Ada Noda Gelap Disekitar Bibirmu? Atasi Dengan Cara Sederhana ini

MANAberita.com — BIBIR adalah salah satu bagian tubuh manusia yang memiliki daya tarik. Karena menyimpan daya tarik, setiap orang ingin memiliki bibir yang sehat dan juga berwarna merah alami. Tapi apa jadinya, jika ada noda gelap di sekitar area bibir Anda? Tentu hal ini akan mengurangi rasa percaya diri Anda. Lalu, apa yang harus dilakukan untuk mengatasi hal ini?

Untuk diketahui, noda gelap ini disebabkan oleh hiperpigmentasi atau masalah hormon. Namun dalam beberapa kasus, noda gelap ini juga disebabkan oleh kondisi medis. Oleh karena itu, konsultasikan terlebih dahulu hal ini ke dokter untuk mendapatkan pengobatan yang sesuai.

Seperti dikutip dari Boldsky berikut ini adalah beberapa cara alami yang bisa Anda gunakan untuk mengatasi area gelap di sekitar bibir, diantaranya:

Lemon & Madu

Buatlah kombinasi 1 jus lemon dan 1 sdt madu. Campurkan bahan-bahan ini kemudian oleskan di sekitar mulut Anda. Diamkan 10 hingga15 menit, setelah itu bilas dengan air hangat. Lap kering dan lakukan hal ini seminggu sekali.

Oatmeal

Ambil 1 sdt oatmeal dan campurkan dengan sedikit air. Aplikasikan scrub ini untuk mengangkat kulit kering dan biarkan selama 15 menit untuk mencerahkan area gelap di sekitar bibir Anda. Gunakan resep ini selama dua atau tiga kali dalam seminggu untuk hasil yang terbaik.

Jus tomat

Tomat adalah salah satu bahan pemutih alami terbaik yang dapat Anda gunakan untuk menghilangkan bintik hitam di sekitar bibir. Oleskan jus tomat secara lembut di sekitar mulut disertai dengan pijatan ringan. Biarkan mengering selama 15 menit kemudian bilas dengan air dingin.

Kentang

Jika Anda memiliki kulit sensitif, kentang adalah salah bahan terbaik yang bisa Anda gunakan. Kupas kentang lalu tempelkan di area kulit yang gelap. Cara lain yang bisa Anda gunakan adalah dengan memotong kentang menjadi dua bagian dan gunakan lapisan bagian dalam untuk memijat daerah yang gelap.

Kunyit dan cendana

Campurkan 1 sdt bubuk cendana dan segenggam kunyit. Tambahkan air mawar ke dalam campuran ini untuk membuat pasta yang kental. Oleskan pasta ini pada bagian gelap di sekitar mulut Anda. Biarkan selama 30 menit sampai kering dan cuci dengan air dingin. Pasta ini bekerja dengan efektif menyingkirkan bercak gelap di sekitar bibir dan dagu.

Untuk diketahui, noda hitam di area sekitar wajah dapat pula timbul akibat hal lain seperti:

-Lentigo (munculnya bercak kecokelatan pada tubuh).

– Paparan sinar matahari.

– Penyakit endokrin atau gangguan hormon.

– Iritasi kulit akibat gesekan terus-menerus.

– Melasma (munculnya bercak-bercak hitam pada dagu, dahi, batang hidung, leher, daerah atas bibir, lengan, dan pipi).

Pada sebagian besar kasus, noda hitam pada wajah dapat hilang dengan sendirinya, namun memang dibutuhkan jangka waktu yang lama untuk menyamarkan noda hitam yang timbul. Oleh karena itu, penggunaan krim pencerah kulit yang mengandung asam kojic, arbutin atau vitamin C dipercaya dapat membantu menyamarkan noda hitam.

Baca Juga
Jangan Dibuang, Beginilah Memanfaatkan Sikat Gigi Bekas
6 Kesalahan yang Sering Dilakukan Wanita Saat Menstruasi, Kamu Pasti Pernah Melakukannya!
Cantikan Kulitmu Pakai Air Mawar, Caranya Gampang Banget

Namun jika noda hitam sulit hilang dan sudah terasa mengganggu, maka tidak ada salahnya Anda menemui dokter spesialis kulit agar dapat ditangani lebih lanjut. Dokter mungkin dapat menganjurkan penggunaan krim khusus yang diresepkan, misalnya yang mengandung derivat vitamin A.

Selain itu prosedur khusus seperti chemical peeling (pengolesan cairan kimia khusus untuk mengelupaskan kulit wajah) atau perawatan laser mungkin dapat disarankan oleh dokter jika diperlukan untuk mengatasi masalah noda hitam di wajah. (Dil)

(Sumber: Dokter Sehat)