Dodi Reza Bahas Replanting Karet di Muba dengan Presiden Jokowi

MANAberita.com —  PRESIDEN RI Joko Widodo mengajak seluruh kepala daerah untuk pro aktif dan terlibat secara langsung dalam mendongkrak perekonomian di daerah masing-masing.

Kali ini, dalam kesempatan audiensi bersama Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia (APKASI), Presiden RI Joko Widodo mengundang langsung Bupati Musi Banyuasin (Muba) Dodi Reza Alex Noerdin ke Istana Kepresidenan Bogor , Selasa (31/7).

“Banyak hal tadi yang saya sampaikan dengan bapak Presiden. Termasuk usulan saya untuk melakukan replanting (peremajaan, baca) karet di Sumsel,” ujar Bupati Muba Dodi Reza Alex Noerdin.

Lanjut Ketua KADIN Sumsel ini, dirinya juga mengusulkan kepada Presiden untuk penggunaan aspal bercampur karet yang dinilai dapat mendongkrak harga karet dan menjadi bagian upaya untuk menstabilkan harga karet.

“Kalau ini berhasil diterapkan di seluruh Indonesia nantinya, otomatis harga karet bisa stabil dan petani karet bisa tertolong,” imbuhnya.

Sementara itu dalam pengantarnya, Presiden Joko Widodo mengatakan bahwa pertemuan tersebut diselenggarakan agar para bupati juga mengetahui masalah-masalah yang ada di negara ini, sehingga langkah-langkah yang dimulai dari kabupaten, kemudian naik ke provinsi, kemudian naik ke pusat betul-betul bisa diselesaikan bersama-sama.

Dodi Reza dan Jokowi

“Karena ekonomi di kabupaten kalau sudah terkumpul semuanya dengan kabupaten dan kota, ke provinsi kemudian naik ke nasional itu akan menjadi pertumbuhan ekonomi nasional kita yang alhamdulillah walaupun masih ada tekanan-tekanan yang sangat berat dari ekonomi global, masih bisa tumbuh di atas 5 lebih sedikit,” kata Presiden Jokowi.

Menurut Presiden, tekanan dari adanya kenaikan suku bunga di Amerika itu juga terus menekan rupiah, kemudian perang dagang antara China dan Amerika. Semuanya juga harus tahu, menurut Presiden, karena ini juga menekan ekspor, juga menekan neraca perdagangan Indonesia.

Baca Juga
Serem, Detik-Detik Wanita yang Diduga Diperkosa Jin, Endingnya Bikin Bulu Kuduk Berdiri
Tak Banyak yang Tahu, Buah ini Ternyata Mampu Hilangkan Noda Hitam di Kulit
Antarkan Dispenser dan Cuma Dibayar Seharga 12.800 Rupiah, Driver ini Justri Dimaki Customer, Curhatannya Bikin Ngelus Dada

“Sehingga ini memerlukan kerja keras kita bersama agar pertumbuhan ekonomi di daerah juga tidak terganggu, dan dalam lingkup negara pertumbuhan ekonomi nasional kita juga tidak terganggu,” tutur Presiden.

Untuk itu, Presiden menekankan pentingnya mengendalikan inflasi, karena pertumbuhan ekonomi tanpa dibarengi dengan inflasi yang rendah, yang baik juga akan percuma.

“Saya mengucapkan terima kasih bahwa seluruh kepala daerah, utamanya Bupati sudah tahu betapa pentingnya yang namanya menekan inflasi, mengendalikan inflasi, pasokan distribusi barang yang terutama untuk hal-hal yang berkaitan dengan sembako itu betul-betul bisa kita perhatikan,” ucap Presiden.(ril)