Tak Hanya Bayam, 5 Makanan ini Juga Pantang Dipanaskan

MANAberita.com — KITA percaya jika sayur bayam tidak boleh dipanaskan. Hal ini dipicu karena adanya perubahan zat saat sayur bayam dihangatkan.

Rupanya, bukan hanya bayam loh yang dilarang dipanaskan, sayuran berikut ini juga tidak boleh dipanaskan lagi.

Seledri

Makanan enak akan terasa lengkap jika sudah dipenuhi dengan aneka rempah dan daun-daunan seperti seledri ini. Namun, tahukah kamu jika seledri ini sifatnya sama dengan bayam? Seledri yang seringkali menjadi pelengkap aneka makanan lezat ini mengandung nitrat dan jika dipanaskan akan berubah menjadi asam nitrat atau nitrit. Ketika tubuh sudah kebanyakan zat nitrit, maka akan memicu terjadinya methemoglobinemia yaitu kondisi tidak mampunya darah memompa oksigen ke seluruh tubuh disebabkan oleh nitrit yang melakukan reaksi dengan hemoglobin dan zat besi dalam darah. Nah, nitrit ini juga yang bersifat karsinogen dan bisa menjadi pemicu kanker. Selain itu, seledri yang melalui proses pemanasan ulang juga aka terjadi proses oksidasi, yakni proses pengikatan oksigen atau proses penambahan bilangan oksidasi. Maka, Fe2+ pada seledri akan berubah menjadi Fe3+ atau senyawa ferri yang beracun bagi tubuh akibat pemanasan tersebut. Sebaiknya jika hendak memanaskan makanan yang ada seledri, buang terlebih dahulu seledrinya.
Telur

Makanan enak selanjutnya yang bisa diolah menjadi aneka kuliner lezat yang berbahaya jika dipanaskan adalah telur. Makanan yang jadi sumber protein ini memiliki banyak vitamin A, kalsium, vitamin B6, vitamin B12, dan fosfor. Akan tetapi, memanaskan telur dapat memunculkan kandungan racun, khususnya di bagian kuning telur yang dapat menganggu sistem pencernaan.
Brokoli

Kamu pecinta kuliner serba sayuran seperti brokoli? Brokoli ternyata menjadi sayuran selanjutnya yang sifatnya tak jauh beda dengan bayam dan seledri adalah brokoli. Sayuran hijau satu ini memiliki kandungan vitamin A dan C yang sangat baik buat tubuh. Namun, brokoli juga mempunyai kandungan nitrat yang akan berubah menjadi nitrit jika dipanaskan berulang kali sehingga dapat menjadi pemicu kanker.
Kentang

Baca Juga
Ada Benjolan Pada Ketiak Anda? Waspadai 6 Penyakit Berbahaya ini
Jangan Anggap Enteng! Inilah Penyebab Mata Kerap Berair
Istimewanya Bulan Ramadhan, Inilah 3 Waktu yang Doanya Pasti Dikabulkan, Salah Satunya Saat Berbuka Puasa

Kentang ternyata juga tidak boleh dipanaskan lho! Sejatinya kentang banyak mengandung zat besi dan tembaga yang sangat baik untuk nutrisi otak serta memiliki kandungan karbohidrat yang mudah dicerna sehingga baik untuk kesehatan lambung. Namun, ketika kentang kamu panaskan kembali, maka nutrisi di dalamnya akan hilang, terjadi proses oksidasi yang berbahaya juga bagi tubuh jika dikonsumsi hingga bisa menumbuhkan bakteri Clostridium botulinum. Bakteri ini dapat menyebabkan tubuh keracunan (botulisme) yang bisa menyerang sistem syaraf di otak dan tulang belakang (kelumpuhan).
5. Jamur

Aneka kuliner jamur menjadi salah satu makanan lezat yang banyak digemari. Jamur kaya akan kandungan mineral, vitamin, asam amino dan antioksidan. Akan tetapi, memanaskan jamur berulang kali juga tidak baik karena memngakibatkan kandungan protein akan berubah komposisi dan menyebabkan masalah pencernaan (diare, kembung, dls). Parahnya, hal tersebut juga bisa mempengaruhi kerja jantung. Jika memang terpaksa harus dipanaskan, pastikan jamur disimpan tidak lebih dari 24 jam di kulkas dan panaskan kembali dengan suhu 70 derajat celcius.

(Sumber: Beautynesia)