Tips Buat Wajah Bebas Dari Lemak!

MANAberita.com — KULIT wajah yang cantik, sehat serta kencang bebas lemak adalah salah satu hal yang didambakan wanita. Wajah kencang artinya bebas dari lemak tertimbun yang salah satunya menyebabkan pipi tembam. Kondisi ini sering kali membuat seseorang merasa tak percaya diri karena adanya efek gemuk. Tak heran, banyak orang yang melakukan berbagai cara untuk mengecilkan pipi tembam.

Lantas, bagaimana cara mengurangi lemak yang menumpuk di wajah? Dilansir dari laman Healthline, inilah tips untuk mendapatkan wajah kencang bebas lemak.

1. Senam wajah

Senam wajah dapat digunakan untuk memperbaiki penampilan wajah, memerangi penuaan dini, dan meningkatkan kekuatan otot. Melakukan senam wajah secara rutin juga dapat membantu mengecilkan pipi tembam dan mengencangkan otot wajah.

Cara melakukannya sangat mudah. Tempelkan jari-jari tangan ke kedua pipi, lalu pijat dengan gerakan memutar berlawanan arah. Senam wajah ini dapat Anda lakukan secara rutin setiap hari.

2. Olahraga

Sering kali, lemak berlebih di wajah Anda adalah dampak dari kenaikan berat badan. Menurunkan berat badan dapat membantu menghilangkan lemak dan membantu melangsingkan tubuh, sekaligus wajah.

Olahraga cardio atau latihan aerobik adalah semua jenis aktivitas fisik yang dapat meningkatkan detak jantung Anda. Latihan fisik ini secara luas dianggap sebagai salah satu metode yang paling efektif untuk menurunkan berat badan. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa latihan cardio dapat membantu meningkatkan pembakaran lemak.

Cobalah berolahraga selama 150–300 menit setiap minggu, yang berarti sekitar 20–40 menit setiap hari. Beberapa contoh umum latihan kardio termasuk berlari, berjalan, bersepeda, dan berenang.

3. Rajin minum air putih

Minum air putih sangat penting untuk kesehatan secara keseluruhan dan perannya cukup krusial jika ingin menghilangkan lemak di wajah. Studi juga menunjukkan bahwa minum air dalam jumlah cukup dapat membuat Anda merasa kenyang dan mengontrol berat badan.

Bahkan, ada satu studi kecil pada orang dewasa yang lebih tua, yang menemukan bahwa minum air putih saat sarapan mengurangi asupan kalori hingga sekitar 13 persen. Sementara itu, studi lainnya menunjukkan bahwa minum air dapat meningkatkan metabolisme hingga 24 persen. Jagalah tubuh Anda tetap terhidrasi dengan baik.

4. Membatasi asupan minuman beralkohol

Tak hanya tinggi kalori, minuman beralkohol diketahui rendah nutrisi dan ada kemungkinan berhubungan dengan peningkatan risiko penambahan berat badan. Minuman beralkohol bersifat diuretik, sehingga dapat menyebabkan retensi cairan (penahanan terus-menerus cairan dalam tubuh yang secara normal seharusnya dikeluarkan) yang mengarah ke risiko tinggi wajah kembung dan bengkak.

Menjaga konsumsi alkohol adalah salah satu cara untuk mengendalikan kembung dan kenaikan berat badan. Menurut US Dietary Guidelines, batas takaran normal mengonsumsi minuman beralkohol adalah maksimal dua gelas untuk laki-laki dan satu gelas untuk wanita.

5. Mengurangi asupan sodium

Salah satu ciri dari kelebihan sodium yang tampak adalah kembung, dan ini pun dapat berkontribusi terhadap pembengkakan wajah. Hal ini terjadi karena sodium mengikat air dalam tubuh.

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa asupan sodium yang terlalu tinggi dapat meningkatkan retensi cairan, terutama pada mereka yang lebih sensitif terhadap efek garam. Sodium biasa ditemukan dalam camilan gurih, daging olahan, dan segala jenis makanan yang terlalu banyak garam. Kurangilah asupan sodium agar air dalam tubuh dapat keluar.

Tak hanya menerapkan lima tips yang disebutkan di atas, jagalah pola tidur secara cukup dan teratur. Ini penting karena jika Anda kurang tidur, Anda akan rentan mengalami stres dan pada akhirnya bisa berdampak pada naiknya berat badan.

Baca Juga
5 Cara Alami Hilangkan Bekas Luka yang Membandel
Daftar Buah Penambah Kesuburan, Wajib Dicoba Jika Sedang Promil!
Kesalahan Memakai Pembalut yang Pasti Sering Kamu Lakukan!

“Kebiasaan tidur larut malam alias begadang dapat mengganggu fungsi organ cerna dalam menyerap dan memanfaatkan nutrisi makanan serta mengganggu produksi hormon peremajaan sel pada manusia,” kata dr. Kartika Mayasari dari KlikDokter menegaskan pentingnya istirahat berkualitas.

Untuk mendapatkan wajah kencang bebas lemak, jangan lupa juga lindungi kulit wajah dari paparan sinar matahari. Selain itu jaga kebersihan wajah, serta mengonsumsi makanan yang tinggi antioksidan dan antiinflamasi seperti sayur dan buah yang berwarna-warni. Konsumsi juga protein yang cukup, serta asam lemak omega-3. Hindari juga kebiasaan yang diketahui buruk untuk kulit seperti merokok. Selain itu, batasilah konsumsi kafein. (Dil)

(Sumber: Klikdokter)