif dan bisa menyerang siapa saja yang ada di dekatnya, termasuk manusia. Mereka akan menyerang mangsanya yang memiliki ukuran tubuh yang dikira mampu mengenyangkan perutnya.

2. Kerusakan habitat

Kerusakan habitat bisa mengurangi makanan ular piton yang membuat reptil ini kesulitan dalam mencari mangsa. Kemudian mereka akan mendekati pemukiman penduduk untuk mencari makanan. Padahal sebenarnya ular piton tidak akan berani mendekati pemukiman jika mereka masih mudah mencari mangsa. Hal itu dilakukan karena terpaksa.

3. Melindungi diri

Ada dua kemungkinan ketika peristiwa semacam ini terjadi, bisa saja karena ular piton memang benar-benar kelaparan hingga berani menyerang manusia, atau bisa juga karena mereka mencoba melindungi diri dari serangan manusia.

Baca Juga
Masih Dibawah Umur, Pelaku Pengeroyok Haringga Sirla Diperlakukan Khusus Oleh Polisi
Beginilah Cara Usir Kecoa, Lalat dan Serangga Mengganggu Lainnya di Rumah
Tak Sadar Sudah Digigit Ular, Ibu Ini Susui Anaknya Alhasil Dua-duanya Langsung Tewas

Pada dasarnya ular takut pada manusia, namun mereka akan bertindak agresif jika merasa dirinya terancam. Mereka akan menyerang dalam upaya mempertahankan diri.

4. Ular piton Sulawesi besar-besar

Disebutkan kalau ular piton di Sulawesi berjenis reticulatus atau sanca kembang. Ular jenis memiliki ukuran tubuh terpanjang di dunia. Ukuran terbesarnya dikatakan dapat mencapai 8,5 meter. Karena memiliki ukuran tubuh yang besar, ular piton ini mampu meremukan tubuh orang dewasa dengan mudah kemudian memakannya bulat-bulat. (Dil)