Stres

MANAberita.com — PADA umumnya, stres dipicu oleh banyak sebab. Mulai dari masalah pekerjaan, asmara, keuangan, hingga rumah tangga. Apa pun penyebabnya, stres yang berlebih atau stres berat membahayakan kesehatan mental.

Orang yang stres lebih rentan terkena berbagai masalah kesehatan. Tak jarang, niat untuk mengakhiri hidup pun muncul begitu saja karena tak kuat dengan tekanan yang ada. Apa saja tanda stres berat? Dikutip dari beberapa sumber, berikut uraiannya:

1. Tubuh mudah lelah Terlalu banyak pikiran dapat membuat tubuh mudah lelah. Ketika Anda berpikir keras, tubuh akan menguras tenaga lebih banyak. Inilah mengapa Anda akan merasa mudah lelah meski telah beristirahat dengan cukup.

Hal ini pun terlihat dengan jelas saat Anda melakukan kegiatan ringan. Di mana Anda akan mengalami rasa lelah yang hebat layaknya telah melakukan aktivitas berat.

2. Rentan terserang penyakit Saat stres, tubuh akan aktif mengeluarkan hormon kortisol. Hormon ini sangat penting bagi sistem kekebalan tubuh.

Ketika Anda berada dalam kondisi tertekan, hormon kortisol akan terganggu. Hal ini menyebabkan sistem imun menurun. Alhasil, tubuh Anda pun rentan terkena penyakit seperti terkena batuk, pilek, dan demam.

3. Mood swings Salah satu tanda Anda mengalami stres berat adalah mudah berganti suasana hati. Nyatanya, mood swings tidak hanya terjadi pada wanita PMS saja, Anda yang tengah tertekan pun tak dapat terhindar dari hal ini.

4. Pelupa Terlalu banyak pikiran menyebabkan Anda sulit berkonsentrasi. Hal ini semakin diperparah dengan tubuh yang lemah dan suasana hati buruk. Dampaknya, kinerja otak pun akan terganggu. Tak heran jika dalam kondisi stres berat Anda akan mudah lupa.

Baca Juga
Selain Enak Jadi Lalapan, Inilah Manfaat Daun Kemangi Untuk Kulit
Makan Sendirian Tak Baik untuk Kesehatan, Ini Alasannya
Hamil Besar, Latifah Nekat Coba Bunuh Diri Terjun dari Jembatan Penyeberangan, Ada Apa???

5. Insomnia Pernahkah Anda mengalami kesulitan tidur padahal mata Anda terasa perih dan tubuh dalam kondisi sangat lelah? Bisa jadi Anda tengah stres berat. Terlalu banyak pikiran sangat menguras tenaga, membuat tubuh Anda lemah, dan metabolisme terganggu.

Dapat Anda bayangkan, apa yang akan terjadi bila metabolisme tubuh tidak berjalan lancar? Anda rentan terkena sakit kepala berkepanjangan, gangguan pencernaan, wajah kusam dan berjerawat serta insomnia. (Dil)

(Sumber: Kabar6.com)