Waspada! Inilah Gejala Liver Anda Telah Penuh Dengan Racun!

MANAberita.com — ORGAN tubuh bernama liver memang memiliki fungsi yang sangat penting. Antara lain adalah untuk menetralisir racun dalam tubuh, mengatur komposisi darah dan juga menyimpan cadangan energi. Namun sayangnya, walaupun liver sangat penting, banyak orang yang tidak peduli akan kesehatan dari organ tubuh satu ini.

Hal ini disebabkan lantaran liver tidak menunjukkan gejala jika masih belum parah. Akan tetapi, sebenarnya ada lho ciri-ciri yang muncul pada tubuh ketika liver sedang bermasalah. Oleh karena itu, kali ini kami akan membahas gejala apa saja yang menunjukkan liver bermasalah atau sedang dipenuhi racun. Jadi, simak terus ulasan berikut ini.

Merasakan nyeri di area liver

Ciri pertama yang bisa dirasakan secara langsung adalah nyeri pada bagian kanan atas perut. Memang nyeri tersebut tidak berlangsung lama, namun rasa tersebut akan kembali dalam waktu yang tidak bisa ditentukan.

Kemudian, jika hal tersebut tidak segera diperiksakan ke dokter, rasa nyeri itu akan semakin parah. Sehingga bisa menimbulkan sakit yang tidak dapat ditahan oleh penderitanya. Jadi, jika kalian mengalami nyeri di bagian kanan atas perut, jangan pernah untuk disepelekan. Segera periksakan ke dokter supaya mendapatkan penanganan lebih lanjut.

Kaki bengkak dan terasa kenyal

Selanjutnya, gejala yang ditimbulkan ketika liver sedang bermasalah yaitu kaki bengkak. Akan tetapi, bengkak tersebut berbeda dengan benjolan pada umumnya. Jika bengkak biasa, maka akan terasa keras ketika dipegang. Sedangkan bengkak akibat liver bermasalah, lebih terasa kenyal ketika disentuh.

Ini disebabkan albumin yang diproduksi oleh liver tidak bisa mengontrol cairan secara normal. Oleh karena itu, albumin akan menghasilkan cairan yang berlebih dan mengakibatkan bengkak pada kaki. Meskipun pembengkakan kaki tidak terasa sakit, namun hal ini tetap saja berbahaya.
Berat badan meningkat drastis

Kalau berat badan kalian naik secara drastis, harus segera diwaspadai. Alasannya karena itu bisa jadi tanda-tanda jika liver kalian dalam keadaan tidak baik. Berat badan meningkat dalam waktu singkat dapat terjadi lantaran liver membiarkan makanan yang masuk ke dalam tubuh menjadi lemak.

Maka dari itu, ketika kalian sudah menjaga makan namun berat badan terus saja naik, wajib konsultasikan ke dokter. Hal ini bisa berbahaya jika dibiarkan terlalu lama, karena tidak semua lemak baik untuk tubuh Sahabat Boombastis.

Sering alergi terhadap sesuatu

Gejala lain yang bisa jadi akibat dari liver dipenuhi racun adalah sering alergi terhadap sesuatu. Mungkin kita menganggapnya kalau itu hanyalah imun yang sedang lemah saja. Namun ternyata ada beberapa penelitian yang mengungkapkan jika ini pengaruh dari kesehatan liver.

Dilansir dari grid.id, alergi dapat terjadi karena liver sudah tidak dapat menyaring racun yang masuk ke dalam tubuh. Akibatnya, otak mengenali zat yang masuk dalam tubuh sebagai alergen atau bibit alergi dan menyebabkan munculnya ruam-ruam gatal pada kulit.

Merasa lelah ketika tidak melakukan apapun

Rasa lelah memang kerap kita rasakan setelah melakukan aktivitas yang keras atau tidak ada hentinya. Akan tetapi, jika kalian merasa lelah tapi tidak sedang melakukan apapun, harap berhati-hati.

Ini bisa diakibatkan dari liver yang tidak dapat menyaring racun sehingga zat berbahaya tersebut menumpuk dalam tubuh. Sehingga liver akan mengeluarkan pasokan tenaga secara berlebihan untuk melawan racun-racun tersebut.

Baca Juga
5 Ciri-Ciri Anak yang Memiliki IQ Tinggi
Terlalu Sering Chat Dengan Pacar Rupanya Tidak Baik! Ini Penjelasan Ilmiahnya
Jangan Mau Dinikahi Jika Pasangan Anda Sering Melakukan 5 Hal ini

Alhasil, kalian akan cepat lelah walaupun tidak melakukan aktivitas.
Itu tadi adalah ciri ketika liver sedang bermasalah. Akan tetapi, Sahabat Boombastis tak perlu khawatir.

Jika ini sudah dikenali sejak awal, kalian bisa mengatasinya dengan berbagai cara sederhana. Misalnya adalah banyak beristirahat dan mengubah gaya hidup menjadi lebih sehat. Kemudian kalian bisa mengonsumsi beberapa makanan dan minuman sehat seperti sayur-sayuran, teh hijau atau air kunyit. Dengan begitu, kinerja liver akan kembali normal seperti semula. (Dil)

(Sumber: Bombastis)