Operasi caesar

MANAberita.com — BANYAK orang yang berpendapat bahwa melahirkan dengan caesar atau C-section adalah jalan keluar yang lebih mudah. Alasannya karena ibu tidak harus menanggung rasa sakit persalinan.

Tapi periode pemulihan yang panjang, yang berlangsung hingga berbulan-bulan bisa dibilang lebih menyakitkan dan melelahkan. Anda harus merawat bayi, menyusui, dan menggendongnya, bahkan ketika luka bekas operasi Anda belum pulih.

Namun, operasi caesar kadang harus menjadi pilihan, karena kondisi ibu yang tidak memungkinkan melahirkan secara normal. Bagi Anda yang telah melahirkan melalui prosedur ini, maupun Anda yang berencana menempuh cara ini, berikut beberapa hal yang perlu Anda ketahui:

Yang Anda alami selama operasi

1. Gemetar

Selama operasi caesar, Anda mungkin akan diberikan injeksi tulang belakang. Ini dapat menyebabkan gemetar di seluruh tubuh Anda. Hal ini tidak dapat dikontrol dan karenanya disebut tanpa sadar. Ini bisa menjadi sensasi yang sangat aneh. Tetapi ingat bahwa itu cukup normal dan akan hilang dalam beberapa jam.

2. Mati rasa

Satu-satunya hal yang baik tentang operasi caesar adalah Anda tidak akan merasakan apa pun saat bayi Anda dilahirkan. Anda akan mati rasa dari pinggang ke bawah dan ini akan berlangsung selama beberapa jam setelah operasi. Tetapi Anda mungkin merasakan sensasi atau perasaan didorong atau ditarik, saat bayi dikeluarkan dari perut. Jangan khawatir dengan itu.

3. Dingin

Anda juga mungkin merasa sangat dingin selama prosedur. Banyak ibu yang menjalani bedah Caesar mengeluh kedinginan saat pembedahan dilakukan. Ini bisa disebabkan oleh suhu ruang operasi atau fakta bahwa ibu itu mati rasa di separuh tubuhnya. Ini juga bisa disebabkan karena ibu harus telanjang selama 30 menit, saat prosedur berlangsung. Jika Anda merasakan hal yang sama, jangan ragu untuk meminta tambahan selimut.

4. Masalah pada miss V

Anda mungkin berpikir bahwa caesar tidak akan mempengaruhi bagian pribadi Anda. Anda salah! Setelah C-section, vagina Anda akan mengalami pembersihan dan mengering; sekali atau dua kali, sesuai kebutuhan. Anda juga akan memakai kateter untuk membantu Anda buang air kecil selama beberapa hari setelah kelahiran anak.

Yang Anda alami pasca operasi

1. Nifas

Ini yang banyak disalahpahami. Melahirkan dengan caesar bukan berarti Anda tidak mengalami masa nifas. Anda tetap akan mengeluarkan darah selama 6 minggu, sebagai proses pembersihan rahim. Lapisan uterus juga akan ditumpahkan

2. Gerakan usus keras dan nyeri

Setelah menjalani caesar, buang air akan menjadi hal yang sulit dan menyakitkan. Sembelit dapat terjadi setelah kelahiran anak dan luka bedah caesar akan menyulitkannya. Ingatlah untuk minum banyak air. Juga, lakukan jalan-jalan kecil segera setelah Anda diizinkan oleh dokter.

3. Batuk atau bersin akan menyakitkan

Batuk yang tiba-tiba atau bersin dapat menyebabkan rasa sakit yang luar biasa. Salah satu trik untuk membantu Anda adalah dengan memegang bantal dengan kuat tapi lembut di daerah sayatan Anda saat Anda bersin atau batuk. Rasa sakit akan reda setelah beberapa minggu.

4. Bekas luka

Wanita yang melahirkan dengan caesar akan memiliki bekas luka selama sisa hidup mereka. Tapi pada kebanyakan wanita, bekas luka tersebut tidak akan begitu menonjol.

5. Harus berolahraga

Meskipun Anda tidak bisa melakukan banyak hal pada awalnya tapi sesegera mungkin, cobalah bergerak sedikit. Ini akan membantu mencegah pembekuan darah. Dengan begini, Anda juga tidak akan memiliki banyak masalah dengan gas.

Tips untuk pemulihan

– Istirahat yang cukup

– Manjakan diri sendiri

– Jangan angkat barang yang berat

– Jaga kesehatan mental

– Jangan gunakan pil penahan rasa sakit yang dijual bebas, lebih-lebih ketika Anda sedang menyusui.

Baca Juga
Ieeuuh, Ternyata 10 Benda Paling Jorok ini Berada di Restoran Favoritmu! Salah Satunya Buku Menu!
Cara Sederhana ini Ternyata Dapat Melangsingkan Tubuh
Payudaramu Kendur? Kencangkan Kembali Dengan Cara Sederhana ini

– Konsumsi makanan bergizi

– Minum banyak air. (Dil)

(Sumber: Rakyatku)