Meruqyah diri sendiri

MANAberita.com — DARIPADA tubuh kita dihuni oleh jin hingga membuat malas menjalankan perintah Allah, sebaiknya ruqya saja dirimu.

Malu pergi ke tempat ruqya? Tak apa, masih ada ruqya mandiri atau meruqya diri sendiri. Bagaimana caranya? Yuk simak ulasan yang dilansir dari Fajar Online.

Cara Meruqyah Diri Sendiri

Waktu yang tepat untuk melakukan ruqyah

Ruqyah untuk diri sendiri dapat dilakukan setiap hari selepas salat subuh atau tahajjud karena ketika itu suasana sedang sepi sehingga bisa lebih khusuk. Ruqyah untuk diri sendiri sangat bermanfaat karena selain dapat menjaga diri dari gangguan jin juga dapat membuat hati menjadi lebih tenang. Ketenangan yang didapat dari ruqyah karena ayat yang dibaca semuanya berujung pada kepasrahan diri dan mengakui ke-Esa-an Allah.

7 Ayat yang dibaca ketika ruqyah

Adapun ayat yang dibaca ketika ruqyah adalah:

Surah Al – Fatihah 1 kali

Seperti yang kita tahu bahwa surah Al Fatihah adalah surah yang agung dan paling utama dimana setiap salat kita mengulang-ulang bacaanya. Dalam surah ini berisi pujian kepada Allah sebagai zat yang agung dan permintaan untuk diberikan jalan yang lurus agar selamat di akhirat nantinya.

Surah Al-baqarah 5 ayat pertama

Al baqarah artinya sapi betina ini sesuai dengan kisah dari surat tersebut yang menceritakan tentang sapi betina untuk dikurbankan pada masa Nabi Musa a.s. Namun jika diringkas surah al baqarah memiliki tiga keutamaan yaitu sebagai penjagaan diri, pengusiran dari gangguan jina serta penyembuhan terhadap penyakit yang tidak kasad mata.

Sesuai dengan hadist riwayat Muslim yang artinya : “Janganlah kalian menjadikan rumah laksanan kuburan, karena sesungguhnya syetan akan lari dari rumah yang di dalamnya dibacakan surah al baqarah”.

Ayat kursi 1 kali

Ayat kursi merupakan bagian dari surah al baqarah. Ayat kursi memiliki keutamaan yang tidak kalah penting seperti yang dikatakan rasulullah dalam hadisnya “Di dalam surah al baqarah ada ayat yang dinamakan penghulu Al qur-an, yakni ayat kursi. Tidaklah ayat itu dibaca dalam rumah yang ada syetannya kecuali syetan itu akan keluar darinya” (HR Hakim).

Ayat yang terakhir dari surah Al-baqarah

Sebagai penjagaan diri dari gangguan jin maka dua surah terakhir dari al baqarah bisa menjadi tameng yang kuat. Hal ini mengacu kepada hadis Rasul yang mengatakan bahwa “Barangsiapa yang membaca dua surah terakhir dari al baqarah dimalam hari, maka cukuplah baginya untuk melindungi diri dari marabahaya” (HR Bukhari – Muslim).

Surah Al-ikhlas 3 kali

Jika dilihat dari artinya, surah al ikhlas merupakan bukti pengakuan seorang hamba terhadap ke-Esa-an Allah. Hanya Dia yang satu dan layak disembah. Surah al ikhlas ini sebanding dengan sepertiga dari al qur’an.

Surah Al-Falaq 1 kali

Surah Al Falaq mampu melindungi diri dari gangguan jin baik jin laki-laki maupun perempuan. Dikisahkan pada zaman rasul dahulu ada seorang sahabat yang diajarkan oleh rasulullah tentang surah yang luar biasa manfaatnya, surah itu adalah Al falaq dan An-Nas.

Surah An-Nas 1 kali

Baca Juga
Kenali Gejala Kanker Kulit Yang Gak Bisa Dianggap Remeh
Jika Bertemu Anak Kembar, Jangan Pernah Lakukan ini!
Ciye!! Ini Nih Tandanya Kalo si Dia Suka Kamu

Surah An-Nas selalu dibaca bersamaan dengan surah Al Ikhlas dan Al Falaq ini bukan berarti tidak memiliki makna. Membaca ketiga surah ini fadilahnya sama dengan mengkhatamkan Al qur’an. Adapun keutamaan surah An-Nas adalah menceritakan tentang manusia. Isi surah ini menganjurkan manusia untuk memohon perlindungan kepada Allah baik dari gangguan jin maupun manusia.

Demikianlah kisah dari 7 ayat yang ampuh untuk ruqyah diri sendiri semoga bermanfaat.