Testpack negatif

MANAberita.com — MEMILIKI keturunan tentu menjadi keinginan banyak keluarga. Sayangnya, kehamilan yang dinanti, kerap menjadi hal yang sulit bagi sebagian perempuan. Tentu, ada rasa frustasi, marah, kecewa, lelah, dan sedih yang terkadang muncul di dalam benak mereka.

Berdasarkan data, kasus serupa ditemukan pada setidaknya 12% pasangan berusia produktif di antara 15-44 tahun. Sayangnya kebanyakan pasangan ini tidak tahu persis apa yang melatarbelakangi kondisi mereka. Padahal, jika penyebabnya semakin dibiarkan, semakin jauh pula potensi kehamilan bisa terjadi.

Sepasang suami istri dianggap memiliki gangguan kesuburan ketika sudah 1 tahun berhubungan rutin, tidak menggunakan kontrasepsi, namun sang istri belum juga hamil. Di balik permasalahan ini, ada banyak hal yang mungkin melatarbelakangi. Berikut befren.com jelaskan, hal yang paling sering terjadi adalah berikut ini.

– Adanya endometriosis

Jaringan rahim yang tumbuh di bagian luar rahim sehingga mempengaruhi indung telur, saluran telur, telur, rahim dan juga fungsi sperma. Pada kasus ringan, konsepsi mungkin terjadi karena tidak semua wanita mengalami gangguan kesuburan.

– Berhubungan tidak pada masa subur

Perhitungan waktu yang tepat untuk berhubungan intim adalah salah satu kunci agar wanita cepat hamil. Lakukanlah hubungan ini di saat wanita sedang masa subur.

Di masa ini, sel telur yang telah matang dilepaskan dari indung telur atau ovarium dan siap untuk dibuahi. Bila siklus haid seorang wanita teratur, masa subur dapat diperkirakan terjadi 14 hari menjelang haid berikutnya.

Berhubungan intim pada masa ini sangat berpotensi membuahkan kehamilan yang sudah lama dinantikan. Sayangnya, masa subur hanya berlangsung singkat. Bila masa ini sudah terlewati, sel telur bisa jadi sudah siap luruh bersamaan dengan siklus menstruasi

– Kerusakan Pada Saluran Telur (Tuba)

Penyumbatan atau adanya jaringan perut yang disebabkan karena meradangnya saluran tuba sehingga mempengaruhi kesuburan. Kerusakan tersebut disebabkan karena infeksi penyakit menular seksual teruatama oleh klamidia. Kasus lainnya dapat dikarenakan penyumbatan penyakit karena radang panggung atau pasca operasi kehamilan ektopik.

Wanita sulit mempunyai keturunan dapat dipicu oleh beberapa faktor

– Stres

Jauhilah stres jika Kamu berencana untuk hamil. Pasalnya, stres kronis dapat memicu perubahan hormon yang memengaruhi semua sistem organ. “Dalam beberapa kasus, stres akan menyebabkan seorang perempuan berhenti ovulasi sehingga periode haidnya berubah atau berhenti sama sekali.

– Gangguan sel sperma

Masalah sulit hamil tidak hanya berakar pada pihak wanita, namun juga mungkin disebabkan oleh sang pria. Hal ini terjadi karena sel sperma yang bentuknya tidak normal, pergerakannya bermasalah, jumlahnya kurang atau tidak ada sama sekali. Untuk mengetahuinya, harus dilakukan analisa sperma langsung di labolatorium.

– Asap rokok

Selain kondisi medis, ada banyak faktor lingkungan yang bisa menurunkan kesempatan untuk hamil, salah satunya adalah asap rokok.

Baca Juga
Daripada Ngantuk di Kantor, Sebaiknya Hindari Sarapan dengan Menu ini
Skakmat! Inilah Beberapa Hal yang Ditakuti Pria Terhadap Wanita
Ketika Seorang Wanita Menyerah Padamu, Selamat! Kamu Menghancurkan Segalanya

Terlalu memforsir saat berolahraga
Berolahraga sebenarnya dapat meningkatkan kesuburan sampai taraf tertentu, namun kamu harus melakukannya dengan kadar yang tepat. Terlalu memforsir diri saat berolahraga dapat berdampak buruk pada keseimbangan energi dan siklus reproduksi calon ibu.

Para illmuwan telah menemukan fakta bahwa olahraga dalam waktu lama dan intensitas tinggi setiap hari dapat berpengaruh buruk pada kemampuan seorang wanita untuk hamil. Kuncinya adalah berolahraga secara seimbang untuk mempertahankan kesehatan tubuh calon ibu.

Setiap wanita yang mengalami sulit hamil pasti memiliki penyebab tertentu. Oleh karena itu, bila sudah melakukan hubungan secara rutin tanpa kontrasepsi selama setidaknya 1 tahun dan tidak juga hamil, sebaiknya periksakan diri kamu ke dokter. Bukan hanya sang istri, namun juga pihak suami. Dengan pengobatan intensif sesuai penyebabnya, peluang keberhasilan wanita yang sulit hamil untuk mendapatkan keturunan pun akan dapat ditingkatkan dengan optimal.