Daun pandan

MANAberita.com — PANDAN? hmm, si hijau yang berbau wangi. Tak banyak yang tahu jika pandan memiliki banyak manfaat tak terduga. Tidak percaya? Lirik artikel ini.

1. Menurunkan Tekanan Darah Tinggi

Jika anda mendapati tanda-tanda gejala hipertensi, sebaiknya segera diatasi. Anda hanya perlu merebus dua lembar daun pandan dengan dua gelas air, biarkan mendidih hingga tersisa satu gelas. Minum dua kali sehari sampai tekanan darah Anda kembali normal

2. Menurunkan Kolesterol

Selain menurunkan tekanan darah tinggi, mengkonsumsi rebusan daun pandan wangi akan menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh.

3. Meringankan gejala rematik

Ambilah daun pandan yaang masih segar dua atau tiga lembar. Kemudian cuci dan iris kecil-kecil. Siapkan setengah cangkir minyak kelapa yang telah dipanaskan dan sedu daun pandan dengan minyak tersebut. Aduk sampai rata, kemudian setelah dingin dapat digunakan sebagai minyak gosok pada bagian tubuh yang sakit.

4. Sebagai obat penenang

Jika kesulitan tidur, anda bisa memanfaatkan daun pandan. Kandungan zat taninnya memberikan efek ketenangan seperti pada manfaat coklat, sehingga dapat membantu cepat tidur. Caranya, ambillah daun pandan sebanyak dua lembar, cuci dan iris kecil-kecil. Seduh dengan segelas air panas, kemudian saring. Tunggulah hingga dingin dan minumlah sekaligus.

5. Menambah Nafsu Makan

Untuk mengembalikan nafsu makan, Anda bisa membuat teh rebusan daun pandan wangi. Caranya, rebus daun pandan dengan air. Setelah mendidih, tuang air rebusan daun pandan ke dalam sebuah gelas, lalu tambahkan madu atau gula secukupnya. Teh pandan hangat yang nikmat akan segera mengembalikan selera makan Anda. Selain menambah nafsu makan, wangi dari teh rebusan daun pandan sangatlah menggoda.

6. Mengobati Panu

Tidak hanya mengganggu penampilan, panu juga bisa membuat tidak nyaman akibat rasa gatal yang ditimbulkan. Untuk mengatasi panu, Anda perlu terlebih dahulu menghaluskan daun pandan. Setelah itu, peras airnya, lalu beri garam secukupnya. Minum satu kali sehari selama tiga hari.

7. Menurunkan Demam

Demam bisa menyerang siapa saja, orang dewasa hingga anak-anak. Demam biasanya menjadi pertanda bahwa tubuh sedang melawan infeksi. Orang yang demam akan mengalami peningkatan suhu tubuh sehingga menyebabkan rasa tidak nyaman. Untuk menurunkan demam, Anda bisa meminum air seduhan daun pandan. Setelah itu, panas tubuh Anda akan segera turun dengan perlahan.

8. Mencegah Kanker

Tanpa kita sadari, sembarangan mengkonsumsi makanan bisa menyebabkan tubuh menyimpan racun-racun berbahaya. Meminum teh daun pandan bisa membantu tubuh mengeluarkan racun-racun itu. Selain itu, teh pandan wangi juga ampuh menghambat zat karsinogen yang menjadi penyebab utama penyakit kanker.

9. Mengatasi sembelit

Sembelit merupakan tanda kurangnya serat atau cairan tubuh. Konsumsi jus daun pandan saat pagi dan malam hari dapat mengobatinya.

Tak cuma jus, tehnya juga berkhasiat baik bagi kesehatan.Caranya rebus beberapa lembar daun pandan dan minum air rebusan selagi hangat.

10. Mengatasi Kram perut

Masalah perut seperti kram bisa diatasi dengan mengkonsumsi jus atau teh pandan. Tanaman ini baik untuk masalah pencernaan.

11. Menetralkan racun

Tidak hanya air kelapa hijau yang mampu menghilangkan atau menetralkan racun, tapi teh daun pandan juga bisa. Tak cuma menetralkan tapi membantu melepaskan racun dan kotoran dari tubuh.

12. Menghilangkan ketombe

Membilas rambut dan kulit kepala dengan air pandan membantu mengurangi ketombe dan menyuburkan rambut.

13.Mengatasi Kerontokan Rambut

Untuk mengatasinya, Anda bisa menumbuk daun pandan, lalu mengoleskannya secara merata di area kepala. Setelah itu, bilas sampai bersih. Lakukan kegiatan tersebut setiap pagi. Akar rambut Anda akan menjadi kuat dan tidak mudah rontok lagi.

14. Mengobati lemah saraf

Ambil 3 lembar daun pandanwangi, cuci bersih kemudian dipotong-potong. Rebus dengan 3 gelas air hingga tersisa 2 gelas saja. Setelah dingin, minum ramuan tersebut 2 kali sehari tiap pagi dan sore, masing-masing satu gelas setiap kali minum.

15. Mengobati pegal linu

Pegal linu biasa dialami siapa saja, untuk mengatasinya anda bisa memanfaatkan daun pandan. Caranya, sediakan 5 lembar daun pandan segar dan 20 lembar daun serai. Cuci bersih kemudian ditumbuk hingga halus. Tambahkan 1 sendok makan minyak kayu putih dan minyak gandapura kemudian aduk hingga rata. Gunakan ramuan tersebut untuk menggosok dan mengurut bagian tubuh yang sakit.

16. Mengatasi lemah syahwat

Selain digunakan sebagai obat lemah saraf, pandan wangi juga berkhasiat untuk mengobati lemah syahwat pada pria. Ambil 3 lembar daun pandan wangi, cuci bersih dan potong kecil-kecil. Rebus dengan 4 gelas air hingga tersisa 2 gelas. Mibum ramuan tersebut dua kali sehari, tiap pagi dan sore masing-masing 1 gelas setiap kali minum. Lakukan secara teratur.

17. Menghitamkan rambut

Rambut hitam mengkilat adalah idaman banyak wanita. Daun pandan bisa membantu anda. Ambil 7 lembar daun pandan, cuci bersih dan potong-potong kecil. Rebus dengan 1 liter air, hingga airnya berwarna hijau. Embunkan air rebusan tadi selama semalaman. Keesokan harinya, campurkan air rebusan daun pandan tersebut dengan perasan air 3 buah mengkudu yang sudah masak. Gunakan ramuan tersebut untuk keramas. Lakukan scara rutin 3 kali seminggu dan lihat hasilnya.

18. Pereda Nyeri

Mengkonsumsi seduhan atau rebusan daun pandan juga bermanfaat sebagai pereda nyeri. Hal ini dikarenakan daun pandan memiliki sifat pencahar yang dapat bertindak sebagai pereda pnyeri dari sakit kepala, sakit telinga, nyari dada, dan juga arthritis.

19. Mengatasi Jerawat

Perawatan tradisional memang memakan waktu lebih lama dibandingkan perawatan medis. Namun jika anda tekun, anda pun dapat mengurangi jerawat dengan masker pandan ini.

Bahan : daun pandan, 1/2 sdt madu, pisang, 1/4 minyak zaitun (Extra Virgin Oil Oil), dan 1/2 jeruk nipis.

Cara pembuatan : Peras daun pandan sampai dengan menghasilkan 1/2 sdt air perasannya. Haluskan pisang sampai menjadi bubur. Peras jeruk nipis. Campurkan air perasan daun pandan dengan madu murni. Aduk sampai kedua bahan tercampur rata. Tambahkan bubur pisang dengan air perasan jeruk nipis. Diamkan selama kurang lebih 5 menit, lalu masukan minyak zaitun (EVOO) ke dalam campuran yang telah dibuat.

Cara penggunaan : Anda dapat menggunakan campuran air perasan daun pandan di atas sebagai masker untuk mengatasi jerawat. Anda dapat menggunakan masker ini pada bagian mata dan leher. Hasil terbaik akan anda dapat jika menggunakan masker ini secara rutin 2 kali seminggu.

20. Mengatasi Flek Hitam di Wajah

Masker pandan di atas juga berkhasiat menghilangkan flek hitam membandel di wajah melalui penggunaan rutin dan teratur.

21. Mengatasi komedo yang membandel

Komedo baik yang berupa white heads maupun black heads yang biasanya ada di daerah hidung dan dagu tentu saja sangat mengganggu penampilan anda. Dengan menggunakan bahan alami yang berasal dari daun pandan berikut, anda dapat menghemat uang untuk pergi facial ke salon.

Bahan : daun pandan, jeruk nipis, dan madu.

Jeruk nipis dapat pula diganti dengan jeruk lemon. Manfaat jeruk lemon untuk wajah ialah dapat digunakan untuk mengatasi kulit yang berminyak, berjerawat, dan kusam.

Cara pembuatan : Peras daun pandan sampai anda mendapatkan air perasannya. Campur air perasan daun pandan ini dengan air perasan jeruk nipis dan madu. Aduk semua bahan sampai merata.

Cara penggunaan : Aplikasikan bahan yang telah dibuat pada bagian yang memiliki banyak komedo, misalnya daerah hidung dan dagu. Biarkan campuran itu selama kurang lebih 15 menit. Bersihkan dengan menggunakan air.

22. Menenangkan dan mengurangi stres

Jika diminum, daun pandan akan mampu memberikan efek menenangkan dan mengurangi stres. Seperti yang kita tahu, stres merupakan salah satu faktor yang mempengaruhi penuaan dini. Penuaan dini tentu saja akan mengurangi kecantikan wajah. Berikut resep minuman yang memanfaatkan efek daun pandan untuk menenangkan dan mengurangi stres :

Bahan : 4 daun pandan yang diikat menjadi satu, 5 butir kapulaga, 1 ruas jahe, dan 2 sdm gula aren.

Cara pembuatan : Panaskan 3 gelas air hingga mendidih. Setelah mendidih masukan daun pandan yang telah diikat, kapulaga, dan jahe. Panaskan pada suhu medium selama kurang lebih 10 menit. Masukan gula aren sesuai dengan selera anda.

23. Mencegah Penuaan Dini

Daun pandan memiliki kandungan antioksidan yang bisa mencegah penuaan dini. Anda bisa membuat masker daun pandan untuk mencegah penuaan dini. Caranya: Ambillah 7-15 lembar daun pandan, blender halus, dan tuangkan ke dalam mangkok.

Campurlah pasta pandan tersebut dengan 1 sdm madu, 1 sdm minyak zaitun, 1 butir putih telur dan tepung beras ketan secukupnya. Aduk adonan pasta hingga merata. Dan gunakan di wajah.

24. Menghilangkan Bau tidak sedap pada Miss V

Manfaat daun pandan untuk miss v ini didapat untuk menghilangkan bau tidak sedap yang kerap timbul pada bagian kewanitaan anda.

Caranya cukup mudah, anda tinggal menumbuk halus daun pandan yang telah dibersihkan, setelah itu beri sedikit air matang dan peras hingga airnya terpisah dari ampas daun pandan. Ambil air perasan daun pandan dan tambahkan dengan satu sendok madu murni. Minum ramuan tersebut secara rutin setiap malam sebelum tidur selama dua minggu berturut turut untuk memperoleh hasil yang maksimal dalam membantu menghilangkan bau tidak sedap pada bagian kewanitaan anda.

Baca Juga
Demi Cinta, Orang-Orang ini Nekat Lakukan Aksi Gila Dan di Luar Akal Sehat
Daripada Beli, Yuk Buat Sendiri Pasir Ajaib Untuk Mainan Anak
Nah Loh! Bukannya Cantik, Produk Makeup ini Justru Bisa Mendatangkan Komedo

Manfaat ini diperoleh berkat adanya kandungan zat eugenol dan minyak atsiri yang ada pada daun pandan sehingga berkhasiat menghilangkan bau tidak sedap dari miss V yang terkadang sangat menggangu kepercayaan diri dari seorang wanita.

25. Mengobati asam urat

Selanjutnya, terdapat manfaat daun pandan untuk asam urat berkat beberapa kandungan zat dan senyawa yang terdapat dalam daun pandan. Mengkonsumsi teh rebusan daun pandan juga bermanfaat mengobati asam urat. (Dil)